Tingkat polusi yang semakin tinggi dan udara yang semakin panas membuat suasana sekitar rumah menjadi cukup gersang. Salah satu solusi untuk membuat udara menjadi lebih segar adalah dengan menanam pohon rindang di halaman rumah.


Udara yang segar tentu akan membuat penghuni rumah merasa tenang dan tentram. Ternyata, selain mempercantik halaman rumah, ada banyak manfaat lain menanam pohon rindang di halaman rumah. Ingin tahu apa saja? Berikut ini beberapa keunggulan menanam pohon rindang yang patut Anda ketahui. Simak!





Sebagai Penyedia Oksigen


(Pohon rindang. Foto: Dok. Sactree / Pinterest)


Sebagaimana diketahui, oksigen dibutuhkan oleh manusia untuk bernapas, sekaligus agar organ di dalam tubuh dapat bekerja secara maksimal. Bahkan tak hanya manusia saja, hewan dan tumbuhan juga membutuhkan oksigen untuk tetap bertahan hidup. 


Keberadaan pohon rindang mampu menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen. Dengan kata lain, pohon-pohon rindang dapat menjadi penyedia oksigen bagi makhluk hidup. Oksigen yang dihasilkan oleh pohon rindang ini juga dapat membuat suasana rumah Anda menjadi lebih asri dan sejuk. 


Sebagai Pengurang Polusi


(Pohon rindang. Foto: Dok. Athena / Pexels)


Selain mampu berperan sebagai penyedia oksigen, keberadaan pohon rindang di halaman rumah juga mampu berperan sebagai pengurang polusi. Hal ini karena daun-daun pohon rindang dapat menahan debu, polusi, dan bahkan meredam polusi suara. 


Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa tanaman, salah satunya pohon rindang mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas udara melalui proses fotosintesis yang mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Karena alasan itulah, tak heran jika keberadaan pohon rindang di halaman rumah dapat membantu mengurangi polusi. 




Mampu Meredam Teriknya Matahari


(Pohon rindang. Foto: Dok. Monrovia)


Pohon rindang yang berukuran tinggi dan memiliki daun yang besar dapat menghalangi atau meredam cahaya matahari yang terik, sehingga membuat rumah menjadi lebih teduh. Meskipun begitu, keberadaan pohon rindang besar tidak akan membuat rumah menjadi gelap. Hal ini karena sinar matahari masih bisa masuk menerangi rumah melalui celah-celah daun. 


Sebagai Penyumbang Unsur Estetika


(Pohon rindang. Foto: Dok. Esty)


Keberadaan pohon rindang di halaman rumah juga dapat menyumbang unsur estetika, sehingga rumah menjadi lebih asri, adem, dan sejuk. Suasana rumah seperti ini tentu akan membuat penghuni rumah atau bahkan tamu yang berkunjung merasa tenang dan tentram.


Itulah manfaat keberadaan pohon rindang di halaman rumah. Ingatlah, untuk selalu merawat pohon rindang secara teratur, karena akar yang besar, ranting dan dahan yang tak tak terawat bisa mengancam kokohnya atap rumah dan menimbulkan kerugian yang cukup besar. 


(Foto: Dok. Julia Kuzenkov on Pexels)