Menghabiskan waktu bersama keluarga di Jakarta saat Lebaran adalah momen yang sangat menyenangkan, karena berbagai tempat bisa diakses dengan cepat. Katakan selamat tinggal kemacetan berjam-jam. Namun apakah mall menjadi pilihan pertama dan terakhir selama liburan ini?


Bagi Anda yang memutuskan untuk menetap di Jakarta saat Hari Raya Lebaran, karena tidak mudik atau memang tidak ada rencana keluar kota atau keluar negeri, ini adalah kesempatan Anda sekeluarga untuk mencoba tempat baru. 


Liburan Lebaran ini juga menyambung dengan liburan anak sekolah, jadi pastikan Anda merencanakan liburan dengan baik dan menyenangkan bagi seluruh keluarga.


Simak beberapa rekomendasi tempat wisata di Jakarta dan sekitarnya saat liburan Lebaran versi CASA Indonesia:


1. Faunaland, Ancol

Ancol terkenal dengan Sea World dan Dunia Fantasi (Duran), namun ada wahana lain yang tidak kalah serunya. Kenalkan sang buah hati dengan alam yang segar dan binatang-binatang secara langsung di Faunaland.


Dengan harga tiket Rp 85.000 (khusus untuk tanggal 11-24 Juni 2018), kebun binatang ini memadukan flora dan fauna dari benua Asia dan Australia. Dekorasi totem di kebun binatang ini merupakan hasil pengrajin Asmat serta nuansa Papua yang terasa kental pada arsitektur Faunaland.



Faunaland dibuka Senin - Jumat (09:30 – 17.30) dan Sabtu, Minggu, Hari libur (08:00 – 17.30). Tahukah Anda, area Reptopia di Singapore Zoo? Area itu adalah bentuk kerjasama Singapore Zoo dengan Faunaland. Kita harus bangga akan satwa lokal karena negara Singapura saja membawa ke negaranya.  



2. Houbii Urban Adventure Park, Pondok Indah

Olahraga sambil bermain bisa menjadi aktivitas yang sangat seru, apalagi bersama banyak orang. Houbii adalah tempat bagi orang dewasa dan anak-anak bisa melompat, memanjat, dan meluncur sesuka hati tanpa batasan.


Di atas area seluas 3.000 meter persegi yang mampu menampung 500 orang, Houbii memiliki dua belas atraksi, seperti trampolin, wall climbing, air bag hingga slider besar. Harga tiket Rp 225.000 untuk dua jam.


Jam operasional Houbii adalah Senin, Rabu, Kamis, Jumat (10:00 – 21:00), Selasa (14:00 – 21:00), dan Sabtu, Minggu, Hari libur (08:00 – 21:00). Untuk hari Lebaran pertama dan kedua, Houbii buka dengan jam khusus, silahkan hubungi langsung untuk informasi lebih lanjut.


3. Scientia Square Park, Gading Serpong

Jika Anda memiliki keluarga dengan ragam usia, taman ini cocok dijadikan destinasi berlibur bersama.

Scientia Square Park memiliki fasilitas beragam, mulai dari kids playground, skate dan rollerblade park, lapangan futsal, outdoor amphitheater, remote controlled car track, air mancur, peternakan, dan masih banyak lagi.



Taman ini dibuka setiap hari mulai dari jam 06:00 – 21:00. Khusus weekend, taman ini buka hingga pukul 23:00. Terdapat shuttle bus dari Summarecon Digital Centre ke Summarecon Mal Serpong setiap 15 menit. Harga tiket masuk Scientia Square Park dimulai dari Rp 25.000.


4. Playparq, Kemang

Didedikasikan bagi anak berumur satu hingga dua belas tahun, Playparq Kemang menghadirkan beragam atraksi seru di indoor dan outdoor. Tempat bermain ini menyediakan delapan permainan, yaitu Flying Fox, Super Sliding, Big Trampoline, Kora Duck dan masih banyak lagi.

Keseruan lainnya adalah Rumah Pohon yang jarang ada di Indonesia, terutama Jakarta. Bagi para orang tua, bisa menghabiskan waktu sembari menunggu di Prefere72 Café & Lounge yang memiliki ragam hidangan lezat. 


Playparq Kemang dibuka hari Senin-Minggu (10:00-18:00) dan Selasa (14:00-18:00). Harga tiketnya beragam tergantung hari kunjungan, namun harga dimulai dari Rp 35.000. Ada promo menarik setiap hari Kamis karena Buy 1 Get 1. Playparq juga tersedia di Bintaro.


5. Waterbom Jakarta, Pantai Indah Kapuk 

Berenang di tengah-tengah cuaca Jakarta yang panas adalah ide cemerlang. Waterbom Jakarta memiliki luas area sebesar 38.000 meter persegi, jadi Anda sekeluarga dijamin akan puas berenang dan bermain seharian dari pukul 08:00-19:00.




