Tak terasa sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menyambut datangnya Hari Kemenangan atau Hari Raya Idul Fitri. Meskipun tahun ini kita masih harus di rumah saja akibat pandemi Covid-19, bukan kita tidak bisa merayakan Hari Kemenangan. Anda bisa menghias rumah dengan beberapa dekorasi lebaran yang akan membuat suasana lebaran semakin terasa dan hangat. Berikut ini beberapa ide dekorasi lebaran sederhana yang bisa Anda aplikasikan di rumah. Apa saja? Simak!


Percantik Rumah Dengan Hiasan Bunga

Dekorasi Lebaran

(Photo by Nicenicenice (@nicenicenice) / Instagram)

Tanaman hias seperti bunga adalah salah satu dekorasi lebaran sederhana yang bisa kamu aplikasikan di rumah. Anda bisa meletakkan bunga di dalam vas yang diletakkan berbagai sudut ruangan. Tak hanya menambahkan keindahan, tanaman hias bunga juga bisa memberi suasana rumah yang tenang dan asri. 

Dekorasi Menggunakan Kaligrafi 

Dekorasi Lebaran

(Amazon.com)

Untuk mempercantik tampilan dinding rumah yang polos, Anda bisa memajang kaligrafi arab. Selain kaligrafi arab, Anda juga bisa memajang poster bertema islami untuk memperkuat suasana hangat lebaran. 

Sekarang ini sudah banyak toko atau online shop yang menjual pajangan kaligrafi atau poster islami. Tetapi, jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli pajangan, Anda bisa print sendiri gambar yang diinginkan, lalu pasang bingkai. Tak usah khawatir, meskipun simpel tetapi kehangatan Idul Fitri akan tetap terasa. 

Toples Kue Cantik

Dekorasi lebaran

(Container Store)

Setuju pastinya, jika lebaran terasa kurang lengkap tanpa adanya kue-kue khas yang tersusun rapi di dalam toples. Alih-alih menaruhnya di toples biasa, Anda bisa menaruh kue-kue khas lebaran di toples-toples cantik. Nah, selain berfungsi sebagai tempat kue, toples-toples cantik ini juga bisa berfungsi sebagai dekorasi lebaran sederhana. Anda juga bisa memilih warna toples yang senada, atau pilih toples kue berbagai ukuran dalam satu model lalu susun sedemikian rupa agar tampak harmonis dan dapat mempermanis ruangan.

Ornamen Bertema Idul Fitri

Dekorasi Lebaran

(Days of Eid)

Jika Anda ingin dekorasi lebaran yang tidak terlalu berlebihan, Anda cukup menempelkan hiasan ornamen bertema idul fitri seperti ornamen ketupat atau banner flag bertuliskan “Selamat Idul Fitri” di salah satu dinding ruangan. Selain itu, untuk memperkuat suasana hangat lebaran Anda juga bisa memasang door wreath di pintu masuk rumah. 


Tip: Anda bisa menggunakan kembali dekorasi lebaran seperti ornamen ketupat atau banner flag ini pada Hari Raya Idul Fitri tahun berikutnya. Jadi lebih hemat, bukan?

Hiasi Rumah Dengan Lentera Ramadan

Dekorasi Lebaran

(Days of Eid)

Jika Anda ingin menciptakan kesan nuansa lebaran yang kuat pada rumah, Anda bisa mempertimbangkan aplikasi dekorasi lentera Ramadan. Lampu hias ini sangat cocok dijadikan dekorasi rumah dan penerang ruangan. Bisa tempatkan lentera Ramadan di meja tamu dan meja makan, atau gantungkan di langit-langit rumah. Namun pastikan penempatan lentera Ramadan tidak berdekatan dengan bahan-bahan yang mudah terbakar. 

Bantal Sofa atau Cushion Bertema Lebaran

dekorasi lebaran

(I Want One of Those)

Agar suasana lebaran, meskipun di rumah saja tetap terasa, letakkan bantal sofa atau cushion bertema lebaran, bisa motif yang identik dengan lebaran atau bertulisan “Selamat Idul Fitri.” Susunlah cushion agar tampak rapi, cozy, dan lebih estetik. Meskipun sederhana, tetapi dekorasi lebaran ini bisa mengubah nuansa rumah seketika. 


(Teaser : Photo by Nicenicenice (@nicenicenice) / Instagram)