Produk-produk berbahan dasar limbah tidak hanya menyajikan praktik daur ulang, kini dia juga dapat menampilkan desain indah yang tidak kalah dengan produk-produk dengan material konvensional.


Ryan Smith dan Ahna Holder merupakan pelaku desain yang mulai mengembangkan produk berbahan limbah yang ramah lingkungan dan estetis. Melalui perusahaan produsen lampu yang berbasis di Seattle, AS, LightArt, mereka meluncurkan Coil Collection.







Proses pengembangan desainnya sendiri membutuhkan waktu sekitar dua tahun. Diawali dengan pertanyaan, "bagaimana membuat produk daur ulang bisa terlihat bagus?", mereka lalu ingin menciptakan material unik dan belum pernah ada di produk daur ulang sebelumnya.


Baca juga: Transformasi Limbah Beracun Menjadi Tableware Indah


Tim LightArt kemudian bekerja sama dengan divisi engineering dari perusahaan cabang 3form untuk menentukan material dasar yang paling memungkinkan.




Kemudian mereka juga berkolaborasi dengan perusahaan polimer di seluruh AS untuk mendorong terciptanya inovasi.






Koleksi lampu gantung ini hadir dalam dua pilhan warna; hitam dan putih yang dibuat dari upcycle limbah plastik.


Baca juga: Ramah Lingkungan! Power Bank dari Sampah Plastik


Para desainer LightArt mengingingkan lampu gantung yang menampilkan geometri khas meliuk dengan matte-finishing, sehingga memberikan kesan seperti gerabah, yang diputar dan dibuat dengan tangan.




Koleksinya sendiri menghadirkan tujuh bentuk yang kesemuanya dibuat menggunakan 3D printing hingga menghasilkan bentuk yang bertekstur, taktil, dan unik.


Sumber, foto & Teaser: LightArt