Berawal dari sebuah pabrik keramik yang ditutup pada tahun 2012, Montelvan Pottery kini berubah menjadi sebuah hotel dan restoran yang terletak di Triana, Sevilla, Spain. Pabrik ini dulu merupakan salah satu pabrik yang mengolah satu dari tiga set tembikar yang terletak di Triana (Seville).


Baca juga: 9 Desain Hotel yang Unik dan Seru






Bangunan yang dibangun di area sebesar 1937 meter persegi ini dirancang oleh AF6 Arquitectos. Dengan 6 arsitek yang bertanggung jawab kali ini, Miguel Hernández Valencia, Esther López Martín, Juliane Potter, Francisco J. Domínguez Saborido, Ángel González Aguilar. 






Para arsitek yang ikut berkontribusi pun sengaja menggunakan bahan sisa dari pabrik lama yang masih ada. Dimana investasi daur ulang merupakan project yang ramah bagi lingkungan yaitu dengan memakai kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai dan terbuang dahulu. 


Baca juga: Hiasi Dapur Anda dengan Peralatan Masak Dolce&Gabbana




Semua hasil tembikar sisa dari Montelvan Factory yang didaur ulang kini dapat dinikmati oleh para pengunjung hotel dan restoran. Selain menjadi investasi warisan itu merupakan ciri khas dari tempat ini sendiri.


Teks: Desy Rufaida
Sumber foto & foto teaser: Jesús Granada / dok.archdaily