Rayap merupakan salah satu masalah yang banyak dijumpai pada rumah dan furniture kayu. Tentu masalah ini sangat mengjengkelkan, karena ini akan membuat perabot rumah tangga kayu tidak tahan lama. Pada akhirnya harus mengeluarkan uang untuk membeli peralatan rumah tangga yang baru.

Hama yang satu ini kehadirannya memang sangat menyebalkan. Pasalnya, mereka hadir dalam satu koloni lengkap yang bersarang di dalam bagian rumah atau futnitur kayu. Sebelum hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda harus memahami cara membasmi rayap yang ampuh dan efektif. Memang untuk membasmi rayap, penggunaan obat-obatan kimia jadi alternatif. Namun ada efek samping dan risiko kesehatan yang akan ditimbulkan nanti.



Selain penggunaan obat kimia, ada cara membasmi rayap secara alami yang lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping kesehatan. Untuk Anda yang memiliki masalah serupa, berikut ini CASA Indonesia berikan cara membasmi rayap secara alami hingga tuntas dan juga efektif.


1. Perbanyak ventilasi di rumah


Perbanyak ventilasi di rumah

Perbanyak ventilasi di rumah / One Kindesign


Rayap lebih menyukai tempat yang lembab dan minim terkena sinar matahari. Untuk Anda yang memiliki rumah dengan peralatan yang menggunakan bahan kayu, maka membangun dan memperbanyak ventilasi di dalam rumah. Ini dilakukan agar sinar matahri dapat masuk ke setiap sudut rumah. Jika sudah terlanjur terkena rayap, maka jemur di area terbuka sehingga langsung terkena sinar matahari.


2. Bersihkan halaman dari genangan air


Bersihkan halaman dari genangan air

Bersihkan halaman dari genangan air / Hometalk


Di mana area di luar rumah yang tergenang air, di situlah rayap akan datang dan berkembang biak. Cara paling efektif untuk dilakukan mencegah adanya genangan air baik di halaman ataupun selokan di sekitarnya. Apalagi ketika musim penghujan datang, tentu area halaman rumah dan selokan akan mudah tergenang air hujan. Untuk menghindarinya, akan lebih baik menyediakan tempat penampungan air hujan sehingga bisa langsung dibuang dan dibersihkan. Selain membasmi rayap, langkah ini bisa juga untuk mencegah nyamuk berkembang biak yang dapat menyebabkan demam berdarah.


Baca Juga: Manfaat Taman Indoor: Sudut Hijau di Dalam Rumah


3. Segera perbaiki keramik atau pipa yang rusak


Perbaiki lantai keramik yang rusak

Perbaiki lantai keramik yang rusak / Xtreme Cleaning


Memang cara ini terlihat sepele, namun adanya keramik yang rusak ini akan menyebabkan rongga dan ini bisa membuat air lebih mudah masuk ke dalam rumah. Jika demikian, ini akan memakibatkan kondisi rumah menjadi lembab. Di tambah jika ada pipa yang bocor, maka tingkat kelembapan di dalam rumah akan meningkat. Dua kondisi ini akan memancing rayap untuk datang dan berkembang biak.


Perbaiki pipa air yang bocor

Perbaiki pipa air yang bocor / One Hour Rooter


Segera perbaiki setiap keramik yang rusak dengan menambal dengan semen putih sehingga bisa rapat kembali dan tidak ada celah untuk rayap bisa masuk. Selain itu periksa pipa saluran air, jika ada yang bocor segera tambal menggunakan lem pipa agar tidak merembes ke mana-mana.


Baca Juga: Inspirasi Desain Lantai Bagi Pecinta Marmer


4. Menutup retakan di setiap sisi rumah


Menutup retakan

Menutup retakan di dinding disetiap sudut rumah / Winters Property Management


Yang harus diperhatikan dalam mencegah rayap masuk ke dalam rumah, adalah memeriksa kondisi rumah secara berkala. Ini untuk menyisir adanya retakan yang ada di dinding, lantai dan furniture-furniture kayu. Adanya retakan ini akan menjadi jalan bagi rayap, dan ini akan menjadi kewalahan untuk mencari cara membasminya ketika koloni sudah terbentuk.

