Saat musim panas, kebanyakan orang cenderung akan menggunakan pendingin udara (AC) untuk menyejukan ruangan. Tetapi, hal ini dapat meningkatkan penggunaan energi listrik, membuat tagihan listrik membengkak, dan tidak ramah lingkungan.


Solusi membuat rumah menjadi lebih adem dan sejuk selama musim panas tanpa menggunakan banyak energi listrik yaitu dengan menanam pohon rindang. Selain mengurangi penggunaan energi listrik, menanam pohon rindang di halaman rumah juga dapat menghemat pengeluaran tagihan listrik dan pastinya ramah lingkungan. 





Berikut ini lima pohon rindang yang dapat Anda tanam di halaman rumah agar rumah menjadi lebih adem dan sejuk. 


1. Pohon Kersen


(Pohon kersen. Foto: Dok. Urban Tropicals / Pinterest)


Pohon kersen dapat tetap tumbuh subur tanpa perlu disiram dan diberi pupuk setiap hari. Tinggi pohon ini bisa mencapai sekitar 12 meter dengan daunnya yang hijau dan rimbun. Uniknya, pohon kersen memiliki buah yang mirip dengan buah ceri dan bunga-bunga kecil berwarna putih. Karena alasan itulah, pohon kersen cocok ditanam di halaman rumah untuk membuat rumah menjadi lebih sejuk dan adem, serta dapat mempercantik halaman rumah. 


2. Pohon Pucuk Merah


(Pohon pucuk merah. Foto: Dok. Dream Yard / Pinterest)


Sebagian besar dari Anda mungkin sudah pernah melihat pohon yang satu ini. Pohon pucuk merah memiliki daun yang lebat dan rimbun sehingga dapat membuat rumah terasa lebih sejuk dan adem. Daunnya akan berubah kemerahan saat musim kemarau tiba, sehingga selain dapat menyejukan rumah, pohon ini juga dapat mempercantik halaman rumah Anda. 


3. Pohon Mangga


(Pohon mangga. Foto: Dok. Sowexotic)




Untuk menyejukan rumah, Anda juga bisa menanam pohon mangga di halaman rumah. Pohon mangga memiliki daun yang berukuran panjang dan rapat satu sama lain. Tinggi pohon ini dapat mencapai 10 meter. Dengan perawatan yang tepat dan rutin, pohon mangga dapat tumbuh rindang dan pastinya akan menghasilkan buah yang nikmat. 


4. Pohon Angsana


(Pohon Angsana. Foto: Dok. National Tropical Botanical Garden)


Tak kalah cantik dengan pohon pucuk merah yang memiliki daun yang berwarna kemerahan, pohon angsana juga tampak cantik banget dengan bunga-bunga kecil berwarna kuning. 


Tinggi pohon angsana ini bisa mencapai 40 meter, namun pohon angsana yang biasanya terdapat di halaman rumah atau pinggir jalan tidak akan tumbuh setinggi itu karena merupakan hasil perkembangbiakan stek. Selain dapat mempercantik halaman rumah, pohon angsana juga akan membuat rumah Anda lebih sejuk, adem dan terlindungi dari teriknya sinar matahari. Anda perlu berhati-hati jika ingin menanam pohon ini karena tergolong ke dalam pohon rawan tumbung. Jadi apabila ada angin kencang pohon ini dapat mudah tumbang. 


5. Pohon Kiara Payung


(Pohon Angsana. Foto: Dok. Tree World Wholesale)


Pohon kiara payung memiliki daun yang lebat dan rapat, sehingga dapat membuat rumah Anda lebih adem, sejuk, dan melindungi rumah dari teriknya sinar matahari. Tinggi pohon kiara payung bisa mencapai 11 meter. Hebatnya lagi, pohon ini memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida dengan sangat baik. Bentuknya yang cantik membuat pohon kiara payung ini sangat pas untuk ditanaman di halaman rumah Anda. 


(Photo by Pixasquare on Unsplash)