Apakah Anda pecinta warna biru? Seperti banyak yang diketahui, warna biru secara psikologis mampu memberikan suasana yang menenangkan. Contoh paling mudah adalah rasa stres akan hilang saat Anda melihat ke langit biru atau lautan. Sistem ini bisa diaplikasikan di rumah, terutama bagi kita yang sekarang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja saat pandemi.


Jika Anda khawatir menggunakan warna biru terlalu besar di dinding karena merasa terlalu mencolok, Anda bisa mengaplikasikan warna biru pada furnitur atau aksesori interior saja agar dapat membuat ruangan terasa relaks. Warna biru sekecil apapun dapat memberikan efek yang baik.





8 Desain Ruangan Warna Biru yang Bikin Hilang Stres

Fotografer: nicenicenice (@nicenicenice)


Semakin banyak warna biru juga belum tentu akan memberikan kesan nyaman lho. Jadi sesuaikan juga ukuran ruangan Anda, contohnya Anda bisa mengaplikasikan di satu dinding ruang tamu atau menggunakan selimut warna biru di kamar tidur atau warna kitchen set. Warna biru pun memiliki banyak tipe dan turunannya. Gunakan warna biru yang muda untuk suasana yang lebih lembut.


Lihat sketsa di bawah ini sebagai panduan desain ruangan kombinasi warna biru di rumah. Hanya beberapa elemen desain yang menggunakan warna bold sebagai aksentuasi. Cara desain seperti ini bisa membuat rumah terasa lebih hidup dan dinamis.

8 Desain Ruangan Warna Biru yang Bikin Hilang Stres

Galla House ciptaan CAVAA Arquitectes / Filippo Poli


Sebelum menentukan warna biru apa yang akan Anda gunakan, mari lihat dulu 8 inspirasi interior rumah bernuansa biru yang bisa jadi inspirasi Anda. Inspirasinya telah dipilih berdasarkan ruangan, seperti dapur, kamar mandi, ruang keluarga, kamar tidur, dan ruangan lainnya. 


1. Semangat memasak dengan suasana segar

Sudah ingin punya dapur yang terkesan luas namun area rumah terbatas? Ada triknya, lho! Memanfaatkan bukaan dapat dijadikan sebagai solusi untuk menciptakan kesan luas pada ruangan. Adanya cahaya alami, penggunaan warna pastel dan dapur yang terintegrasi dengan area luar membuat dapur ini terkesan luas dan homey.


8 Desain Ruangan Warna Biru yang Bikin Hilang Stres

Fotografer: Joana Franca (@joanafranca) / Desainer Interior: Clarice Semerene (@claricesemerene)


Trik menciptakan kesan homey pada dapur yang mengadaptasi konsep modern beserta sentuhan tampilan industrial adalah dengan menerapkan lantai bermotif berukuran kecil. Tak hanya itu saja, tile seperti ini sekaligus berperan sebagai penanda zonasi antara dapur dan ruangan yang lain tanpa harus membuat partisi khusus.

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan lantai bermotif seperti ini saat merancang atau merenovasi dapur nantinya? Kalau punya dapur begini, rasanya jadi semangat masak, ya!


8 Desain Ruangan Warna Biru yang Bikin Hilang Stres


2. Mari tenggelam dalam suasana tenang bersama buku dan biru

Desain ruangan kombinasi warna biru dan putih adalah perpaduan yang paling enak dipandang. Living room kerap kali menjadi tempat untuk berkumpul bersama keluarga sehingga rasa personal terkadang hilang dan membuat ruangan tidak digunakan semaksimal mungkin.


8 Desain Ruangan Warna Biru yang Bikin Hilang Stres

Emily Henderson (@em_henderson)


Menambahkan area duduk tambahan seperti ini pada ruang keluarga dapat berperan sebagai personal space untuk Anda diakhir hari. Hadirkan juga kumpulan bantal agar seating area tersebut dapat terasa nyaman dan rileks sembari menikmati secangkir teh dan membaca buku.


3. Transformasi kamar mandi yang menakjubkan dan mudah

Apakah sudah bosan dengan desain kamar mandi Anda? Renovasi kamar mandi terbilang membutuhkan budget besar dan waktu yang lama, maka dari itu tentukan desain yang tepat agar hasilnya maksimal dan memuaskan. Temukan inspirasi dan tranformasi renovasi kamar mandi di @casaindonesia. Slide ke kiri dan kanan untuk lihat perubahan before & after. 



Keramik dinding kamar mandi harus 1 warna dan semotif? Tentu tidak! Anda dapat mengeksplorasi peletakan keramik untuk menciptakan kesan yang unik. Semisal, keramik persegi panjang pada dinding bisa dipasang dengan pola chevron. Gunakan tone warna yang masih beririsan jika Anda tidak mau kamar mandi terlalu ramai.