Jika memang ditemukan adanya celah atau retakan, segera tutup. Gunakan semen putih atau campuran semen dengan air. Jika tidak bisa, mintalah bantuan tukang bangunan untuk menutupnya sehingga rumah menjadi aman dari serangan rayap.


5. Berikan jarak antara furnitur dengan dinding dan lantai


Berikan jarak antara furnitur dengan dinding dan lantai

Berikan jarak antara furnitur dengan dinding dan lantai / West Elm


Jika bangunan rumah didominasi dan furnitur berbahan kayu, berikan jarak antara furnitur tersebut dengan dinding dan juga berikan bantalan sehingga ada jarak dengan tanah. Cara ini sangat efektif dan berguna untuk membantu membasmi rayap tanah yang masuk ke dalam bangunan dengan memanfaatkan media kayu.

Apalagi jika kayu yang digunakan bukan jenis kayu solid dan diolah dengan baik. Ini akan mudah mengumpulkan uap air dan kondisi ini sangat disukai oleh rayap. Ditambah rayap, memiliki cukup bahan makanan dan suhu udara yang mendukung.


Baca Juga: 10 Inspirasi Ruang Tamu Kecil Terlihat Luas + Tips!


6. Menjemur furnitur kayu untuk basmi rayap


Menjemur furnitur kayu

Menjemur furnitur kayu / Snapguide


Cara basmi rayap adalah menjaga agar material kayu tersebut tidak lembab. Oleh karena itu, futnitur rumah yang Anda miliki wajib dijemur secara rutin di bawah sinar matahari. Jemur, dalam waktu yang lama, sehingga furtinur tersebut tidak lembab. Sebagai tambahan, gunakan juga pernis kayu untuk furnitur. Lakukan ini secara berkala untuk mencegah furnitur mudah mengeluarkan uap air.


7. Menurunkan suhu ruangan


Menurunkan suhu ruangan

Menurunkan suhu ruangan / Vestellite


Dalam membasmi rayap, Anda bisa mengatur ulang suhu ruangan. Meskipun rayap suka akan suhu dan udara yang lembab, perubahan suhu menjadi esktrim dan secara mendadak akan membuat rayap mati tiba-tiba. Oleh karena itu, atur AC ruangan yang ada furnitur kayu di dalamnya dengan suhu paling rendah. Cara yang cukup mudah dilakukan tanpa harus mengeluarkan effort. Dengan begitu, rayap kayu atau rayap tembok pasti langsung sirna. Sangat praktis, bukan?


Baca Juga: Segar! Rumah ini Jarang Pakai AC & Terasa Sangat Sejuk


8. Menggunakan air cucian beras


Menggunakan air cucian beras

Menggunakan air cucian beras / Christopher Teh Boon Sung




Ternyata air bekas cucian berar bisa dimanfatkan untuk membasmi rayap di rumah Anda. Selain aman, cara ini tidak akan menimbulkan efek samping pada kesehatan penghuni rumah nantinya. Cukup kumpulkan air bekas cucian beras dalam wadah semprotan air, dan kemudian semprotkan pada tempat yang banyak koloni rayap. Lakukan cara ini dengan rutin, sehingga rayap akan berkurang secara perlahan.


9. Basmi rayap dengan kapur barus


Basmi rayap dengan kapur barus

Basmi rayap dengan kapur barus / NatureLoc


Kapur barus memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat digunakan untuk membasmi rayap. Kandungan naftalena ini cukup efektif dalam membasmi rayap. Bau yang dikeluarkan kapur barus ini selain bisa membuat pakaian di dalam lemari menjadi wangi, ternyata tidak disukai oleh rayap. Segera letakkan kapur barus di sudut-sudut rumah dan furnitur kayu yang rentan kena serangan rayap. Dengan demikian, rayap akan berhindari lokasi tersebut.


Baca Juga: 5 Tips untuk Merawat Furnitur Kayu di Musim Hujan


10. Menggunakan daun kemangi untuk membasmi rayap


daun kemangi untuk membasmi rayap

Daun kemangi untuk membasmi rayap / Healthline


Bumbu dapur yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, penggunaan untuk membangkitkan selera makan, dan ternyata bau dan aroma yang kuat dari kemangi akan sangat efektif untuk membasmi rayap. Cukup letakkan daun kemangi di furnitur kayu atau pada area yang diserang rayap.


