Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki rumah di pinggir kota. Selain harga tanah yang relatif lebih terjangkau, pinggir kota memiliki suasana yang lebih tenteram dan asri jika dibandingkan dengan pusat kota.


Lalu apa yang harus dipertimbangkan ketika Anda ingin mendesain rumah di pinggir kota? Biro arsitek asal India, JGP Consultant membagikan pengetahuan mereka kepada CASA Indonesia tentang mendesain rumah yang simple dan nyaman di pinggir kota.





1. Buat fasad memiliki banyak sisi




Di atas lahan seluas 1.300 meter persegi di Surat, India, hunian bernama Sandham House berdiri. Jigar Patel selaku principal architect menghadirkan desain fasad yang rapi dan tidak mencolok dengan penggunaan warna putih pada dinding.


Baca juga: Desain Rumah Tropis Modern Yang Hangat Untuk Keluarga


Nuansa yang asri dan tenang lalu diterima melalui penggunaan balkon terbuka di setiap sisi hunian untuk menghadirkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik.


2. Hadirkan courtyard di tengah massa bangunan




Courtyard merupakan jantung dari hunian ini. Kehadiran courtyard dapat berfungsi sebagai ruang transisi antara ruang kerja dan ruang keluarga.




Pengaplikasian double height menjadikan courtyard terlihat lebih luas sehingga udara dari luar dapat masuk dengan mudah. Tidak hanya itu, permainan cahaya natural yang masuk dari lantai atas membuat courtyard tampil dengan tekstur yang indah.


3. Ruang keluarga yang simple namun tetap menyenangkan




Pengaplikasian double height juga muncul di area ruang keluarga. Jigar mengatakan jika desainnya merupakan desain yang realistik karena mengedepankan adanya pencahayaan dan sirkulasi udara yang natural.


Baca juga: Rumah Di Jepang Ini Dirancang Hampir Tanpa Sekat


Hal tersebut membuat ruang keluarga ini tetap terasa sejuk meski tidak menggunakan pendingin ruangan.




Kesederhanaan muncul lewat penggunaan cat putih pada dinding interior. Untuk menyeimbangkannya, Jigar mengaplikasikan furnitur custom berbahan Indian Valsadi Pure Teak Wood dengan warna-warna vibrant.


Sumber: JGP Consultant
Foto & Teaser: Nikhil Pathel