"Berdamai dengan corona" merupakan pesan yang kini sedang digaungkan WHO dan juga Presiden Jokowi. Pesan tersebut menjadi isyarat jika virus corona ini mungkin saja tidak akan hilang dari Bumi dan kita diminta untuk hidup di antaranya.


Selama pandemi corona, praktis hampir semua lini industri ditutup sampai waktu yang belum ditentukan, termasuk penerbangan. Ketika wacana new normal mulai digaungkan, bagaimana industri aviasi berbenah untuk menjadikan penerbangan mereka aman dari risiko penularan?







Di Italia, produsen interior kabin Avio Interior telah mendesain konsep kursi baru di kabin pesawat. Kursi yang mereka namakan Janus ini memiliki konfigurasi saling silang untuk menciptakan jarak antar penumpang.


Baca juga: 6 Foto-Foto Dunia ketika Pandemi Virus Corona


Konfigurasi tersebut juga ditambahkan dengan pelindung plastik yang menutupi kepala penumpang untuk menghalangi droplet yang menjadi medium penyebaran virus.






Sementara perusahaan Factory Design yang berbasis di Inggris mengembangkan Isolate Kit, yakni meja dengan pelindung di antara tempat duduk penumpang.


Baca juga: Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Barang Rumah?


"Beberapa maskapai telah mengumumkan jika mereka berencana untuk menjadikan kursi tengah sebagai penghalang untuk mendukung strategi social distancing," ujar direktur Factory Design Peter Tennent seperti dikutip Robb Report.




Dengan adanya adaptasi desain kabin ini, maskapai berharap para penumpang yang sebelumnya tidak berani bepergian dengan pesawat, kini bisa kembali.


Sumber, Foto & Teaser: Robb Report