Perkembangan di dunia teknologi sering kali diidentikkan sebagai sebuah solusi untuk menghadirkan kualitas hidup yang lebih baik dan sustainable. Ide tersebut juga yang jadi landasan bagi beberapa produsen, baik dunia desain interior atau otomotif. 


Inilah Bis Pertama Yang Terbuat Dari PET Daur Ulang




Salah satu hasil dari sebuah ide yang dieksekusi dengan tepat ini dihadirkan oleh JSC Vejo Projektai yang merancang sebuah bis elektrik menggunakan bahan PET sebagai material utama. Bis elektrik yang diberi nama Dancer ini sebelumnya pernah diperkenalkan purwarupanya pada tahun 2016 lalu dan kini telah siap masuk ke dalam sesi produksi massal.


Baca juga: Jentle Home: Rumah Impian nan Imut ala Blackpink Jennie


Inilah Bis Pertama Yang Terbuat Dari PET Daur Ulang


Dengan hadirnya bis Dancer ini menjadi pemberi harapan terhadap transportasi publik yang lebih ramah lingkungan. Material PET yang digunakan untuk merancang body dan kaca bis ini berasal dari daur ulang botol minuman. Material daur ulang tersebut diolah menjadi resin foam agar menambah daya pada struktur bis.




Inilah Bis Pertama Yang Terbuat Dari PET Daur Ulang


Material tersebut menghasilkan kemudahan untuk transportasi publik ini saat bermanuver di jalan raya. Proses desain untuk bis ini terinspirasi dari desain yacht. Di atas kertas, Dancer hanya perlu memerlukan waktu selama 6 menit untuk pengisian daya baterai yang energinya disalurkan pada penggerak motor elektrik bis ini.


Baca juga: Mediamatic, Restoran Social Distancing di Amsterdam


Inilah Bis Pertama Yang Terbuat Dari PET Daur Ulang


Saat ini, kendaraan publik Dancer ini hanya beroperasi di kota-kota besar di Lithuania.


Sumber foto: dok. JSC Vejo Projektai / Design Boom