Jamur begitu lazim berada di lingkungan yang lembab termasuk salah satu ruangan di rumah Anda, yaitu kamar mandi. Menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi jamur, pasokan uap air dan uap yang tersisa di area pancuran atau bak mandi Anda hingga toilet bisa menjadi salah satu sarang bagi jamur untuk tumbuh dan berkembang.

Oleh karena itu, Anda harus mengambil tindakan pencegahan secepatnya yang sebagian besar adalah tetap menjaga kelemababan udara dan membersihkannya secara rutin. CASA Indonesia telah menyiapkan 10 tips sederhana yang mudah diterapkan untuk terus menjaga kamar mandi Anda bebas dari jamur:




1. Selalu nyalakan kipas kamar mandi


Archdaily


Jika Anda memiliki kipas didalam kamar mandi, nyalakan kipas Anda dan biarkan selama setengah jam hingga satu jam setelah Anda mandi. Tetapi jika Anda tidak memilikinya, cobalah untuk mengambil kipas angin kecil dan lakukan hal yang sama guna tetap menjaga sirkulasi udara di kamar mandi.


Baca juga, 11 Desain Kamar Mandi Kecil Minimalis Paling Diminati


2. Buka jendela setelah mandi, jika Anda memilikinya


CASA Indonesia


Bila Anda memiliki jendela di dalam kamar mandi, coba untuk buka jendela agar udara segar dan sinar matahari dapat masuk ke dalam kamar mandi Anda.


3. Gantung lap cuci atau spons yang Anda gunakan hingga kering


CASA Indonesia


Penggunaan lap atau spons di kamar mandi secara berkala harus mendapatkan perhatian ekstra. Jangan letakkan lap dan spons ini langsung dibawwah shower, karena itu akan menyebabkan lap dan spons ini basah terus menerus dan membutuhkan waktu lama untuk mengering.


Baca juga, 8 Inspirasi Desain Kamar Mandi Sederhana Namun Elegan


4. Letakkan produk mandi Anda di atas tempat sabun atau rak penyimpanan


Apartment Therapy


Letakkan produk mandi seperti sabun, shampoo disebuah tempat khusus seperti rak penyimpanan. Sediakan rak penyimpnanan yang memiliki rongga agar air tidak menggenang di tempat tersebut dan menghasilkan jamur. Tentunya perhatikan sirkulasi udara dalam peletakkan perlengkapan mandi ini.


5. Biarkan pintu atau gorden terbuka setelah mandi


CASA Indonesia


Buka pintu kamar mandi setelah menggunakannya ternyata mengurangi resiko tumbuhnya jamur. Hal ini dikarenakan menciptakan udara sirkulasi yang baru.


Baca juga, Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi




6. Sering-seringlah mencuci handuk Anda



Handuk bisa menjadi salah satu hal yang paling sering digunakan di kamar mandi, oleh karena itu Anda harus sering menyucinya dan menggantinya dengan yang baru. Menurut ahli mikrobiologi, setiap dua atau tiga hari gantilah handuk tersebut dengan yang baru.


7. Cuci tirai shower dan curtain liner secara teratur


CASA Indonesia


Pemakaian tirai shower di kamar mandi harus memerlukan perhatian lebih. Karena pada nyatanya tirai ini dapat menyimpan lumut, hingga jamur jika tidak dibersihkan secara teratur. Anda bisa membilas bagian bawah sesudah mandi jika terkena sabun, dan rutin mencuci nya dalam sebulan sekali.


Baca juga, Terbaru! 10 Kamar Mandi Modern yang Bisa Anda Tiru


8. Jangan lupa untuk mencuci keset kamar mandi secara teratur

Apartment Therapy


Jika Anda memiliki keset di dalam kamar mandi, jangan lupa untuk mencucinya secara teratur dan menggantinya dengan yang baru. Karena jika basah dan dibiarkan, lama-lama bisa memunculkan jamur dari keset lembab tersebut.


9. Cepat ganti ubin kamar mandi yang retak


CASA Indonesia


Air dan kelembaban udara menjadi dua hal yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur di kamar mandi Anda. Oleh karena itu, jika Anda melihat salah satu lantai ubin yang retak, segeralah ganti untuk meminimalisir adanya pertumbuhan jamur di belakang ubin atau kayu yang membusuk di kamar mandi.


Baca juga, 8 Tips dan Ide Dinding Kamar Mandi Minimalis


10. Sampaikan tips ini kepada seluruh anggota keluarga Anda


Apartment Therapy


Jangan lupakan hal ini, tentunya kerja sama antara anggota keluarga di rumah adalah poin yang sangat penting. Anda hari menyampaikan tips ini kepada seluruh anggota agar terus bisa menjaga kamar mandi Anda dari jamur untuk waktu yang lama.



Sumber teaser: Hey! Cheese ( @heycheese.tw ) / Desainer Interior: Nestspace Design ( @nestspacedesign)