Sudah melewati setengah jalan menjalani puasa di Bulan Ramadhan, artinya lebaran akan datang sebentar lagi. Biasanya, menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri, ada satu hal yang harus dilakukan di rumah, yaitu bersih-bersih rumah.

Mengingat akan banyaknya saudara, teman, tamu yang berkunjung ke rumah. Mempercantik hunian dengan merapihkan dan menata ulang isinya adalah sebuah solusi. Dan tentu itu akan membuat Anda serta tamu yang datang akan lebih merasa nyaman.




Berikut tips membersihkan rumah menjelang lebaran berdasarkan tempat:


1. Sambut tamu dengan suasana bersih sejak pagar pintu

Area halaman depan menjadi tempat pertama yang akan dilihat oleh para tamu Anda. Oleh karena itu Anda bisa memulai membersihkannya dari menyapu bahkan menata kembali isi halaman. Mulai dari mencabut rumput-rumput liar yang sudah mulai tumbuh, membersihkan lumut di sekitaran dinding pagar Anda, dan jika perlu warnai kembali cat dinding Anda.


6 Tips Bersih-Bersih Rumah + Dekor Menjelang Lebaran

Tampak depan rumah modern trepis karya arsitek Wiyoga Nurdiansyah / Sefval Mogalana 


6 Tips Bersih-Bersih Rumah + Dekor Menjelang Lebaran

decoration724.com


Tips dari CASA Indonesia: Untuk memberikan kesan segar dan ramah menyambut tamu, jajarkan pot-pot tanaman dengan susunan yang rapi. Pastikan setiap tanaman yang dipajang terlihat hijau. Bagi Anda yang ingin mengganti cat dinding depan rumah, pilih warna dengan bijak.

Tak harus sama dengan interior rumah. Namun yang terpenting pilih warna yang dapat memberikan energi positif. Tambahkan dekorasi gantung di pintu untuk menyambut tamu.


Baca juga, Sulap Rumah dengan Paduan Warna Cat Rumah Minimalis Ini


2. Sajikan nuansa nyaman di ruang tamu

Merupakan ruang yang menjadi tempat tamu untuk bersinggah, Anda bisa mulai membersihkannya dengan cara mengelap debu dari coffee table, jendela bahkan lemari yang berada di ruang tamu. Serta menghilangkan debu atau noda yang ada di sofa ruang tamu. Untuk acara lebaran dengan keluarga besar, tentunya Anda perlu mengosongkan ruangan tersebut. Tentukan jumlah tamu serta bayangkan dulu posisi furnitur sebelum Anda memindahkannya.


6 Tips Bersih-Bersih Rumah + Dekor Menjelang Lebaran
Ruang tamu, furnitur dari Gavin Carter /  Gavin Carter


6 Tips Bersih-Bersih Rumah + Dekor Menjelang Lebaran

Magnolia


Tips dari CASA Indonesia: Dari waktu ke waktu, sofa beserta bantal yang ada di rumah Anda akan terkena debu, dan menjadi sarang untuk debu tungau didalamnya. Pilih metode pencucian paling lembut yang diikuti siklus pembilasan dan pengeringan. Serta jangan lupa untuk membersihkan jendela, dari sisi bagian dalam ataupun luar jendela dengan spons pada tahap pembersihan awal, lanjutkan mengelapnya dengan kain bebas serat dan seka seketika dengan squeegee yang lembab.


Baca juga, Kapan Harus Bersih-Bersih?


3. Jadikan Halaman Belakang Sebagai Extension Area

Biasanya halaman atau teras belakang adalah salah satu area yang jarang dibersihkan sehari-hari. Berapa pun ukurannya, area ini menjadi sanctuary area untuk keluarga besar. Jadikan teras belakang sebagai area tambahan untuk keluarga berkumpul dan anak-anak bermain.


6 Tips Bersih-Bersih Rumah + Dekor Menjelang Lebaran

Area ruang keluarga karya LUWIST Spatial / Ferrian Reynaldi 


6 Tips Bersih-Bersih Rumah + Dekor Menjelang Lebaran

With Love from Kat


Tips dari CASA Indonesia: Jangan meremehkan perbedaan drastis yang dapat terlihat saat pembersihan cepat. Gunakan pembersih semprot dan sikat kecil, selang, atau bahkan pressure washer untuk membuat furnitur Anda bersih dan siap untuk pusat acara. Selain itu, bunga yang penuh warna dan tanaman segar dapat membuat Anda sekeluarga ingin menghabiskan waktu di luar. 


