Akhir Maret 2020, kabar prihatin datang dari pencipta komik legendaris Asterix dan Obelix. Albert Uderzo selaku salah satu penggagas cerita yang turut dikenal dengan nama The Adventure of Asterix ini dikabarkan telah menutup usia akibat serangan jantung.


Menghormati beliau sekaligus mendukung tenaga kesehatan di Perancis, istri serta anak dari komikus yang merilis kisah Asterix sejak tahun 1959 ini memutuskan untuk melelangkan gambar asli komik Asterix yang diciptakan oleh Albert Uderzo.




Gambar Asli Asterix dan Obelix, Capai Nilai 7 Milliar! 1

Cuplikan komik Asterix dan Obelix / Archyde


Didukung oleh rumah lelang Artcurial, empat gambar asli yang dilelang ini meraih nilai mencapai 390.000 euro atau hampir mencapai nilai 7 miliar rupiah.

Karya ikonis berlatar belakang era Julius Caesar ini merupakan karya yang diciptakan Albert Uderzo bersama temannya Rene Goscinny yang telah meninggal dunia pada tahun 1977. 




Gambar Asli Asterix dan Obelix, Capai Nilai 7 Milliar! 2

Lebih dari 380 juta komik Asterix tersebar di dunia dalam 111 bahasa / Archyde


Hasil lelang yang didonasikan untuk rumah sakit di Perancis ini berasal dari serangkaian gambar yang turut menampilkan karya terbaru seperti Asterix and the Secret Weapon serta Asterix and Obelix All at Sea.


Foto teaser: Albert Uderzo / Letterpress Project