Taman menjadi salah satu elemen penting yang dapat meningkatkan kenyaman juga kesehatan penghuni di dalam hunian mereka.


Namun karena taman identik dengan elemen outdoor, timbul sekat antara ruang hidup di dalam rumah dengan taman di luar rumah sehingga penghuni tidak dapat mengakses taman secara bebas.







Maka muncullah konsep courtyard. Courtyard biasa digunakan untuk menyebut area hijau yang dikelilingi oleh bangunan, atau lebih singkatnya, taman dalam rumah.


Baca juga: Desain Rumah Tropis Modern Yang Hangat Untuk Keluarga


Kali ini CASA Indonesia bertemu dengan biro arsitek yang berbasis di India, Neogenesis+Studi0621 untuk membahas bagaimana mendesain taman dalam rumah yang indah dan secara fungsional juga baik pada proyek terbaru mereka, Sarpanch House. Mari disimak.


1. Menjaga Privasi




Sarpanch dalam bahasa India merujuk kepada pemimpin desa di dalam struktur pemerintahan daerah. Sesuai namanya, proyek ini memang dibuat untuk pemimpin desa di Talangpore, India.


Proyek yang terletak di antara peternakan sapi dan perumahan tradisional ini terlihat menonjol berkat struktur solid yang memberikan privasi.




Kehadiran taman dalam rumah pada proyek ini juga diaplikasikan untuk menjaga privasi agar penghuni dapat menikmati taman, tanpa harus keluar rumah.




2. Ciptakan Void




Taman dalam rumah juga membutuhkan pencahayaan agar tanaman di dalamnya dapat tumbuh secara sempurna. Berikan void di tengah massa bangunan menggunakan ceiling kaca agar sinar matahari dapat masuk.


Baca juga: Tak Hanya Manusia, Rumah di Thailand ini Bisa Bernapas!


Untuk memaksimalkan paparan sinar matahari, Neogenesis+Studi0621 menggunakan tangga kantilever menuju lantai dua yang tidak menghalangi masuknya sinar matahari.


3. Gunakan Batu Taman




Untuk membuat taman dalam rumah tidak terkesan kotor, Neogenesis+Studi0621 menggunakan lantai sebagai frame taman agar terlihat rapi. Di sekitar tanaman juga diaplikasikan batu taman putih agar tanah tidak terlihat.


4. Sandingkan Taman dengan Ruang Keluarga




Kelebihan utama courtyard atau taman dalam rumah adalah dia bisa diakses kapan saja. Untuk memaksimalkan kelebihan tersebut, sandingkan taman dengan ruang keluarga untuk mendapatkan pemandangan langsung taman ketika bersantai.


Tidak lupa juga aplikasikan pintu bifold kaca agar kesan ruang keluarga yang luas dapat tercipta, namun batas antar ruang tetap terlihat.


Sumber: Neogenesis+Studi0261
Foto & Teaser: The Fishy Project