Siapa sih yang pernah memprediksi bahwa akan ada virus corona yang memaksa penduduk dunia bekerja dari rumah? Kita semua tidak ada yang tahu bahwa akan terjadi situasi yang mengharuskan kita untuk bekerja dengan kondisi yang berbeda ini dan disinilah Anda, dengan banyak pekerja yang tidak siap mencari cara bekerja dari rumah yang akronim populernya WFH ( “Work From Home” ).


Meskipun tidak ada dari kita yang mengharapkan lingkungan kerja baru ini terjadi begitu cepat, mengapa tidak mengatur kantor rumah Anda sehingga Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien. Banyak sekali keuntungan yang didapat dengan bekerja dari rumah tentunya, beberapa contohnya merupakan: mengurangi waktu tempuh perjalanan, menghemat bensin kendaraan dan tenaga, kenyamanan bekerja dengan suasana rumah sendiri yang hangat, dan terkadang dapat mengenakan pakaian sehari-hari.





Percayakah Anda bahwa lingkungan yang nyaman akan sangat berpengaruh terhadap kinerja kerja Anda? Berikut 6 tips dari CASA Indonesia untuk membantu Anda dalam meningkatkan produktivitas pekerjaan Anda di Home Office Anda sekaligus menciptakan suasana yang nyaman dan tidak tertekan.


1. Personalisasi dan Percantik Area Kerja Anda


6 Tips Menambah Produktivitas Pada Home Office CASA Indonesia

Commissioned By You


Bagian terbaik dari bekerja di rumah adalah anda dapat mempersonalisasikan tampilan dan nuansa pada kantor rumahan Anda sendiri. Personalisasikan area kerja dengan style dan desain yang sesuai dengan ruangan Anda.

Anda dapat menambahkan foto-foto, karya favorit Anda, dan barang-barang yang menginspirasi Anda. Sertakan sentuhan pribadi saat menghias area kerja Anda untuk menambah kesan nyaman, seperti foto-foto pribadi atau keluarga, barang-barang kesukaan Anda.

Dengan begitu, setelah Anda telah mempersonalisasikan tampilan ruang kerja Anda, Anda akan merasakan sebuah suasana yang baru, yang mendukung Anda untuk lebih nyaman dan produktif. Suasana hati senang saat bekerja akan menambah produktifitas dan mempercepat kinerja Anda dalam ruangan tersebut.


2. Kursi dan Meja yang Nyaman


6 Tips Menambah Produktivitas Pada Home Office CASA Indonesia

CASA Indonesia


Jika pekerjaan Anda mengharuskan duduk di depan meja kerja di sepanjang hari kerja Anda, pastikan Anda memiliki kursi dan meja yang tepat untuk menunjang aktivitas dan kenyamanan pekerjaan Anda.


6 Tips Menambah Produktivitas Pada Home Office CASA Indonesia

Dimensions


Carilah setelan kursi dan meja yang menopang punggung Anda dan mendorong postur tubuh yang baik. Kursi yang dapat menunjang aktivitas dan kenyamanan Anda, adalah kursi dengan fitur antara lain: dudukan dengan lengan yang dapat menopang tangan anda dengan nyaman dan kokoh, sandaran punggung yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan postur tubuh pengguna kursi, serta roller atau roda yang terletak pada kaki kursi yang dapat berputar 360 derajat sehingga Anda dapat menjangkau sesuatu dengan mudah dan leluasa tanpa harus berdiri dari kursi.


3. Ruang Gerak yang Cukup


6 Tips Menambah Produktivitas Pada Home Office CASA Indonesia

Commissioned By You


Pastikan Anda memberikan ruang yang cukup untuk bekerja dengan nyaman. Mungkin ini tampak tidak perlu terlalu dipikirkan, namun sebenarnya bekerja akan lebih efektif jika Anda dapat dengan mudah bergerak dari sisi satu ke sisi lain.

Sebagai pekerja, ruang gerak yang cukup juga sangat harus diperhatikan, karena ruang gerak sangat mempengaruhi keefektivitasan kerja Anda. Tidak hanya itu, ruang gerak yang memadai akan dapat mempengaruhi suasana hati Anda saat bekerja, suasana hati Anda akan dapat menjadi lebih lega dan tidak cepat stress akibat ruangan yang sempit dan tidak teratur.


Baca juga, Masih Work From Home? Ayo Refresh Area Bekerja Anda!


