Apakah Anda ingin mempercantik rumah tetapi ingin hemat biaya? Memikirkan dekorasi rumah yang hemat biaya, terkadang solusinya adalah dengan cara membuat sendiri alias DIY. Ketika membuat sesuatu dengan men-DIY, banyak orang seringkali gagal dalam pembuatan atau barang yang telah di-DIY tidak tahan lama. 





Bless'er House

Tidaklah sulit men-DIY dekorasi rumah, dengan beberapa tambahan peralatan Anda sudah siap untuk membuat sendiri dekorasi rumah untuk mempercantik living space Anda. Ini lah daftar DIY dekorasi rumah yang bisa Anda lakukan bersama keluarga dan tentunya hemat biaya. 


1. Kolase karya seni anak-anak menjadi wall art













































Nelson Hancock / Lilly Bunn


Bagi siapapun yang sudah berkeluarga pasti pernah merasa bingung dengan menempatkan gambar atau lukisan anak. Jangan dibuang atau disimpan, pamerkan karya seni anak Anda menjadi wall art. Cukup membingkai karya seni agar terlihat rapi dan buat pola kolase yang Anda sukai.


Design Improvised


Dengan menggunakan bingkai Anda dapat memilih frame yang sesuai dengan desain dekorasi rumah Anda lainnya agar dapat menyatu dan selaras pada skema warna yang sudah ada.


Luna

2. Cat ulang hardware pada furnitur


Studio McGee


Cara yang dapat mengubah dekorasi rumah Anda dalam sekejap adalah dengan mengecat ulang hardware atau pegangan pada segala furnitur Anda. Pegangan pintu, hardware pada kabinet dapur, kamar mandi, ataupun laci, semua bisa Anda cat ulang dan samakan warna pada setiap hardware rumah Anda agar terlihat chic dan stylish.


Brooke Wagner Design


Sebuah pengecatan ulang pada hardware juga dapat menutupi pengkaratan pada besi yang ada jika dilakukan dengan benar. 


Studio McGee


3. Sediakan tempat penyimpanan yang stylish


Bless'er House


Tempat penyimpanan penting dimiliki untuk rumah keluarga, baik untuk mainan anak-anak ataupun area dapur. Buat label untuk tempat penyimpanan agar setiap kotak atau kontainer memiliki fungsinya sendiri dan dapat diketahui barang yang disimpan didalamnya dengan mudah.


CASA Indonesia


Anak-anak Anda juga dengan mudah dapat menyimpan mainan atau barang-barang mereka karena terdapat label pada setiap tempat penyimpanan yang digunakan.


EAT/SLEEP/WEAR


4. Chalkboard (atau chalk wall) untuk menggambar dan mencatat


hello, Wonderful

Apa Anda terasa stres jika melihat coretan pada dinding karena anak Anda? Jika anak Anda suka menggambar dan seringkali pada dinding rumah Anda, hadirkan chalkboard atau satu dinding penuh sebagai papan tulis hitam. Pastikan dinding Anda tidak bertekstur dan warnakan dinding dengan chalkboard paint.


Shelterness


Dinding seperti ini dapat Anda DIY pada area dapur, karena bisa Anda gunakan untuk mencatat resep atau daftar belanjaan selain untuk digunakan oleh anak-anak.


Shelterness




5. Pakai ulang kaleng bekas untuk tempat penyimpanan 


Good Housekeeping


Kaleng susu bekas seringkali memenuhi area penyimpanan Anda jika tidak dibuang, ada cara untuk memakai ulang kaleng tersebut. Reuse kaleng bekas dan jadikan tempat penyimpanan untuk mainan atau peralatan tulis anak.


Pinterest

DIY ini bisa dengan mudah Anda tambahkan pada kamar anak dengan menempel bagian bawah kaleng pada dinding dan lepaskan bagian penutup. Anda dan anak Anda dapat dengan mudah dan tertata menempatkan dan mengambil mainan atau peralatannya pada tempatnya.


House Beautiful


6. Daur ulang furnitur lama dengan pengecatan


Little House of Four


Apakah Anda terasa bosan dengan satu atau dua furnitur Anda? Tidak harus disingkirkan, jika masih dalam kondisi yang baik cukup ubah warna pada furnitur dengan dicat. Pengecatan dapat merubah desain suatu ruang dengan cepat dan mudah. Gunakan warna yang cerah agar mendapatkan suasana ruang yang semarak.


Studio McGee

Mengecat furnitur menjadi salah satu pilihan untuk menambahkan warna pada ruang tanpa harus berkomitmen untuk mengecat dinding. 


CASA Indonesia


7. Tambahkan tanaman untuk dekorasi segar


CASA Indonesia

Tanaman pada area indoor menjadi esensial untuk dimiliki agar mendapatkan suasana segar dan asri. Menggunakan tanaman sebagai dekorasi adalah cara yang dapat menghemat biaya jika ingin meramaikan ruangan. Tidak harus membeli gunakan tanaman yang sudah ada dan jika perlu ganti pot tanaman dengan pot yang sesuai dengan desain dekorasi rumah Anda.


CASA Indonesia

Mengganti pot tanaman Anda dengan pot yang baru, menambahkan dekorasi pada dalam rumah yang dapat mempercantik ruang jika memilih pot yang benar.


CASA Indonesia

8. Ubah layout ruang Anda


The Design Chaser

Tidak ingin ribet membuat sendiri? Atau sudah mencoba beberapa DIY tetapi dekorasi rumah masih terasa kurang? Ubah layout ruang Anda menggunakan feng shui untuk ruangan yang terasa baru dan berbeda. Singkirkan barang atau furnitur yang menghalangi pintu atau area jendela agar sinar matahari dapat masuk.


Tessa Neustadt / Amber Interiors Design Studio

Furnitur dapat dengan mudah terlihat baru dan segar jika diletakkan pada angle berbeda dan melakukan hal ini tidak mengeluarkan biaya sedikit pun!


Banda Property


Sumber teaser: Helen Banker / Homes to Love
Teks oleh: Annika Fathma