Bekerja di rumah memiliki banyak tantangan, mulai dari mencari desain yang tepat dengan kepribadian dan kebutuhan Anda sampai penataan peralatan kantor agar efisien. Desain ruang kerja yang baik bisa meningkatkan produktifitas kerja, maka perlu dirancang dengan maksimal berapa pun luasan areanya.

Tanpa penataan yang baik dan tepat, suasana kerja dengan mudah buyar lantaran dekat dengan ruang tv atau dapur dan meja makan. Simak 8 desain ruang kerja yang paling instagrammable versi CASA Indonesia:




1. Meja kerja untuk sepasang suami istri

Working at home menuntut Anda untuk berbagi ruang dengan keluarga, terutama meja kerja. Ukuran standar meja kerja untuk satu orang adalah minimal 120 x 60 sentimeter. Jadi jika Anda bekerja di meja yang sama dengan pasangan Anda, ukuran meja cukup dikali dua tergantung posisi bersebelahan atau berhadap-hadapan.


Pilih warna netral agar masing-masing bisa fokus bekerja tanpa terganggu dengan warna yang kurang disukai.


8 Desain Ruang Kerja di Rumah Terbaik versi CASA
Roy Kim Design / Eduardo Macarios


2. Sekaligus sebagai rak pajangan koleksi mainan

Dibandingkan furnitur siap pakai, furnitur custom dapat disesuaikan dengan bentuk interior dan memaksimalkan sudut-sudut ruangan yang tidak terpakai. Anda dapat menampilkan meja kerja melayang dan rak sederhana yang menggantung di dinding.


8 Desain Ruang Kerja di Rumah Terbaik versi CASA

Fiano Modern Interior


Untuk membuat suasana kerja yang nyaman, pastikan dimensi setiap furnitur custom sesuai. Tinggi meja kerja sebaiknya berada di kisaran 72,5-75 sentimeter dengan tinggi kursi yang disarankan adalah 50 sentimeter.


Baca juga, 23 Desain Ruang Kerja yang Membuat Anda Fokus di Rumah


3. Meja kerja bentuk L untuk dua tipe warna

Resep sederhana dalam menciptakan sudut bekerja yang homey sekaligus produktif di rumah adalah menciptakan interior dalam dua corak warna. Salah satu contohnya adalah menggunakan warna putih pada keseluruhan kabinet dan meja kerja. Mencerahkan dan menghidupkan suasana di area kerja ini adalah berkat penggunaan elemen warna coklat yang terlihat pada kursi dan aksesori di meja.



4. Ruang belajar di dalam kamar tidur

Ini model ruang kerja yang biasanya cocok untuk anak sekolah dan anak kuliahan. Terkadang anak remaja membutuhkan zonanya sendiri sehingga memilih ruang belajar ada di kamar tidur. Namun penting juga bagi orang tua untuk terus memantau dan menemani sang buah hati agar pekerjaan sekolah tetap bisa dikerjakan baik, terutama sebagai bonding time.



Baca juga, Desain Ruang Kerja yang Kids-Friendly Ala Sigi Wimala




5. Suasana hijau memberikan kesegaran di meja kantor

Gaya bekerja seseorang terkadang tercerminkan pada meja kerjanya. Sebagian orang senang menaruh banyak objek di atas mejanya, namun ada pula orang yang menyukai meja rapi serta minim akan barang agar tetap produktif bekerja.


8 Desain Ruang Kerja di Rumah Terbaik versi CASA

Nicole Interior & Plants


Bagi yang memiliki jadwal kerja yang padat, sisihkan 10 menit di awal atau akhir jam kerja untuk menyingkirkan berkas-berkas tidak penting, bercak kopi atau teh yang tertinggal di atas meja, maupun mengembalikan alat tulis kepada tempatnya.

Terlepas dari perbedaan gaya bekerja yang disebut sebelumnya, merapikan area bekerja dinilai esensial untuk terus menjaga produktivitas serta efisiensi waktu bekerja Anda.


6. Ruang kerja di rumah dengan konsep industrial atau rustic

Rustic merupakan gaya interior yang mengedepankan kesan unfinished dari tekstur bebatuan yang kasar dan kayu ekspos. Untuk membuat tampilan rustic yang sederhana, aplikasikan bata ekspos sebagai dinding yang disandingkan dengan kabinet custom kayu ekspos berwarna senada.

Ruang kerja yang baik juga membutuhkan pencahayaan natural. Gunakan jendela jalusi lebar yang bisa dibuka dan ditutup untuk sirkulasi udara. 


8 Desain Ruang Kerja di Rumah Terbaik versi CASA

Neil Architecture / Hillary Bradford


Baca juga, Ini 9 Ide Menata Ulang Ruang Kerja di Rumah


7. Ruang kerja minimalis tanpa banyak ornamen

Pemilihan material merupakan aspek penting untuk membuat ruang kerja Anda lebih nyaman. Nuansa kayu dapat digunakan untuk memberikan suasana yang berbeda pada ruangan. Anda bisa mengaplikasikan meja dan kursi dengan material kayu ekspos untuk membuat ruang kerja Anda terlihat lebih hangat. 


8 Desain Ruang Kerja di Rumah Terbaik versi CASA

Amanda


Selain material kayu, palet warna hijau juga diyakini dapat meningkatkan produktivitas kerja. Anda bisa menggunakannya pada dinding ruangan, dalam bentuk tanaman sukulen atau hiasan dinding.


8. Keuntungan memiliki karya seni di ruang kerja

Kehadiran karya seni di area kerja mampu meningkatkan produktivitas orang saat bekerja hingga 17%. Hal ini dikarenakan saat berdekatan dengan seni, mampu menggugah manusia untuk berpikir kreatif dan inspiratif. Seseorang berkemungkinan besar akan merasa terinspirasi saat dapat melihat lukisan menakjubkan ataupun foto yang indah ketimbang berada di ruang kerja yang berkesan monoton. 


8 Desain Ruang Kerja di Rumah Terbaik versi CASA

Brittni Mehlhoff 

Foto teaser: Anita Yokota