Sementara itu, mempunyai ruang dengan ruang gerak yang cukup luas akan membantu Anda untuk lebih cepat mencari barang-barang yang Anda butuhkan. Barang-barang Anda akan mendapat tempat yang lebih besar dan tidak tumpuk-menumpuk, yang hanya akan menghabiskan waktu Anda mencari barang-barang yang hilang.




4. Atur Kualitas Pencahayaan


6 Tips Menambah Produktivitas Pada Home Office CASA Indonesia

Studio Jencquel


Pencahayaan yang baik sangat penting untuk ruang kantor, serta ruang pada rumah manapun. Jika memungkinkan, posisikan meja kerja Anda menghadap ke jendela dan pastikan mendapat cahaya matahari yang cukup. Cahaya alami dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan kualitas kerja. Tirai jendela tembus pandang dapat mengurangi silau tanpa menggelapkan ruangan Anda.

Anda juga dapat meningkatkan cahaya alami dengan menyertakan cermin dan dengan mengecat sebagian dinding Anda dengan warna terang, contoh warna terang seperti : putih, kuning muda, coklat muda, merah muda, dan sejenisnya. Selain itu saat Anda bekerja dengan laptop atau komputer Anda, cahaya yang cukup lebih memberi kenyamanan terhadap mata Anda, sehingga tidak mudah lelah, serta sakit kepala sehingga dapat bekerja dalam jangka waktu yang lebih lama.

Ruangan yang tidak cukup mendapat pencahayaan alami membuat ruangan terasa lebih pengap dan kurang terjaga kelembabannya yang akan mengakibatkan pengaruh buruk terhadap suasana hati saat bekerja dan kesehatan tubuh saat bekerja dalam jangka waktu yang panjang.


5. Tambahkan Tanaman Hijau


6 Tips Menambah Produktivitas Pada Home Office CASA Indonesia


Tambahkan beberapa dekoratif tanaman hidup atau tanaman hijau untuk menyejukkan lingkungan Anda dan memberi manfaat pada kesehatan tubuh Anda. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan menambahkan tanaman dalam ruangan dapat membersihkan udara pada ruang yang dapat dilakukan dengan menyerap racun-racun yang terkandung dalam udara dalam ruangan yang tertutup, dapat meningkatkan kelembaban pada ruangan, dan menghasilkan oksigen.

Tanaman juga akan membantu untuk meningkatkan produktivitas kinerja kerja Anda, konsentrasi, dan kreativitas pada pekerjaan Anda. Pemberian beberapa aksen penghijauan pada ruangan Anda juga terbukti membantu mengurangi stres, keletihan dan kelelahan.


Baca juga, Ini 9 Ide Menata Ulang Ruang Kerja di Rumah


Dekorasi tanaman hijau juga dapat menciptakan suasana ruang yang lebih cerah dan hidup sehingga mengurangi kejenuhan saat bekerja. Estetika pada ruang juga dapat dikembangkan dengan menambahkan sejumlah dekorasi tanaman hijau dengan bentuk-bentuk yang unik dan beraneka ragam.


6. Tambahkan Papan Inspirasi pada Dinding yang Kosong


6 Tips Menambah Produktivitas Pada Home Office CASA Indonesia

Monika Hibbs


Untuk Anda yang bekerja pada industri kreatif seperti arsitek, social network management, interior design, dan sebagainya, papan inspirasi pada ruang kerja akan sangat membantu kinerja kerja Anda. Agar ide-ide yang muncul dapat tersalurkan dengan baik, Anda dapat membuat papan inspirasi di tembok kosong pada meja kerja Anda.

Selain membuat pekerjaan Anda lebih maksimal, papan inspirasi juga dapat menambah estetika pada ruangan Anda. Di sisi lain, Anda juga dapat membuat catatan kecil atau ide-ide yang terpikirkan dan mencatatnya di papan tersebut.

Selain tips untuk menjadi produktif pada saat Work From Home, jangan lupa untuk selalu meluangkan waktu sejenak untuk beristirahat dan menenangkan diri Anda. Memberi jeda sejenak saat bekerja akan membuat Anda tidak merasa terlalu tertekan, dan lebih rileks. Hal-hal yang terlalu dipaksakan akan membuat Anda semakin tidak produktif dalam mengerjakan pekerjaan Anda.

Nah, itulah beberapa tips dari kami untuk membantu meningkatkan produktivitas pada ruang kerja yang dapat Anda terapkan. Semoga bermanfaat!


Sumber teaser: Table Bed
Teks oleh: Celine Puguh (Mahasiswi Jurusan Desain Interior, Universitas Kristen Petra)