Lahan terbatas kenyataannya tidak akan membatasi imajinasi arsitek dalam menciptakan hunian yang nyaman namun tetap inovatif.


Di Quito, Ekuador, arsitek lokal Aquiles Jarrin menyulap apartemen di dalam bangunan historis berusia 50 tahun, untuk tiga orang anggota keluarga dan anjing peliharaan mereka.







Mengikuti permintaan klien yang ingin "merasakan sisi-sisi rumah sepanjang waktu", Jarrin lalu memutuskan untuk menghilangkan semua partisi di dalam apartemen.


Baca juga: Desain Ruang Maksimal Untuk Hunian 48 Meter Persegi


Tidak hanya itu, ia juga menghilangkan semua finishing seperti plaster dan cat hingga tampilan ekspos dari ceiling, dinding, dan kolom beton terlihat.




Setelah suasana apa adanya dari apartemen terlihat, Jarrin menambahkan instalasi struktur besi berwarna hitam pada lantai untuk memberikan variasi level. Struktur besi tersebut juga dapat diaplikasikan sebagai rak buku, tempat tanaman, dan kabinet.




Susunan besi hitam itu lalu dipadupadankan dengan flooring kayu dark chonta berwarna senada dari Amerika Selatan. Di tengahnya, Jarrin mengaplikasikan besi tersebut sebagai rangka untuk kolam renang berkapasitas dua orang.


Baca juga: 16 Inspirasi Desain Apartemen Studio untuk Tipe 21


Lounge yang dapat berfungsi sebagai ruang keluarga ini ini juga dilengkapi dengan patio yang diisi tanaman dan jendela lebar yang langsung menghadap kota.




Sesuai dengan permintaan klien, Jarrin sengaja tidak menggunakan pintu untuk kamar tidur. Sebaliknya ia menggunakan kabinet sebagai divider yang memisahkan dua kamar tidur dan dua kamar mandi.




"Tidak ada pintu, tetapi (tersedia) tirai dengan magnet untuk menutup ruang, menciptakan bentuk baru dari keintiman bagi penghuni (apartemen)," tutup Jarrin.


Sumber: Dezeen
Teaser: Jag Studio