Para arsitek Tanah Air ini memiliki followers terbanyak di instagram. Namun bukan semata-mata karena popularitas mereka saja, namun kontribusinya yang dipandang meningkatkan kualitas hidup di Indonesia.

Beberapa nama di antaranya seperti Andra Matin yang merupakan satu-satunya arsitek Indonesia yang mendapatkan undangan dan penghargaan Venice Architecture Biennale atau Yori Antar yang membenahi Kalijodo dan revitalisasi lapangan banteng.




Simak 7 nama arsitek dengan jumlah followers terbanyak versi CASA Indonesia berikut proyek-proyer mereka masing-masing yang kerap didengar oleh masyarakat banyak. Jumlah followers ini kami rangkum sesuai dengan tanggal artikel publish.


1. Delution Architects

(@delution_architect - 122K)

Di penghujung tahun 2019, karya-karya arsitek terbaik dalam negeri kembali mendapatkan penghargaan dari kancah mancanegara. Kali ini, empat nama studio dan firma arsitektur Indonesia masuk ke dalam daftar penghargaan yang diusung oleh Archdaily.


7 Arsitek Lokal dengan Followers Instagram Terbanyak


Salah satunya adalah Delution dengan karya The Twins House untuk kategori 50 Best Houses of 2019 serta Flick House untuk The 20 Most Bookmarked Projects in 2019. Delution Architects dengan followers 122K juga memiliki Property Development Company bernama Delution Land. Delution memiliki empat co-founder yaitu Muhammad Egha, Sunjaya Askaria, Hezby Ryandi, dan Fahmy Desrizal.


7 Arsitek Lokal dengan Followers Instagram Terbanyak


2. Andra Matin

(@andramatin - 116K)

Isandra Matin Ahmad (Andra Matin), pendiri dan principal architect dari Studio Andramatin. Andra Matin yang kerap dipanggil Aang sempat menyelenggarakan pameran Prihal di Galeri Nasional Indonesia sebagai selebrasi 20 tahun ia berkarya. Andra Matin yang kini telah memiliki followers sebanyak 116K adalah salah satu founder dari Bintaro Design District (BDD).

Tak hanya dikenal di kalangan arsitek, sketsa tangan dan kantor arsitek milik Andra Matin pun dijadikan sebagai video klip penyanyi Tulus, yaitu Adu Rayu (bersama Glenn Fredly) dan lagu terbaru, Adaptasi.




Salah satu karyanya yakni Rumah Palem misalnya, mengedepankan konsep arsitektur ramah lingkungan khas Andra Matin yang menggunakan material kayu dan memaksimalkan kehadiran pohon palem sebagai bagian eksisting dari hunian.


7 Arsitek Lokal dengan Followers Instagram Terbanyak


Baca juga, Tulus dan Andra Matin, Beri Kejutan Manis Saat Lebaran


3. Revano Satria

(@revanosatria - 103K)

Pertama kali CASA Indonesia mendengar nama Revano Satria dari MSSM Associates. Bersama dengan Pavlos Schizas dari Siprus, Mohammed Makki dari Kuwait, dan Michel Moukarzel dari Libanon yang semuanya adalah lulusan Architectural Association School of Architecture, Inggris, merasa memiliki sebuah kesamaan dalam menciptakan karya arsitektur. 


7 Arsitek Lokal dengan Followers Instagram Terbanyak


Revano kini juga telah memiliki biro arsitek sendiri bernama Revastudio yang banyak memegang karya-karya futuristik dan modern, hingga artis Raffi Ahmad pun meliriknya untuk merancang huniannya bersama Nagita Slavina. Kini, Revano memiliki followers yang sangat tinggi hingga 103K.


7 Arsitek Lokal dengan Followers Instagram Terbanyak


Baca juga, 9 Arsitek dan Desainer Indonesia Sukses di Luar Negeri


4. Novriansyah Yakub

(@atelier_riri - 76.9K)

Novriansyah Yakub atau kerap dipanggil Riri merupakan principal dari Atelier Riri yang pernah meluncurkan buku berjudul A Design for Life pada tahun 2018. Arsitek yang pernah memasuki daftar nominasi Aga Khan Award ini, bercerita bagaimana beliau menunggu selama delapan tahun untuk menyusun buku ini.


