Memilih untuk membangun rumah di kawasan padat penduduk, mengharuskan Anda, sebagai sang pemilik untuk selalu cermat memperhatikan ukuran ruang yang memadai. Ruang yang cukup dan tepat akan membantu untuk tidak mengacaukan setiap sirkulasi yang dibutuhkan di dalam rumah, seperti udara, cahaya, dan juga gerak manusianya sendiri.


Rumah Di Jepang Ini Dirancang Hampir Tanpa Sekat




Baca juga: 5 Cara Bersihkan Rumah Agar Tetap Sehat Di Saat Pandemi


Namun ada yang menarik dari rumah lahan terbatas yang ada di Jepang ini. Steam Architects and Associates merancang sebuah rumah lantai dua dengan konsep open-living. Konsep ini memungkinkan untuk setiap ruangan memiliki desain yang terbuka. Desain yang terbuka ini sangat menguntungkan bagi bentuk rumah yang seperti tumpukan persegi ini. 


Rumah Di Jepang Ini Dirancang Hampir Tanpa Sekat


Dengan bentuk seperti tumpukan persegi, rumah ini dapat dirancang dengan ceiling yang tinggi dan berada di lantai dua. Dengan ceiling yang tinggi, tentu juga memberikan ruang agar jendela berukuran besar dapat terpasang, sehingga udara dan cahaya alami yang masuk bersirkulasi secara maksimal. Secara estetis, berkat ceiling dan jendela di lantai atas menghadirkan kesan skylight ke lantai dasar rumah.




Rumah Di Jepang Ini Dirancang Hampir Tanpa Sekat


Baca juga: Tolak Stres, Letakan 5 Tanaman Hias ini Di Meja Kerja


Rumah ini hampir tidak memiliki dinding, kecuali memang dibutuhkan sebagai penopang struktur bangunan. Lalu, area terbuka yang luas juga membuat atmosfer rumah menjadi lebih hangat serta leluasa. 


Rumah Di Jepang Ini Dirancang Hampir Tanpa Sekat


Di lantai dasar, Anda akan menemukan seluruh area komunal berada di sini. Di lantai ini terdapat dapur, ruang makan, ruang keluarga, serta tempat tidur utama. Sedangkan di lantai atas hanya dipergunakan sebagai ruang kerja, ruang baca, dan ruang penyimpanan.


Sumber foto: dok. Nakano Yukihide / Skylab / Design Boom