Saat Crossboundaries, biro arsitek yang berbasis di Beijing, Tiongkok mendapatkan proyek mendesain Jinlong School di distrik Pingshan, mereka kesulitan.







Dana yang terbatas dan tenggat waktu pembukaan yang hanya berjarak 13 bulan membuat biro arsitek yang dipimpin Hao Dong ini memutar otak.




Mereka lalu memercayakan pabrik di Shenzhen untuk membuat material prefabrikasi agar sekolah tersebut dapat selesai tepat waktu.


Baca juga: 5 Inspirasi Desain Rumah Kontainer Berparas Modern


Prefabrikasi tidak hanya membuat arsitek proyek ini dapat mencapai dana dan tenggat waktu yang ditentukan, tetapi juga dapat menekan limbah konstruksi on-site.




Selesai pada Januari 2020, Jinlong School terdiri dari 36 kelas, dormitory, fasilitas olahraga, kantin, ruang kerja, teater, perpustakaan, dan berbagai macam ruang lainnya di atas area 16.000 meter persegi.






Agar arsitektur prefab tidak terkesan membosankan, arsitek dari Crossboundaries tersebut menciptakan fasad dinamis yang ditekankan melalui penggunaan warna dan jendela dengan lebar variatif mengggunakan bingkai menjorok keluar.


Baca juga: Buat Rumah 2 Hari! Ini Rumah Prefab Minimalis Terbaru


Aksen kuning menjadi warna yang menggambarkan area sosialisasi, seperti ruang serbaguna dan dorm, sementara warna biru mengindikasikan ruang sirkulasi seperti lorong dan tangga.




Desain sekolahnya juga merespon iklim subtropis Shenzhen dengan area publik yang sebagian besar terbuka dengan sirkulasi udara dan pencahayaan natural.


Sumber, Foto & Teaser: Inhabitat