Banyak yang perlu disiapkan saat mengajak keluarga jalan-jalan ke Bandung, seperti itinerary yang jangan terlalu padat agar si kecil tidak kelelahan dan hotel yang kids-friendly.





Siapkan tanggal berlibur Anda dan simak hotel rekomendasi CASA Indonesia. Hotel-hotel ini dipilih oleh CASA Indonesia karena memiliki family room yang luas, playground, swimming pool khusus anak, serta water slide yang akan sangat menghibur sang buah hati.



1. The Trans Luxury, Gatot Subroto

The Trans Luxury Bandung memiliki keunggulan yang tak tertandingi, dari hotel bintang enam pertama di Indonesia hingga akses langsung ke taman bermain indoor terbesar di negara ini, Trans Studio Bandung.


The Trans Luxury, Gatot Subroto


Sesuai dengan lingkungannya yang ramah dan menyenangkan bagi si kecil, hotel ini memiliki Kids Club yang menawarkan puppet show, go-go games, splash war di kolam renang dengan pasir pantai yang halus dari Australia dan air terjun artifisial.


The Trans Luxury, Gatot Subroto


Nikmati keseruan di hotel ini dan taman bermain Trans Studio, mulai dari harga kamar Rp 2 juta per malam.


2. 101 Hotel, Dago

101 Hotel menggunakan konsep desain yang vintage dan eklektik. Anda akan banyak menemukan warna-warna pop dan furnitur yang beragam, namun berpadu dengan menawan.


Salah satu aktivitas menarik bagi anak-anak adalah kolam renang yang terletak persis di sebelah Soda Resto & Bar, sehingga buah hati bisa berenang sembari orang tua makan siang atau menyeduh teh di sore hari. Jika membawa anak, tipe kamar Duplex Suite sangat cocok karena ada loft.


101 Hotel, Dago


101 Hotel Dago dapat dibooking mulai dari harga Rp 600.000 hingga Rp 1.3 juta.


Baca Juga: 8 Airbnb di Bandung Yang Unik dan Nyaman Untuk Keluarga


3. Padma Hotel, Ciumbuleuit

Serupa dengan Padma Hotel di Sanur, hotel di Ciumbuleuit ini juga sangat ramah untuk anak-anak. Hotel ini memiliki swimming pool khusus anak serta children outdoor playground dengan aktivitas-aktivitas menarik dan edukatif.


Tipe kamar Gallery Suite seluas 603 meter persegi bisa dipakai untuk keluarga besar termasuk dua anak, serta menyediakan crib bagi batita. 

Keenam tipe kamar dari Padma Hotel dibuka mulai dari harga Rp 2.3 juta.


4. Aryaduta, Sumatera

Aryaduta Bandung memiliki 254 rooms dan suites dengan konsep hotel yang Indonesia klasik yang berkisar dari harga Rp 600.000. Hotel ini memiliki playground untuk anak-anak, serta kolam renang dan lapangan tenis outdoor.


Dengan lokasi di tengah-tengah kota, Anda bisa jalan-jalan ke factory outlet di kawasan Riau dalam waktu kurang dari 15 menit, serta memiliki akses pribadi ke mall Bandung Indah Plaza. 



5. Grand Tebu Hotel, R.E. Martadinata

Semakin dekat dengan factory outlet di Riau, hotel ini dijamin akan menarik perhatian para anak-anak karena memiliki loft di kamar. Kamar loft di hotel ini menyediakan dua queen size di atas dan bawah, sehingga bisa dipakai untuk satu keluarga dengan 2-3 anak.

Grand Tebu Hotel, R.E. Martadinata


Setiap kamar memiliki jendela besar, sehingga pemandangan gunung pada siang hari dan lampu-lampu kota Bandung saat malam hari akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. 


Grand Tebu Hotel, R.E. Martadinata

Hotel ini berkisar dari harga Rp 780.000 hingga Rp 1.7 juta. Cek untuk ketersediaan kamarnya.


Baca Juga: Lezat dan Cantik, 6 Tempat Makan Keluarga di Bandung


6. Grand Mercure, Setiabudi

Grand Mercure terletak di lokasi yang cukup populer untuk para wisatawan yang berkunjung ke Bandung, yaitu Setiabudi. Dengan udara Bandung yang dingin, air kolam renang yang hangat tentu menjadi penawaran yang sangat menarik.


Saat malam hari, lampu di kolam renang tampil sangat menawan seperti bintang di langit. Di hotel yang dapat dibooking mulai dari harga Rp 1 juta ini juga ada aktivitas art and craft untuk anak-anak. 