Harga tiket Waterbom Jakarta senilai Rp 220.000 per anak dan Rp 280.000 per orang dewasa dan sudah termasuk semua wahana air, ban, dan jaket pelampung anak.




Berbagai wahana air di tempat ini memiliki jadwal operasional yang berbeda-beda, jadi pastikan Anda cek jadwalnya sebelum bermain. Wahananya antara lain wave pool, twizted zone, kiddy zone, extreme zone, bomblazter, dan hairpine zone.


6. Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk

Usai berenang, Taman Wisata Alam Mangrove bisa menjadi destinasi wisata alam yang menyejukan. Tempat ini juga menyediakan tempat penginapan yang dibuka untuk umum dalam rupa rumah tenda atau camping ground.




Tempat wisata ini memiliki luas lahan sebesar 99,82 hektare dan 40 persennya digunakan untuk konservasi hutan bakau yang alami.

Selain menggunakan kano dan sepeda air, Anda bisa menyewa perahu untuk menjelajahi perairan di sekitar seharga Rp 250.000 berkapasitas enam orang.




Selain menikmati hutan yang asri, tempat ini menyediakan short course untuk belajar menanam mangrove. Tiket masuk turis lokal seharga Rp 25.000 per orang dan bisa dinikmati dari pukul 08:00 – 18:00. 


7. Museum Macan, Kebun Jeruk

Pameran Yayoi Kusama dari Jepang di Museum Macan masih menjadi trending topics. Anda pasti akan mudah mengenalinya dari posting di Instagram yang dipenuhi dengan polkadot kuning hitam.


Selain menikmati pameran legendaris yang berlangsung hingga 9 September 2018, Museum Macan juga memiliki area menarik bagi keluarga yaitu Floating Garden. Ingatkah Anda, saat kecil senang mencetak koin di atas kertas menggunakan pensil?


Ruang seni anak yang bekerja sama dengan Entang Wiharso ini mengundang nostalgia bagi orang dewasa serta mengajarkan cara bermain tersebut kepada anak-anak.


Entang Wiharso menghadirkan lempengan-lempengan besar dengan ragam bentuk yang edukatif. Museum dibuka setiap hari Selasa hingga Kamis pada pukul 10.00 – 20.00.


8. Museum Nasional, Merdeka Barat

Museum sering kali dianggap membosankan, namun Museum Nasional menjadi wahana belajar yang baik dan cepat untuk anak-anak dengan tampilan yang menarik.

Jika Anda kunjungi website Museum Nasional, Anda bisa mengeksplorasi museum ini secara langsung menggunakan Virtual Tour.


Museum Nasional adalah salah satu museum ternama di Jakarta dengan koleksi sebanyak 160.000 untuk benda-benda bernilai sejarah yang terdiri dari 7 jenis koleksi Prasejarah, Arkeologi masa Klasik atau Hindu – Budha; Numismatik dan Heraldik; Keramik; Etnografi, Geografi dan Sejarah.


Dalam pelaksanaan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri tahun 2018, pelayanan kunjungan di Museum Nasional hanya akan libur pada tanggal 15 dan 16 Juni 2018.


9. Bricks4Kidz, Kemang

Lego tak hanya dipakai untuk bermain, namun juga bisa mengajarkan anak-anak untuk bersosialisasi dengan teman sambil belajar dasar-dasar teknik dan arsitektur yang seru.




Bricks4Kidz di Kemang menyediakan beberapa program untuk setiap kategori umur, misalnya Preschool Classes untuk umur 3-4 tahun, After School Programs untuk umur 5-13 tahun, Holiday Camps dan Night Out untuk umur 5-12 tahun, serta paket ulang tahun.




Bricks4Kidz akan tutup pada tanggal 14-19 Juni 2018, sehingga Anda bisa menikmatinya saat liburan sekolah pada pukul 09:00-17:00. 


10. Trampoline!: Bounce Street Asia, Artha Gading

Tahukah Anda, melompat di atas trampolin selama 10 menit, setara dengan olahraga treadmill selama 30 menit? Kerahkan semua semangat dan melompat ke kolam foam dengan bebas.


Bounce Street di Artha Gading banyak dijadikan destinasi bermain bagi anak kecil, anak remaja, hingga orang tua. Tak jarang juga, tempat ini dipakai sebagai acara ulang tahun dan pesta-pesta seru lainnya.


Terdapat sebelas arena seru yang didesain dengan strandar internasional di Bounce Street Asia, di antaranya main court, kids court, aero, basketball, airbag, wallrunner, wallclimbing, batllebim, foampit, spidertower, dan dodgeball. 


11. Peak to Peak Indoor Climbing, Serpong

Masih dalam kategori olahraga, Peak to Peak Indoor Climbing akan melatih konsentrasi dan daya juang Anda. Bagi Anda yang belum pernah mencoba, tempat ini juga cocok untuk pemula dan akan dibimbing dengan pakarnya.


