Lebaran sudah dekat maka Hari Raya Idul Fitri sudah tidak jauh dari pandangan kita semua. Kehangatan dan kegembiraan sangat penting untuk hadir pada hari yang penuh berkah ini, terutama pada suasana rumah. Dengan menata rumah, Anda dapat memperoleh suasana hangat yang menjadi esensial dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri.





Ikea Indonesia

Bagi sebagian banyak dari kita kemungkinan akan jauh dari keluarga atau kerabat pada lebaran tahun ini, tetapi dapat berada dekat dengan orang-orang sekitar menjadi hal yang sangat berharga dalam masa sulit ini.


Living Halal

Tidak sulit untuk mewujudkan nuansa hangat pada hari lebaran walaupun merayakan hanya di rumah, simak cara sederhana menata rumah menyambut Hari Raya Idul Fitri bagi Anda yang lebaran di rumah saja. 


1. Area ruang keluarga yang nyaman


Bria Hammel Interiors

Sebelum menyantap hidangan yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya pada hari lebaran, ruang keluarga Anda sangat penting untuk dibenahi. Ruang keluarga Anda menjadi area yang esensial untuk dibuat senyaman mungkin. Singkirkan segala keberantakan dan barang-barang yang tidak seharusnya berada pada sofa.


Bria Hammel Interiors

Jika sofa, karpet dan area sekitarnya butuh dibersihkan ini waktu yang pas untuk memvakum atau menyapu ruang keluarga Anda agar jauh dari segala debu atau kotoran. 


Bria Hammel Interiors

2. Hadirkan nuansa Idul Fitri pada ruang



CASA Indonesia


Idul Fitri identik dengan warna kuning, hijau, dan biru. Memasukkan warna-warna ini pada ruang, salah satu atau lebih dapat memberikan suasana ruang yang berbeda dengan cepat. Tidak harus mengecat ulang dinding, cukup mengganti gorden, sarung bantal, atau menambah printilan lainnya yang memiliki corak warna tersebut agar ruang memiliki kesan tema Idul Fitri.


Kitty & B

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Table Setting untuk Lebaran


3. Ciptakan suasana kebersamaan dengan menata meja makan yang cantik




Dior Maison / CASA Indonesia


Table setting tidak hanya dapat menghadirkan nuansa idul fitri dari warna peralatan makannya, tetapi juga dapat memberikan pengalaman menyantap hidangan yang berbeda. Karena berada di rumah, menyantap hidangan lebaran tidak semestinya dihidangkan secara prasmanan seperti biasanya.



Casa de Perrin / CASA Indonesia


Menata meja Anda dengan segala hidangan diletakkan pada tengah meja, Anda dapat menikmati masakan lebaran sambil bertukar obrolan hangat dengan orang di sekitar Anda.


Casa de Perrin / CASA Indonesia


4. Gunakan lilin atau diffuser agar terasa cozy


The Beauty Look Book

Cara mudah untuk memperoleh suasana ruang yang hangat adalah dari wangi ruangan. Tidak hanya secara visual, dengan sebuah lilin atau diffuser yang memiliki bau yang hangat dan tidak menyengat dapat membuat suasana ruang berubah. Pilihlah wewangian yang sesuai dengan selera Anda dan memiliki perfume notes yang hangat seperti musk atau spice.


Yankee Candle

Baca juga: Lebaran Virtual? Jadi Seru Dengan 11 Backdrop Cantik


5. Tambahkan dekorasi atau foto pada dinding


Pinterest


Jangan lupakan area dinding, jika Anda ingin mendekorasi dinding pasangkan ornamen dan dekorasi yang bertema atau memiliki corak warna Ramadan. Anda juga dapat membuat kolase frame foto pada dinding untuk menghangatkan ruang dengan foto - foto keluarga, kerabat, atau orang-orang tercinta agar terasa dekat.


The Everygirl


Mendekorasi suatu dinding yang kosong cara yang baik untuk mempercantik ruang dengan mudah agar tidak terasa polos dan monoton. 


Sumber teaser: Julie Howard / Sand & Sisal
Teks oleh: Annika Fathma