New York City (NYC) Subway merupakan moda transportasi utama yang paling diandalkan oleh warga New York. Hal tersebut membuat transportasi darat ini dikenal sebagai transportasi paling ramai ke-7 di seluruh dunia. Bahkan dalam masa pandemi Covid-19 ini, New York Subway masih sempat untuk beroperasi secara normal hingga pada 6 Mei yang lalu,


Setelah 115 tahun beroperasi selama 24 jam setiap harinya, New York City Subway harus memberhentikan layanannya selama 4 jam pada dini hari untuk dibersihkan secara menyeluruh menggunakan disinfektan. Jadwal tersebut diperlukan agar segara mampu mengurangi penyebaran virus di New York.




Ditutup Setelah 115 Tahun, Ini 5 Fakta Dari NYC Subway

dok. nytimes.com


New York dan layanan subway-nya ini memang tidak dapat dipisahkan sebagai bucket list para turis. Menjadi salah satu ikon, tentu banyak orang luar New York yang ingin merasakan mengitari kota tersebut menggunakan subway. Menambah informasi terkait moda transportasi utama New York, CASA Indonesia telah persiapkan lima fakta menarik untuk dinikmati.


1. New York Subway punya stasiun tertinggi di dunia


Ditutup Setelah 115 Tahun, Ini 5 Fakta Dari NYC Subway

dok. Adam E. Moreira


Dibangun dengan ketinggian 88 kaki atau 27 meter di atas permukaan laut, stasiun subway yang berada di Smith-Ninth Streets merupakan stasiun transportasi massal tertinggi di dunia. 


Baca juga: Percaya? Ada Tanaman Pembawa Rezeki Menurut Feng Shui


2. Kenaikan harga Pizza di New York mengikuti naiknya tarif subway


Ditutup Setelah 115 Tahun, Ini 5 Fakta Dari NYC Subway

dok. Tripsavvy


New York memiliki prinsip ekonomi yang cukup menarik. Prinsip tersebut berbicara mengenai adanya persamaan rata-rata dari harga tiket subway dan juga satu potong pizza di kota tersebut. Jika salah satu mengalami kenaikan, maka yang satunya pun akan mengikuti.




3. Dilarang menaikkan kaki ke atas kursi di dalam kereta


Ditutup Setelah 115 Tahun, Ini 5 Fakta Dari NYC Subway

dok. Newsweek.com


Mungkin bagi beberapa negara yang memiliki transportasi massal kereta, menaikkan kaki ke atas tempat duduk akan dianggap tidak sopan dan sanksi teguran merupakan ganjaran keras yang bisa diberikan. Tidak di New York, jika seseorang menaikkan kakinya ke atas kursi di dalam subway, hal tersebut merupakan aksi pelanggaran hukum dan polisi setempat akan menindak tegas.


Baca juga: Kayu Terkuat di Dunia. Ada yang Bisa Merusak Kapak!


4. 44 rangkaian kereta tua dibuang ke laut


Ditutup Setelah 115 Tahun, Ini 5 Fakta Dari NYC Subway

dok. CBS News


Pada tahun 2008, New York Subway menyumbangkan sebanyak 44 rangkaian kereta tua yang sudah tidak beroperasi lagi untuk ditenggelamkan ke laut. Kereta tersebut diharapkan menjadi karang buatan untuk semenanjung Maryland di Amerika Serikat.


5. Keterlambatan kereta merupakan alasan lumrah di New York


Ditutup Setelah 115 Tahun, Ini 5 Fakta Dari NYC Subway

dok. Craig Warga


Ketenaran New York Subway tidak serta merta membuat moda transportasi ini menjadi baik di kelasnya. Bahkan pada beberapa jalur ada rangkaian yang memiliki persentase keterlambatan tinggi. Oleh karena itu, terlambat bekerja karena permasalahan kereta merupakan alasan lumrah dan dimaklumi oleh warga New York. 


Foto teaser: dok. CBS News