Setelah sudah hampir 2 bulan bekerja di rumah, Anda pasti punya banyak waktu untuk melihat ke sekeliling rumah dan timbul keinginan untuk mendekorasi ulang rumah Anda. Dekorasi rumah tidak bearti harus mengganti warna cat dinding secara besar-besaran, namun Anda bisa membeli aksesori interior rumah dari yang terkecil seperti vas dan lampu, hingga sofa baru.


Berikut ini rangkuman 7 desain ruang tamu yang paling instagrammable berdasarkan riset di akun instagram CASA Indonesia.





1. Ingin punya ruang keluarga yang terlihat luas?

Dengan material lantai yang serupa antara living room dan teras, kedua area ini terlihat melebur dan lapang. Ruang keluarga dirancang untuk dapat berintegrasi dengan area outdoor agar memiliki fungsi yang lebih fleksibel, serta memberi sirkulasi gerak yang lebih leluasa. 



ArMS / Paskalis Khrisno Ayodyantoro


Gunakan pintu kaca sliding untuk memberikan jarak pandang yang tak terbatas ke arah kolam renang. Untuk merawat pintu geser, cukup bersihkan kayu dengan cairan anti rayap agar kayu terbebas dari serangga menggangu.


2. Alas duduk di ruang tamu tidak selalu harus kursi

Sofa di ruang keluarga seringkali hanya memenuhi tempat dan membuat ruangan terkesan serius. Untuk membuat ruang keluarga lebih playful, sematkan karpet permadani dengan warna natural sebagai ganti sofa. Jangan lupa berikan juga bean bag sebagai tempat bersantai.



3. Tips mata sehat di ruang tamu  

Optimalisasi penggunaan ruang keluarga dengan menerapkan furnitur multifungsi di dalamnya. Sofa merupakan furnitur utama di ruang tamu yang dipakai untuk bersantai, menonton TV, maupun berbaring. Maka dari itu, pilih sofa dengan ottoman (penyangga kaki) atau chaise lounge untuk kenyamanan ekstra. 


Estúdio BRA / Maira Acayaba


Terapkan kabinet built-in pada salah satu sisi dinding ruang sebagai tempat penyimpanan barang, dekorasi, serta televisi.


Baca juga, Ruang Tamu Kecil Namun Tetap Bisa Bersantai di Rumah


4. Solusi rumah kecil: maksimalkan setiap ruangan, bahkan posisi vertikal

Maksimalkan area kecil dengan menciptakan mezanin, seperti kamar tidur di atas ruang makan. Mezanin sering disebut sebagai ruangan di lantai tengah (antara lantai satu dan dua) atau ruang tambahan. Dengan menggunakan sistem ini, ceiling lantai satu otomatis menjadi tinggi atau memiliki void. Sirkulasi udara dari void rumah di tengah-tengah lantai mezanin membuat hunian terasa segar.





Bahtera Associates / Perspektif Indonesia


5. Kecil bukan berarti sempit

Ciptakan suasana nyaman di ruang televisi melalui beberapa trik ini. Gunakan sofa 2-seater yang dipenuhi dengan bantal beragam ukuran serta berikan sentuhan hijau melalui indoor plant di beberapa sudut ruang. 



Attic / Mariana Orsi


Tak luput pula, terapkan vitrase sebagai gorden guna menyaring cahaya matahari yang memasuki interior rumah.


Baca juga, 10 Desain Ruang Tamu Modern Impian & Paling Favorit


6. Yuk buat ruang keluarga Anda lebih unik dengan window seat!

Window seat merupakan sofa custom built yang menempel dengan jendela utama di ruang keluarga. Penggunaan sofa jendela dapat membuat ruang keluarga tampil lebih bersih dan simple. Sofa jendela dapat menjadi ruang baca yang nyaman karena terhubung langsung dengan cahaya matahari. Tidak hanya itu, bagian bawah sofa jendela juga bisa berfungsi sebagai lemari penyimpanan ekstra.



Whiting Architects / Sharyn Cairns


7. Pemilihan material lantai ruang tamu yang tepat

Mengisi waktu luang di rumah bisa dilakukan dengan make over tampilan dalam rumah bersama keluarga. Salah satu barang yang dapat ditambahkan sebagai dekorasi rumah adalah karpet lantai. Dengan penambahan karpet ini niscaya suasana nyaman dan hangat dalam rumah akan semakin terbangun. 



ES Arquitetura


Macam-macam karpet lantai pun disesuaikan dengan kegunaannya masing-masing. Gunakan karpet dengan material yang tepat dan bisa ditemui di pasaran, seperti karpet dari wol, katun, polypropylene, nilon, serat alam (tanaman), dan sutra.


Foto teaser: Whiting Architects / Sharyn Cairns