7 Arsitek Lokal dengan Followers Instagram Terbanyak




Literatur bukan lah hal yang asing bagi arsitek muda ini. Ditengah kesibukan dalam karir sebagai arsitek, Riri mulai menyusun konten-konten yang akan dihadirkan dalam buku ini.


7 Arsitek Lokal dengan Followers Instagram Terbanyak


Riri Yakub menceritakan bagaimana perjalanan karirnya melalui sekumpulan gambar proyek desain yang pernah digubahnya. Proyek ini turut dilengkapi dengan tulisan akan kisah dan konsep dari tiap proyek tersebut. Menurut penuturan arsitek, karya yang ditampilkan dalam buku merupakan kompilasi dari karyanya sebelum merintis Atelier Riri hingga akhirnya beliau mendirikan firma arsitektur tersebut.


5. Andy Rahman

(@andyrahman - 60.1K)

Principal dari Andyrahman Architect ini juga baru saja menerima penghargaan dari Archdaily selayaknya Delution Architects. Andyrahman Architect dengan karya Omah Boto House untuk kategori 50 Best Houses of 2019 dan The 20 Most Bookmarked Projects in 2019. Andy Rahman juga terkenal dengan karya-karyanya yang menggunakan prinsip biophilic.


7 Arsitek Lokal dengan Followers Instagram Terbanyak


Salah satu contoh desain rumah kost di Surabaya yang dirancang oleh arsitek Andy Rahman menggunakan pendekatan biophilic untuk menjawab isu-isu kontemporer yang telah berkembang dalam komunitas arsitektur. Penerapan biophilic dalam menanggapi iklim tropis dapat dilihat pada penggunaan panel berlubang atau bahan dinding pada sebagian besar rumah.


Baca juga, 4 Arsitek Indonesia Ini Dapatkan Penghargaan Dunia


7 Arsitek Lokal dengan Followers Instagram Terbanyak


6. Mande Austriono

(@mondododo - 57.6K)

Mande Austriono Kanigoto selaku principal dari DFORM pernah menjadi salah satu nara sumber di CASA Indonesia yang membahas tentang desain fasad (tampak depan) pada sebuah hunian. Baginya, penting adanya pertimbangan komposisi serta proposi yang tepat antara tinggi bangunan dengan jarak di antara fasad dan pagar.

Hal ini untuk menghindari perasaan intimidasi bagi pemilik rumah saat berjalan dari pekarangan hingga menuju ke dalam rumah.


7 Arsitek Lokal dengan Followers Instagram Terbanyak


Namanya kerap dikenal masyarakat berkat karyanya bernama EN House. Rumah minimalis 2 lantai ini mampu memaksimalkan ruang hingga mengakomodasi keinginan klien untuk membuat rooftop sekaligus studio kerja.


7 Arsitek Lokal dengan Followers Instagram Terbanyak


7. Yori Antar

(@yoriantar - 50.9K)

Principal dari Han Awal & Partners ini memiliki followers 50.9K ini terkenal akan kontribusinya di Kalijodo, Lapangan Banteng, Monumen Kapsul Waktu di Papua. Yori Antar juga merupakan pendiri Rumah Asuh untuk melestarikan dan menyelamatkan rumah-rumah tradisional Indonesia, salah satunya Wae Rebo.



Bersama Rumah Asuh, Yori mulai mencanangkan pergerakan untuk menyelamatkan warisan arsitektur Indonesia. Kata gotong royong menjadi kata kunci utama dalam pergerakan ini. Beliau tersadar kembali akan nilai tersebut sejalan dengan perjalanan mencari makna arsitektur Nusantara. Dengan demikian, terciptalah proyek berbasis komunitas yang memprioritaskan arsitektur Indonesia yang akan punah.


7 Arsitek Lokal dengan Followers Instagram Terbanyak


Baca juga, Inti Arsitektur Nusantara? Ini Jawaban dari Yori Antar