8 Desain Ruangan Warna Biru yang Bikin Hilang Stres



Fotografer: Colin Price (@colinprice) / Desain Interior: Banner Day Interiors (@bannerdayinteriors)


4. Desain meja kerja efisien yang tersembunyi

Mungkin Anda tipe orang yang tidak suka melihat barang berantakan. Ini bisa menjadi inspirasi desain ruang kerja yang rapi dan bisa disimpan setelah selesai digunakan. Kamuflase ruang berupa penggunaan pintu lipat bisa jadi ide menarik bagi yang ingin menghemat ruang serta kesan rapi di rumahnya.


8 Desain Ruangan Warna Biru yang Bikin Hilang Stres


Anda bisa menaruh rak untuk menaruh barang sekaligus meja sederhana untuk digunakan saat kerja. Lalu, area ini bisa Anda tutupi menggunakan pintu lipat yang terbentang dari lantai hingga ceiling interior. Sehingga ruang terlihat rapi dan lapang saat selesai bekerja. Lihat sistem pengoperasian pintu di ketiga foto ini sebagai panduan Anda.


8 Desain Ruangan Warna Biru yang Bikin Hilang Stres

8 Desain Ruangan Warna Biru yang Bikin Hilang Stres

Fotografer: Evelyn Müller ( @evelynmullerfotos ) / Desainer Interior: Marina Carvalho Arquitetura ( @marina.carvalho.arquiteta )


Baca juga, Bikin Happy! 12 Warna Cat yang Tepat Berdasarkan Zodiak


5. Sentuhan manis di dinding dan lantai

Apakah Anda sedang pusing mencari inspirasi home decor karena banyak ide yang terlalu sulit untuk diaplikasikan di rumah Anda? Berikan ruang keluarga Anda karpet dan lukisan dengan warna yang serasi untuk menciptakan tampilan ruang yang harmonis dengan mudah. Berikan sentuhan warna biru sesuai dengan tema tips desain kali ini. 


8 Desain Ruangan Warna Biru yang Bikin Hilang Stres


Tips dari CASA Indonesia: Jika Anda sudah memiliki furnitur seperti sofa dan coffee table terlebih dahulu, lalu Anda rencana ingin membeli karpet dan lukisan, pastikan foto dulu rumah Anda sebelum pergi ke toko tujuan. Pastikan warnanya senada atau justru jangan sampai semuanya "teriak" atau dalam arti mencolok seperti lampu disko. Cocokan dan jangan terburu-buru membeli. Take your time.


6. Zoom background baru yang asli dan elegan

Pernah terpikirkan untuk ganti suasana baru karena sering menggunakan ruang keluarga sebagai tempat bekerja? Terutama bagi Anda yang sering zoom meeting, tentu ingin latar belakangnya terlihat nyata dan menarik. 


8 Desain Ruangan Warna Biru yang Bikin Hilang Stres

Lucinda Mitra (@nest_twenty_eight)


Agar virtual meetingnya terlihat seru, coba ramaikan suasana dengan mengganti warna dinding. Ruang tamu berwarna biru memiliki efek menenangkan dan stabil di rumah. Warna gelap juga cocok jadi latar belakang monitor komputer atau TV karena dapat meminimalisir gangguan visual dari layar gadget.


Baca juga, 6 Tips Mudah Memilih Variasi Cat Warna Putih Pada Rumah


7. Primadona dan aksen ruangan

Warna biru bisa juga Anda aplikasikan di furnitur. Pelajari dahulu skala ruang serta dimensi furnitur yang dibutuhkan sebelum membeli sofa untuk di rumah. Jika memiliki ruang tamu yang kecil, sebaiknya memilih sofa berukuran antara 183 - 200 sentimeter dengan menyisakan ruang sekitar 45 sentimeter pada sisi kiri dan kanan perabot. Selain itu, pastikan pula posisi sofa agar tidak menghalangi pintu masuk maupun alur jalan yang sering dilalui penghuni rumah.


8 Desain Ruangan Warna Biru yang Bikin Hilang Stres

Nestudio (@nestudio_com)


8. Tidur dengan nyenyak

Biru selalu dipercayai sebagai warna yang tenang karena merepresentasikan langit atau laut. Warna biru hampir selalu berhasil untuk sebuah kamar tidur. Warna biru bisa dikombinasikan dengan warna putih, cokelat, bahkan soft green. Berikan pencahayaan yang terang agar kamar tidur Anda terasa lapang. Pilih bed linen dengan warna senada untuk menambah kesan mewah.


8 Desain Ruangan Warna Biru yang Bikin Hilang Stres

mariakillam.com