Beberapa waktu lalu, CASA Indonesia telah menerbitkan artikel yang membahas negara-negara dengan jam puasa terpanjang. Negara-negara yang dekat dengan Lingkar Arktik masuk di dalamnya.


Tidak hanya negara-negara dengan jam puasa terpanjang, CASA Indonesia juga akan memberikan daftar 5 negara dengan jam puasa terpendek. Berikut informasinya. 





1. Arab Saudi



Business Insider


Sebagai negara dengan tradisi Islam yang melekat, bulan Ramadan dan musim Haji merupakan salah satu hari penting bagi masyarakat Arab Saudi.


Baca juga: 7 Hotel Ini Siap Sajikan Menu Buka Puasa di Rumah


Di kota Riyadh, puasa berjalan relatif cepat dengan tempo hanya 12.57 jam saja. Meski relatif sebentar, umat Islam di Riyadh memiliki berbagai macam tradisi, salah satunya adalah Musaharati, sebutan untuk orang-orang yang berkeliling dan membangunkan orang untuk sahur.


2. Brasil



Kayak


Meski Brasil bukan merupakan negara dengan penduduk muslim mayoritas, tradisi Ramadan tetap bisa ditemukan. Di kota Recife, terdapat satu komunitas kecil muslim bernama "The Rua da Gloria" yang menjalankan ibadah puasa.


Namun Recife bukan kota yang memiliki jam puasa terpendek di Brasil. Kota tersebut ialah Rio de Janeiro dengan durasi berpuasa hanya sekitar 12.39 jam. Untuk mencapai Rio de Janeiro dari Recife, dibutuhkan sedikitnya 33 jam perjalanan darat.


3. Chile





Travel Age West


Sama seperti Brasil, kegiatan Ramadan umat Islam di Chile juga terpusat di dalam komunitas-komunitas muslim center. Santiago sendiri merupakan kota di Chile dengan jam puasa terpendek, yakni 12.26 jam. 


4. Afrika Selatan



And Beyond


Di Afrika Selatan, muslim merupakan minoritas dengan tingkat penganut mencapai 1.5-2% per populasi total. Meski demikian, perkembangan agama Islam di Afrika Selatan cukup pesat.


Baca juga: 5 Menu Buka Puasa Yang Wajib Ada Di Atas Meja


Cape Town menjadi kota di Afrika Selatan yang mendapatkan jam puasa paling pendek dengan 12.21 jam. Di sana terdapat dua masjid tertua di Cape Town, yakni Masjid Auwal yang berdiri 1794 dan Masjid Palm Tree yang berdiri pada 1807.


5. Argentina



Agoda


Argentina merupakan negara yang dicatat memiliki jam puasa tercepat di dunia. Di kota Ushuaia durasi menahan nafsu ini hanya berlangsung setidaknya 11.42 jam saja.


Teaser: And Beyond