Kayu merupakan material yang kini menjadi favorit. Dengan daya pikatnya yang kuat, kayu juga cocok diaplikasi untuk mempercantikan desain interior, bahkan bisa juga sebagai mempertegas konsep rumah dari sisi eksterior. Namun memang, ketika memilih menggunakan kayu, Anda harus siap-siap dalam memberikan perawatan ekstra karena material ini mudah diserang rayap atau adanya pergantian musim baik panas atau hujan.

Setiap jenis kayu memiliki standar hitung dalam menentukan kualitas dan kekuatannya. Satuan yang digunakan adalah Janka dan dengan ini setiap orang akan bisa mengetahui kekuatan jenis kayu secara akurat, sehingga dapat menyimpulkan bahwa kayu tersebut kuat atau tidak. Kekuatan dari setiap jenis kayu ditandai dengan skala pounds-force (lb) atau newtons (N).



Dikutip dari halaman wood-database.com, berikut ini daftar kayu terkuat di dunia! Salah satunya ternyata bisa merusak kapak. Mari sama-sama kita cari tahu informasinya di sini!


1. Quebracho (Schinopsis spp.)


Kayu Quebracho

Kayu Quebracho / Wikiwand


Jenis kayu ini merupakan jenis kayu terkuat di dunia. Nama kayu ini berasal dari Bahasa Spanyol "qubrar hacha" yang diartikan penghancur kapak. Reputasi kayu ini tergolong sangat baik dalam daya tahan yang lama, serangan cuaca ekstrem, dan yang paling penting kayu ini tahan serangan serangga dan rayap kayu.

Meskipun menjadi kayu paling kuat di dunia, stok kayu ini sudah tidak tersedia khususnya di Amerika Serikat karena tingkat eksploitasinya yang tinggi.

Kekuatan kayu: 4.570 LBf atau 20.340 N.


Baca Juga : Kisi-Kisi Kayu dan Fungsinya untuk Mempercantik Rumah


2. Lignum Vitae (Guaiacum officinale)


Kayu Lignum Vitae

Kayu Lignum Vitae / Treasure Beach


Reputasi sebagai kayu terkuat ini sudah terkenal di hampir seluruh dunia. Kayu ini banyak digunakan untuk pembauatan kapal. Selain itu ketahanan kayu ini terhadap serangan dan pergantian cuaca ekstrem. Sayangnya, penjualan kayu ini sudah dilarang karena kayu ini masuk dalam kategori kayu yang dilindungi pada apendiks II CITES.

Kekuatan kayu: 4.390 LBf atau 19.510 N.


3. Gidgee (Acacia cambagei)


Kayu Gidgee

Kayu Gidgee (Acacia cambagei) / www.ttit.id.au


Kayu endemik yang berasal dari Australia ini tampilannya tidak hanya kuat dan besar, namun kayu ini tegolong kayu yang sangat berat. Kayu ini juga memiliki nama lain yaitu stinking wattle dan purple gidgee. Ternyata kayu ini memiliki beberapa dengan warna yang cukup gelap. Cocok untuk pengganti kayu ebony namun dengan dari segi dan tingkat kekuatan yang lebih baik.

Kekuatan kayu: 4.270 LBf atau 18.990 N.


Baca Juga: Bangunan Atap Kayu Terbesar Di Dunia Kini Ada Di Jepang


4. Snakewood (Brosimum guianensis)




Kayu Snakewood

Kayu Snakewood / Pilbara News


Pernah melihat kayu yang tampilannya mirip dengan sisik ular? Inilah dia alasan kenapa kayu ini sangat unik dan berbeda dengan jenis kayu-kayu lainnya. Kayu ini tergolong kayu eksotik yang harganya sangat mahal dibandingkan dari kayu sejenisnya. Selain jadi kayu paling kuat, kayu ini juga dikategorikan kayu terberat di dunia.

Kekuatan kayu: 3.800 LBf atau 16.900 N.


5. Verawood (Bulnesia arborea)


Kayu Verawood

Kayu Verawood (Bulnesia arborea) / Treeworld Whosale


Sebutan lain untuk kayu ini adalah Argentine Lignum Vitae dengan makna mutiara, murah, berwarna cerah dengan motif yang indah. Namun kayu ini tidak akan Anda temui di pasaran, karena ini sudah terdaftar sebagai tanaman langka yang hampir punah dan masih dalam apendiks II CITES serta Daftar Merah IUCN. Aplikasi penggunaan untuk kayu ini digunakan untuk pembuatan perahu, roda kayu, dan konstruksi bangunan berat.

Kekuatan kayu: 3.710 LBf atau 16.520 N.


Baca Juga: 5 Tips untuk Merawat Furnitur Kayu di Musim Hujan


6. Camel Thorn (Vachellia erioloba)


Kayu Camel Thorn

Kayu Camel Thorn (Vachellia erioloba) / Wikipedia


Kayu yang berasal dari Afrika Selatan dan tergolong sebagai kayu yang dilindungi. Nama kayu ini diambil biji dan kelopak pohon yang sering menjadi pakan unta dan jerapah. Penggunaan kayu ini diaplikasi untuk pembuatan tiang gerbang, kayu bakar, seni ukir kayu, dan kerajinan berbahan kayu lainnya.


Kekuatan kayu: 3.680 LBf atau 16.370 N.


7. African Blackwood (Dalbergia melanoxylon)


Kayu African Blackwood

Kayu African Blackwood / amazon


Kayu ini banyak disebut sebagai kayu legendaris yang merupakan asal mula kayu ebony. Meskipun demikian, harga kayu ini terbilang sangat mahal dan jauh lebih mahal dari kayu ebony karena ketersediaan kayu ini di alam sangat terbatas akibat lambatnya proses pertumbuhan.

Kekuatan kayu: 3.670 LBf atau 16.320 N.


Foto teaser: www.worldwildlife.org