Tiga bulan sebelum dibukanya Bi-City Biennale of Urbanism / Architecture's (UABB) di Shenzhen, Tiongkok ini menghasilkan mahakarya Atelier XI. Terletak di pabrik AC seluas 10.000 meter persegi yang disulap menjadi galeri pameran, galeri ini selesai hanya dalam waktu satu bulan.







Baca juga, Mencengangkan! Sarang Burung Ini Tumbuh di Gerai Uniqlo


Bertajuk Folded Time-Light-Line, pameran yang sudah dilaksanakan pada 2019 lalu ini memilih tempat di kota Shenzhen. Sebuah kota yang tunduk terhadap fenomena gentrifikasi.




Baca juga, Taman Bermain Terbesar dan Termegah di Dunia. Seru!


Karena sebuah proses masuknya penduduk/kegiatan perkotaan inilah yang mengakibatkan perubahan keadaan ekonomi, sosial, budaya yang menjadi dasar para produsen meninggalkan pabrik mereka.






Baca juga, Jentle Home: Rumah Impian nan Imut ala Blackpink Jennie


Sehingga pabrik besar ini kehilangan penggunaannya dan para institusi seni pun -yang merupakan salah satu bagian- mengambil upaya untuk merubah bangunan-bangunan ini menjadi tempat budaya. 




Terkesan dengan grid kaku dan rangka pabrik, Atelier XI melakukan intervensi yang melengkapi tanpa mengurangi keindahan dari industri bangunan ini sendrii. Folded Time-Light-Line yang terdiri dari struktur lapisan ganda yang terang dan kontras dengan kerangka berat pabrik yang ada. Instalasi ini memakai membran transparan yang dipasang secara zig-zag mengellilingi pabrik.


Sumber teaser + foto: Frame Web