Jika Anda menginginkan kenyamanan pada area pribadi di rumah, hanya sekedar untuk membaca buku atau bersantai, armchair adalah furnitur yang tepat untuk Anda pilih. Namun, memilih armchair yang tepat dan nyaman bukanlah hal yang mudah.


Karena, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti lengan kursi, kualitas kursi, dudukan kursi, dan sandaran kursi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini CASA Indonesia telah merangkum beberapa tips memilih armchair yang nyaman untuk Anda. 


1. Lengan Kursi


(Lengan armchair. Foto: Dok. IKEA)


Dalam Bahasa Indonesia, armchair berarti kursi lengan, maka dari itu hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum membeli armchair adalah lengan kursi. Armchair yang nyaman adalah armchair yang memiliki lengan kursi dengan tinggi yang sesuai, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek. Lengan kursi berfungsi sebagai sandaran lengan yang akan membuat Anda merasa lebih rileks, apalagi jika Anda sering menggunakan kursi ini. 


Lengan kursi pada armchair tersedia dalam berbagai material, ada yang terbuat dari kayu dan ada juga yang berlapis kain (upholstered). Saat membeli armchair, Anda dapat mencobanya terlebih dahulu untuk mengukur apakah lengan Anda bertumpu dengan baik di lengan kursi atau tidak. 


2. Kualitas Kursi


(Kualitas kursi lengan (armchair). Foto: Dok. Anthropologie)


Kualitas armchair tidak hanya menentukan berapa lama kursi akan bertahan, tetapi juga menentukan tingkat kenyamanannya. Kualitas armchair berkaitan dengan material pembentuk kursi, yaitu kayu. Beberapa jenis kayu yang memiliki kualitas yang baik adalah kayu mahoni, kayu jati, kayu mindi, dan kayu sungkai. Namun, ada juga armchair dengan kaki dari material logam yang memberi kesan minimalis. 




3. Sandaran Kursi


(Sandaran kursi lengan (armchair). Foto & Desain: Dok. Ezequiel Farca (@ezequiel_farca) on Instagram)


Tak hanya lengan dan kualitas kursi, sandaran kursi juga berperan penting dalam menentukan tingkat kenyamanan. Sandaran kursi memiliki beragam ukuran, ada yang tinggi dan ada juga rendah, Anda dapat memilih sandaran kursi sesuai dengan kebutuhan. 


Jika Anda suka duduk bersantai di armchair sembari membaca buku atau menonton TV, ada baiknya pilih sandaran kursi berukuran tinggi. Karena selain lebih nyaman, sandaran kursi yang lebih tinggi juga baik untuk menyangga leher. 


4. Dudukan Kursi


(Dudukan kursi lengan (armchair). Foto: Dok. Haute-living)


Dudukan kursi menjadi salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli armchair. Dudukan kursi harus terasa empuk untuk diduduki, serta mampu menahan berat tubuh Anda saat duduk. Jika dudukan kursi terlalu keras, ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman saat duduk di kursi bahkan untuk waktu yang singkat. 


Selain itu, perhatikan juga tinggi armchair, pastikan kaki Anda tegak lurus dengan lantai, karena Anda tidak akan bisa merasa nyaman jika lutut kaki mengarah ke atas atau ke bawah. Carilah ketinggian tempat duduk yang tepat untuk Anda, yang disesuaikan dengan tinggi badan. 


Teaser: Dok. Nathalie Martin (@_nathaliemartin) on Instagram)