Bulan Ramadan menjadi bulan penting yang dirayakan oleh umat islam di seluruh dunia. Di bulan tersebut, umat islam menjalankan puasa yakni menahan hawa nafsu, tidak hanya makan dan minum dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.


Durasi terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari tentu bervariasi di tiap negara. Di Indonesia sendiri, waktu berpuasa ada di rentang 13 jam, waktu yang sebenarnya cukup singkat jika dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia.





Lalu bagaimana dengan negara-negara lain? CASA Indonesia merangkum 5 negara dengan jam puasa terpanjang, lebih panjang dibandingkan Indonesia.


1. Maroko



Hand Luggage Only


Maroko merupakan negara yang terletak di Afrika Utara. Islam merupakan agama resmi dan dianut secara mayoritas di Maroko. Biasanya, umat Islam di Maroko menjalani puasa dari jam 3 pagi hingga 8 malam, atau sekitar 16 jam.


Baca juga: 5 Menu Buka Puasa Yang Wajib Ada Di Atas Meja


Hal tersebut membuat Maroko memiliki budaya berpuasa yang unik. Penduduk Maroko akan menggunakan letusan meriam untuk membangunkan penduduk lain ketika sahur.


Meriam juga dibunyikan ketika matahari terbenam untuk memberitahukan jika waktu berbuka puasa telah tiba.


2. Italia



Travel Daily


Benua Eropa merupakan daratan yang memiliki rata-rata jam berpuasa yang cukup panjang. Di Italia, umat Islam biasa menjalankan puasa hingga 17 jam.


Masuk bulan Ramadan, umat Islam di Italia biasa memenuhi restoran-restoran bernuansa Timur Tengah untuk merasakan sajian tradisional mereka.

 

3. Rusia






Negara di Eropa yang memiliki jam puasa terpanjang lainnya adalah Rusia. Rata-rata umat Islam di Rusia menjalani puasa dalam rentang waktu sekitar 19 jam. Namun di beberapa kesempatan, waktu berpuasa bisa mencapai 22 jam di mana waktu Isya dan Subuh hanya terpaut 3 jam saja.


Meski cukup berat, Rusia ternyata memiliki tradisi di bulan Ramadan yang cukup unik. Setiap bulannya mereka akan menggelar perayaan makanan tradisional di Chechnya dan menggelar bazar kebutuhan muslim. 


4. Islandia



KPMG International


Serupa seperti Rusia, Islandia, negara yang terletak di sebelah utara Samudra Atlantik ini juga memiliki jam berpuasa yang cukup panjang dan bervariasi.


Baca juga: 5 Fakta Unik Masjid Istiqlal nan Bersejarah


Biasanya muslim di Islandia menjalankan puasa selama 18 jam. Namun ketika musim panas di mana matahari bersinar lebih lama, muslim Islandia bisa berpuasa selama 22 jam karena matahari baru terbenam pukul 23.00 dan terbit lagi pukul 04.00.


5. Finlandia



Wanderlust


Negara-negara Nordic yang masuk ke dalam Lingkar Arktik sering dijuluki sebagai "Land of the Midnight Sun".


Julukan itu dipakai lantaran negara-negara tersebut, termasuk Finlandia dapat disinari matahari dengan durasi yang cukup panjang, bahkan bisa mencapai 24 jam di musim panas.


Di utara Finlandia, matahari seringkali hanya terbenam selama 55 menit sebelum akhirnya terbit lagi. Muslim Finlandia biasa memulai puasa dari pukul 01:35 dan baru berbuka pada pukul 23:48.


Teaser: KPMG International