Semarak pesta Piala Dunia 2018, melambungkan negara Rusia dalam peringkat destinasi wisata. Megahnya ikon-ikon kota seperti Red Square dan St. Basil’s Cathedral menjadi tempat wajib untuk dikunjungi.

Tidak hanya itu, stadion-stadion yang dipersiapkan demi gelaran ini dipugar dengan megah, menarik, dan penuh cerita.

1. Kisho Kurokawa Merancang Stadion St. Petersburg


Sumber: RT.com

Kisho Kurokawa, arsitek yang terkenal dengan Metabolist Movement ini memenangkan kompetisi konsep desain stadion St. Petersburg di tahun 2006 dan resmi dibuka pada tahun 2017. Rancangan stadion ini berasal dari modifikasi konsep Toyota Stadium di Jepang yang juga dirancang olehnya. 


2. Alih Fungsi Stadion Usai Piala Dunia


Sumber: RT.com

Saat ini, Mordovia Arena di Saransk yang sengaja dibangun untuk Piala Dunia 2018 memiliki kapasitas penonton hingga 45.000 kursi. Namun, seusai Piala Dunia, kapasitasnya akan dikurangi menjadi kurang lebih 28.000 kursi dan bagian atas stadion akan dipugar menjadi atrium.


3. Fasad LED terbesar di Eropa

Sumber: Fifa

Stadion Kazan Arena yang berjarak 500 mil dari Moskow, memiliki fasad LED terbesar di Eropa. Fasad ini di siang hari terkesan seperti panel reflektif yang memancarkan gambar area sekeliling stadion.




4. Bangunan Tribun Semi-Permanen


Sumber: Standard.co.uk

Guna mendapatkan lampu hijau dari FIFA, beberapa stadion khusus Piala Dunia di Rusia menambahkan bangunan tribun semi-permanen untuk memperbanyak kapasitas penonton sebesar minimal 35.000 kursi. Salah satu caranya adalah memasang tribun di luar atap stadion yang ada di Ekadinburg Stadium.


5. Stadion di Antara Laut dan Gunung


Sumber: Vestnik Kavkaza

Stadion Fisht di Sochi, Rusia sebelumnya difungsikan untuk Olimpiade Musim Dingin 2014. Popoulus, firma arsitek yang merancangnya, sengaja memilih bentuk seperti kerang untuk mencegah salju dari Pegunungan Kaukasus yang dekat dengan stadion sekaligus menjadi cerminan dari biota laut yang berada persis di bagian selatan stadion.


Untuk informasi menarik lainnya, follow @casaindonesia on Instagram!