Yogyakarta merupakan salah satu destinasi vakansi terbaik di Indonesia. Seiring pergeseran zaman, destinasi wisata di Yogyakarta kini lebih meluas pada hal-hal yang sifatnya anti mainstream. Wisatawan kini tidak melulu harus berkutat di Jalan Malioboro atau memutari beringin kembar di alun-alun keraton.

Tujuan wisata seperti hidden beach di Pantai Wedi Ombo, wisata Museum Ullen Sentalu, atau menjelajah di pasir letusan Merapi adalah kegiatan wisata yang kini sedang naik daun. Tak terkecuali, kawasan di Jalan Prawirotaman.

Terkenal sebagai Kampung Batik, jalanan ini memiliki daya tarik turistik yang kuat, tercipta dari banyak bangunan dengan desain yang kekinian baik kafe, restoran, maupun penginapan.




Bila Anda berkesempatan untuk mudik ke Yogyakarta atau sekadar pelesir mengisi waktu liburan, CASA Indonesia memberi tips tujuan saat bertandang ke Jalan Prawirotaman.


1. Greenhost Boutique Hotel

Penginapan yang dirancang oleh arsitek Paulus Mintarga ini memiliki konsep yang moderen, bangunan dengan penghijauan dan dipenuhi oleh ruang terbuka. Paduan hijau dan tembok berwarna abu-abu serta kolam renang panjang di tengah-tengah bangunan menjadi daya tarik untuk orang-orang yang ingin mengabadikannya di media sosial.


2. Just Playon

Berada di Jalan Prawirotaman No. 3, kafe yang juga berfungsi sebagai workspace ini memiliki konsep playground yang cukup luas dan terbuka. Dengan pepohonan rindang di sekitarnya, suasana di Justplayon ini terasa sejuk hingga membuat para pengunjung betah untuk larut dalam aktivitasnya.


Baca juga: 10+ Kafe Jogja yang Nyaman dan Instagrammable


3. Adhisthana Hotel

Untuk alternatif menginap lainnya, Adhisthana Hotel memaparkan konsepnya yang klasik dengan modern twist dari luar. Saat memasuki area dalam hotel, Anda akan merasa berada di salah satu bangunan mewah kuno di Yogyakarta.




4. Lawas 613

Letaknya yang masih dalam satu area dengan Adhisthana Hotel, menjadikan restoran yang berkonsep compact ini memiliki desain yang selaras. Restoran dengan nuansa Jawa klasik yang dipadu dengan ornamen-ornamen masa kini juga menyajikan banyak varian hidangan khas Indonesia maupun western.


Baca juga: Refresh! 12 Destinasi Wisata Pantai Eksotis di Jogja


5. Il Tempo Del Gelato


Terletak di ujung Jalan Prawirotaman, kedai es krim khas Italia ini memiliki desain bangunan yang menarik. Tembok yang dibentuk menyerupai susunan bata dan jendela yang besar membuat tempat ini terkesan megah dan tentu saja, cita rasa es krim otentik yang menggugah selera!




Foto: dok. Greenhost Boutique Hotel, Just Playon, Adhisthana Hotel, Lawas 613, Il Tempo Del Gelato