Banyak hal menjadi pengaruh desain rumah, dimulai dari tren desain, lingkungan sekitar, sampai ukuran lahan di antara lainnya. Dan sekarang semenjak pandemi Covid-19 mewabah, seluruh dunia telah mengalami perubahan besar terhadap bagaimana masyarakat hidup sehari-hari termasuk pandangan kita terhadap bertempat tinggal di rumah. 




Mario Wibowo / Maekayu Interior & Furniture / Somia Design Studio / Sujiva Living

Rumah bagi sebagian banyak dari kita sebatas tempat untuk pulang setelah selesai bekerja dan beraktivitas pada akhir pekan. Hal ini, tentu berubah drastis semenjak adanya Covid-19. Adanya perubahan drastis dengan gaya hidup kita, perspektif pada hunian pun semestinya tidak hanya sekedar berubah tetapi berkembang. Berikut ini, desain rumah yang pantas Anda aplikasikan pada hunian pasca Covid-19. 


1. Pencahayaan yang lebih baik


Roger Davies / Lindsay Chambers Design

Hal sepele yang penting untuk diperhatikan pada desain hunian Anda adalah pencahayaan. Lampu yang Anda gunakan memiliki berbagai pengaruh pada ruangan Anda. Dimulai dari suasana yang ingin dirasakan dan fungsi ruangan tersebut tersendiri, memilih pencahayaan yang salah atau tidak sesuai dapat berpengaruh buruk terhadap Anda. 


Entrance


Selama beberapa bulan bekerja di rumah, apakah Anda seringkali terasa resah dan terganggu produktivitas kerjanya? Mungkin Anda merasa tidak terbiasa bekerja di rumah, tetapi kemungkinan besar masalahnya ada pada pencahayaan ruang Anda.


CASA Indonesia


Anda tidak bisa berharap akan produktif jika berada pada ruangan dengan cahaya warm tone atau redup. Ruangan yang terang atau dekat dengan cahaya alami sangat penting untuk diperhatikan pada hunian Anda sejak dini. 



Baca juga: 5 Cara Menghemat Listrik saat New Normal


2. Daya rumah yang ramah lingkungan


Claire Esparros / Elle Decor


Berada di rumah dan menggunakan segala fasilitas untuk memadai aktivitas Anda seharian penuh untuk waktu lama yang tidak dapat ditentukan memakan lebih banyak biaya dari biasanya. Pandemi ini telah mengajarkan kita untuk mengurangi konsumsi energi sebisa mungkin agar menghindari tagihan listrik melonjak. 


Double B House


Menerapkan energi yang berkelanjutan pada hunian penting dimiliki guna mewujudkan hunian yang hemat biaya dan ramah lingkungan. Berinvestasi pada tenaga solar, mengundang cahaya alami pada hunian dengan desain fasad dua lapis, atau sekedar menggunakan lampu LED dapat berbuah baik pada lingkungan dan menghemat biaya dalam jangka panjang.


Elle Decor


3. Ruang kerja khusus





Pada awal pandemi, hal pertama yang mengalami perubahan besar adalah pekerjaan, dimana work from home telah menjadi bagian dari hidup dan tidak lagi asing didengar. Beradaptasi kepada hal yang baru sesuatu yang sulit di awal, tetapi pekerjaan harus tetap berjalan sebagaimana mestinya dan berlangsungnya work from home memperlihatkan betapa sedikit orang yang memiliki ruang atau area kerja di rumah. 


Next Luxury


Ruang kerja khusus menjadi sesuatu yang krusial untuk dimiliki di setiap rumah. Untuk sebagian banyak yang tinggal bersama keluarga, area kerja pun tidak cukup karena banyaknya gangguan yang dapat menghampiri saat tengah bekerja. Bahkan sesaat masa pandemi telah usai, istilah work from home dan remote working diperkirakan tidak akan hilang begitu saja. Tidak harus memikir berulang kali, memiliki dedicated work space sangatlah penting untuk hunian. 


Martyn Lawrence Bullard




4. Interior buatan lokal


Budi Kurniawan Studio / Vivere Collection


Masa yang mengkhawatirkan ini tidak hanya mempengaruhi kesehatan tetapi juga telah merugikan perekonomian. Mendukung bisnis-bisnis lokal kerap kali menjadi perbincangan selama pandemi ini, karena dengan men-support UKM dan UMKM yang ada merupakan cara untuk turut berkontribusi kepada perekonomian Indonesia dan saling menolong sesama lain di masa sulit ini. 































Sun and Sand / Vivere Collection


Indonesia memiliki banyak desainer dan pengrajin handal yang merancang furnitur hingga dekor rumah yang berkualitas tinggi. Jika Anda ingin mendekor ulang rumah dan mengisi hunian Anda, sekarang saatnya berpaling dari toko-toko ritel impor dan mempercantik rumah dengan interior buatan lokal.


Mario Wibowo / Erwin Hawawinata / Arbor & Troy


5. Living space yang fungsional


Emily Henderson


Living space tidak hanya sebatas area ruang keluarga atau televisi, melainkan ruang Anda dapat bergerak dan beraktivitas. Sebuah ruang yang fungsional dan multifungsi menjadi satu hal lain yang sangat penting untuk memaksimalkan hunian.


CASA Indonesia


Jika Anda menyukai berolahraga atau memiliki hobi yang digemari, desain ruang yang dapat dengan mudah beradaptasi terhadap berbagai aktivitas dapat mengemukakan desain rumah yang ideal dan berfungsi secara maksimal. 


Porter Davis Homes


Living space Anda pantas memiliki kegunaan yang tidak terbatas untuk satu hal, terpaksa di rumah untuk waktu yang lama merindukan rasa beraktivitas dan berkegiatan seperti biasanya. Memiliki desain ruang seperti ini mempermudah penghuni beraktivitas bebas dalam kenyamanan rumah agar tidak terasa terperangkap.


CASA Indonesia


6. Lebih dekat dengan alam


Nicholas Watt Photography / The Design Files


Berada di rumah membuat banyak orang mendambakan area outdoor pada hunian. Bisa diprediksi usai Covid-19, memiliki taman, teras, atau area outdoor lainnya adalah satu aspek desain rumah yang akan diharapkan banyak orang pada hunian. 


BAUEN


Membaiknya kondisi udara berkat berkurangnya aktivitas yang berpolusi mendebarkan rasa yang melekat agar dapat terhubung dengan dunia luar sembari di rumah, sehingga area outdoor akan berperan besar dalam mewujudkan rumah yang ideal pasca Covid-19.






































Dom Architect Studio


Sumber teaser: Sebastian Mariscal 
Teks oleh: Annika Fathma