11. Siram menggunakan air sabun


Air Sabun

Siram menggunakan air sabun / Renonation


Air sabun ini memliki kemampuan untuk mengganggu sistem pernafasan rayap. Dengan demikian, rayap akan lebih mudah mati karena tidak ada pasokan oksigen ke dalam tubuh. Caranya, larutkan terlebih dulu sabun cair menjadi lebih encer. Kamudian tamping dalam wadah spary dan semprotkan furnitur yang diserang rayap. Lakukan ini secara rutin jika rayap masih hidup.


Baca Juga: 7 Fakta dan Keuntungan Memakai Lantai Keramik Granit


12. Semprotkan Cairan dari Garam Dapur


Semprotkan cairan dari garam dapur

Semprotkan cairan dari garam dapur / The Irish Time


Bahan ini sangat murah dan mudah didapatkan, bahkan tidak perlu beli karena bahan ini pasti ada di dapur Anda. Menggunakan air garam akan membuat rayap lemas dan mati secara perlahan. Intinya hanya larutkan garam dengan air, dan kemudian semprotkan ke area yang menjadi sarangnya rayap.


13. Membersihkan dan buang kayu kering


Membersihkan dan buang kayu kering

Membersihkan dan buang kayu kering yang ada di halaman rumah / Dallas Morning News


Menjaga kebersihan rumah, Anda tidak hanya memperhatikan kebersihan rumah di bagian dalam dan juga luar, khususnya yang memiliki pekarangan atau halaman. Ini dilakukan karena area ini sangat rawan dan mudah ditemukan rayap tanah. Cara mudah untuk bisa menghilangkan rayap tanah, adalah selalu bersihkan dan buang ranting kayu kering yang menumpuk di sekitar rumah. Jika memungkinkan bakar kayu kering tersebut hingga menjadi abu agar tidak ada lagi rayap yang menjadikan kayu kering sebagai rumah koloni mereka.


Baca Juga: 6 Tips Bersih-Bersih Rumah + Dekor Menjelang Lebaran


14. Gunakan minyak jeruk


minyak jeruk

Gunakan minyak jeruk untuk basmi rayap / Smart Sexy Paleo


Menurut studi dan percobaan, bahwa minyak jeruk bisa bantu untuk membasmi rayap. Kandungan d-limonede yang ada, ini merupakan zat racun mematikan bagi serangga khususnya rayap. Mulai sekarang Anda bisa menyimpan minyak jeruk sebagai bahan persediaan untuk mematikan rayap.


15. Pakai oli atau solar


Pakai oli atau solar

Pakai oli atau solar / AllData


Anda bisa juga menggunakan oli, solar atau bahan bakar lainnya untuk membasmi rayap di rumah. Rasa panas yang dihasilkan akan bisa mengusir bahkan juga menghilangkannya.


16. Asam Borat


Asam Borat

Asam Borat / Fumida


Langkah terakhir dan mau tidak mau, Anda harus menggunakan bahan kimia yaitu asam borat. Bahan kimia ini cukup efektif untuk bisa membunuh rayap. Cara penggunaan gunakan kuas atau bisa dengan menyemprotkan furnitur dengan asam borat. Lakukan penyemprotan ini secara berkali untuk memastikan rayap tidak akan kembali lagi dan rumah Anda bebas dari serangan rayap. Tapi ingat efek sampingnya! 


Baca Juga: Ini Dia! 5 Jasa Pembersih Kasur dan Sofa


17. Gunakan jasa pembasmi rayap professional

Gunakan jasa pembasmi rayap professional

Gunakan jasa pembasmi rayap professional / Milberger Pest Control


Jika dirasa masih tidak bisa, Anda bisa memangil jasa pembasmi rayap professional untuk membasi rayap. Mungkin memanggil jasa ini, Anda akan membutuhkan dana yang lebih dari seluruh cara membasmi rayap di atas.


Itulah 17 cara membasmi rayap yang bisa Anda lakukan untuk membebaskan rumah Anda dari serangan rayap. Selamat mencoba!


Foto teaser: Cleanipedia