7. Stevie G, Sersan Bajuri

Sersan Bajuri terkenal dengan wisata Dusun Bambu dan Kampung Gajah. Tidak jauh dari kedua tempat wisata ini, terdapat tempat menginap Stevie G dari Maja Group.


Stevie G memiliki 24 kamar dengan tema yang berbeda-beda seharga mulai dari Rp 350.000. Untuk anak-anak, kamar tipe picnic on the green grass terlihat lucu dan mengemaskan. 




Stevie G, Sersan Bajuri



8. The Valley Resort, Dago Pakar

Belum ke Bandung jika belum naik kuda atau menikmati pemandangan rumput luas. The Valley Resort mengajak anak-anak untuk jauh dari gadget dan beraktivitas dengan alam, olahraga, dan binatang.


The Valley Resort, Dago Pakar


Tempat ini memiliki wall climbing, area berkuda santai, remote control car track, driving range, dan ATV track. Para ibu bisa menikmati spa yang relaxing saat anak-anak bermain.

Dengan kamar hanya seharga Rp 800.000, Anda sekeluarga dapat mendapatkan alam segar dan keseruan bersama keluarga dalam satu paket.


9. Crowne Plaza, Braga

Crowne Plaza merancang playground dengan serius, mulai dari desain mural, kolam bola, serta furnitur yang ramah anak. Di beberapa hari raya besar, hotel ini mengadakan acara seru seperti baking class.


Hotel ini terletak di Braga, sehingga bisa mengajak anak-anak bermain ke Alun-Alun, Museum PBB, dan tempat-tempat bersejarah yang edukatif lainnya. 


Crowne Plaza, Braga


Hotel ini berkisar dari harga Rp 1.2 juta. Cek untuk ketersediaan kamarnya.


10. Harris Hotel & Convention, Ciumbuleuit

Hotel yang terletak di Ciumbuleuit ini memiliki kolam renang yang terbagi menjadi kolam dewasa dan anak-anak. Sama seperti cabangnya di Bali dan Harris Hotel lainnya, terdapat tempat bermain anak bernama Dino Kid's Club yang seru dan meriah.


Harris Hotel & Convention, Ciumbuleuit


Anak-anak dijamin tidak akan bosan. Hotel ini terletak dekat mal Cihampelas Walk (Ciwalk) yang memiliki beragam restaurant enak dan tempat bermain Game Master dua lantai.


Harris Hotel & Convention, Ciumbuleuit


Hotel berwarna putih orange ini dapat dibooking dengan harga Rp 570.000.


Baca juga: 11+ Tempat Nongkrong Instagrammable di Bandung


11. Glamping Legok Kondang Lodge, Ciwidey

Istilah Glamping (glamorous camping) kembali marak dan tempat yang berlokasi di Ciwidey ini adalah salah satu recommended place.


Legok Kondang Lodge menyediakan beberapa tipe kemah yang mewah, salah satunya Family Suite Tent yang dilengkapi dengan toilet berfitur pemanas air, TV kabel, breakfast, serta api ungun. Tempat ini berkapasitas hingga sepuluh orang (dengan tambahan dua extra bed). 



Hubungi langsung ke Legok Kondang untuk mengetahui harga dan ketersediaan kamar.


12. The Lodge Maribaya, Cibodas

Terletak tidak jauh dari Lembang, The Lodge Maribaya bisa memberikan pengalaman liburan seru yang tidak akan terlupakan. Tempat ini memiliki hot air balloon dengan pemandangan alam yang luar biasa dari atas.


Untuk penginapan, tempat ini menyediakan tipe tenda atau village house. Village house mengusung konsep rumah adat Jawa. Aktivitas utama di sini adalah tracking, memanah, dan berkendara dengan Land Rover.


The Lodge Maribaya dapat Anda booking mulai dari harga berkisar Rp 970.000 hingga Rp 1.2 juta.


13. Ibis Styles Bandung, Braga 

Hotel ini adalah salah satu hotel yang menyediakan kamar khusus untuk anak-anak di tipe kamar Family Room dengan luasan 31 meter persegi. Ibis Styles Bandung Braga juga menyediakan Kids' Corner yang seru bagi anak-anak.


Ibis Styles Bandung Braga terletak dekat dengan Sumurbandung yang bisa menjadi destinasi bagi yang gemar belanja baju dan kuliner khas Bandung.


Hotel ini berkisar dari harga Rp 560.000 hingga Rp 1.2 juta. Cek untuk ketersediaan kamarnya.



Foto opening: Ibis Styles Bandung, Braga
Dok. Tripcanvas, The Trans Luxury, DWImagery, Untitled Tour and Travel, HotelsCombined, Ibis Styles Band iung Braga, Grand Tebu Hotel