Setelah usai mengusai wall climbing, tempat ini juga menyediakan kamar mandi yang bersih. Harga Peak to Peak Indoor Climbing adalah Rp 95.000 dan beroperasi dari pukul 10:00-19:00. 



TETAP INGIN KE MALL tapi bukan hanya sekadar jalan-jalan? Ada pilihannya!


Liburan kali ini cukup panjang karena bersamaan dengan liburan sekolah. Jika destinasi di atas telah Anda cobai semua, maka pergi ke mall juga tidak ada salahnya.

Ada beberapa mall besar di Jakarta yang menghadirkan wahana seru sekaligus edukatif buat keluarga, seperti:


1. Lego Bricklive, PIK Avenue

Seminggu ini adalah kesempatan terakhir Anda dan buah hati untuk bermain Lego Bricklive di PIK Avenue. Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang mengadakan acara ini dan berlangsung dari tanggal 7-17 Juni 2018.


Bricklive memiliki promo keluarga seharga Rp 550.000 untuk 4 tiket dan berlaku kelipatan maksimal pembelian 12 tiket per transaksi.


Dengan tagline Built for LEGO Fans, acara menghadirkan enam zona, salah satunya map build yaitu peta raksasa Indonesia yang seluruhnya terbuat dari Lego.


2. Jakarta Aquarium dan Pingoo Restaurant, Neo Soho, Slipi

Dipersembahkan oleh Taman Safari Indonesia dan bekerja sama dengan Aquaria KLCC, Malaysia, Jakarta Aquarium di Neo Soho adalah akuarium bertaraf internasional dan baru saja memenangkan penghargaan 2018 Certificate of Excellence dari Tripadvisor.


Selain mempunyai lebih dari 600 spesies, Jakarta Aquarium menghadirkan 5D Sea Explorer dan drama Pearl of The South Sea yang menghadirkan putri duyung. Keanggunan tiga perenang sebagai putri duyung ini menjadi signature menarik yang memorable.


Harga tiket dimulai dari Rp 150.000 dan beroperasi dari pukul 10:00-20:00. Jangan lupa coba menyantap hidangan ala Western di Pinggo Restaurant dengan pemandangan para penguin beraktivitas di balik kaca.



3. Kidzania, Pacific Place, SCBD

Waktu memainkan peran secara nyata dan atraktif bagi buah hati karena ada seratus profesi yang bisa dicoba di Kidzania. Kidzania didedikasikan untuk anak berumur 4-16 tahun, namun ada area khusus bayi di bawah empat tahun.


Setiap pengunjung mendapatkan waktu bermain selama tujuh jam (09.00 – 16.00). Khusus hari Jumat, Sabtu, Minggu akan terbagi dua sesi yaitu 09.00 - 14.00 dan 15.00 – 20.00. Harga tiket dimulai dari Rp 50.000 tergantung usia dan jam kunjungan. 


4. Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Thamrin

Berlokasi di Grand Indonesia West Mall Lantai 8, Galeri Indonesia Kaya diperuntukan untuk segala usia. Berbasis teknologi digital, Galeri Indonesia Kaya menjadi wadah edutainment tentang budaya nusantara yang sangat atraktif.




Anak-anak akan belajar budaya melalui pertunjukan wayang kulit, pakaian dan rumah adat, lagu daerah, dan kuliner dalam berbagai layar touch screen.




Bukan hanya berupa video, tapi semua animasi di layar berbentuk live interaction dan video mapping, seperti bermain congklak, menggunakan pakaian daerah sesuai gender, dan masih banyak lagi.




Galeri Indonesia Kaya dilengkapi dengan auditorium berkapasitas 150 yang menyuguhkan tontonan budaya, mulai dari seni panggung, musik, pemutaran film, diskusi budaya, seminar dan workshop secara gratis.


5. Kidzooona, Kemang Village

Kidzooona adalah indoor playground asal Jepang yang memiliki beberapa lokasi, seperti Lippo Mall Kemang (Kemang Village) Lantai 2, Pluit Village Lantai 4, AEON MALL BSD City Lantai 2,  Lippo Mall Puri Lantai LG, dan sebelas cabang lainnya. 


Kidzooona di Kemang Village, anak-anak bisa bermain di area mandi bola, track mobil mobilan mini, trampolin, belajar menjadi profesi (dokter, pemadam kebakaran, dan chef) dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk dimulai dari Rp 60.000 per anak dalam satu jam (termasuk biaya satu orang dewasa pendamping). 


Selain kids-friendly, tempat ini juga cukup nyaman untuk orang tua, karena disediakan waiting area berupa meja, kursi, serta sofa, loker gratis, area parkir gratis untuk stroller, serta akses ke toilet yang dekat dengan tempat ini. Tempat ini juga bisa dipakai untuk acara ulang tahun.



Dok: Waterbom Jakarta, Jakarta Tourism, Blog Reservasi, Bricks 4 Kidz Indonesia, IndonesiaKaya.com, detikHOT, Tembi Rumah Budaya, Tribunnews.com, Museum Macan