4. Menata dapur dan ruang makan sebagai pusat acara silaturahmi

Aktifitas utama saat lebaran adalah makan bersama. Mempersiapkan makanan atau menyatap hidangan bisa dilakukan sekaligus di dapur atau ruang makan. Kedua area itu paling sering terkena noda dan berantakan maka perlu dibersihkan dan merapikan saat keluarga datang. Ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan di ruang ini, kompor, sink dan kulkas. Mengorganisir peralatan dapur sesuai jenisnya ke dalam storage-storage tersembunyi juga bisa membantu dalam memaksimalkan ruangan. 




6 Tips Bersih-Bersih Rumah + Dekor Menjelang Lebaran

Dapur bergaya Boho Chic / Dabito / Refinery29


Jadikan pintu yang berada di dapur sebagai storage pipih, sistem ini sangat baik karena tanpa sadar Anda akan memaksimalkan area storage yang berada di dapur, seperti yang berada di bawah sink. Tentunya, bak cuci piring memiliki tingkat konsentrasi dan mikroorganisme kedua dirumah, sehingga membersihkannya harus tiap hari setelah pemakaian. 


6 Tips Bersih-Bersih Rumah + Dekor Menjelang Lebaran

House To Decor


Pastikan area ini terdekor dengan cantik dengan menaruh pajangan-pajangan tertema Maroko atau Boho Chic yang biasanya meggabungkan berbagai model dari beberapa negara Eropa seperti Perancis, Portugal, dan Spanyol.


6 Tips Bersih-Bersih Rumah + Dekor Menjelang Lebaran

Sweet Pillar Food


Tips dari CASA Indonesia: Jangan lupa untuk membersihkan oven, yang biasanya dibersihkan selama 6 bulan sekali, dengan mengeluarkan setiap rak yang ada di dalamnya dengan merendam dengan air hangat, lalu semprotkan bagian dalam oven dengan cairan pembersih atau gunakan campuran baking soda dan cuka untuk menggantikan cairan pembersih untuk mengangkat plak yang membandel.

Dalam seminggu sekali bersihkan lemari es Anda secara teratur dari bakteri serta memastikan makanan Anda masih layak untuk disimpan. 


Baca juga, 25 Desain Dapur Cantik yang Bisa Anda Tiru dengan Mudah


5. Hilangkan kuman-kuman dari kamar mandi

Penggunaan kamar mandi yang bisa dibilang setiap saat. Membuat Anda harus membersihkannya secara rutin, tentunya seperti membilasnya setelah pemakaian, toilet justru sering diabaikan dalam agenda bebersih tetapi itu merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilupakan.


6 Tips Bersih-Bersih Rumah + Dekor Menjelang Lebaran

Desain kamar mandi karya Archa Design / Archa Design


6 Tips Bersih-Bersih Rumah + Dekor Menjelang Lebaran

Justina Blakeney / Kohler


Tips dari CASA Indonesia: Gunakan disenfektan dan lap kain untuk bagian luar dari toilet, dan gunakan pembersih toilet khusus untuk bagian dalamnya, serta diamkan kurang lebih sepuluh menit sebelum menggosok dengan sikat toilet dan bilas. Bersihkan wastafel dari plak membandel dengan cara disikat ataupun di lap, serta cermin yang terletak di kamar mandi Anda.

Tidak lupa untuk mengganti handuk dalam seminggu sekali. Pastikan Anda benar-benar mengeringkan handuk setiap setelah pemakaian dengan menjemurnya di tempat kering.


6. Jamu kerabat jauh dengan kamar tidur tamu yang rapi 

Berbagai penyakit seperti asma, alergi disebabkan oleh debu dan tungau yang bersarang di rumah. Salah satunya adalah di area kamar tidur. Kualitas tidur yang baik juga di dapatkan dari ruangan yang bersih, rapi dan tentunya nyaman.




Tips dari CASA Indonesia: Debu dan tungau menjadi salah satu penyebab alergi di rumah. Sedot debu di permukaan atas kasur dengan penyedot debu dengan menggunakan ujung model upholstery dalam 6 bulan sekali.

Bantal atau guling juga harus Anda cuci dengan metode pencucian lembut, yang diikuti dengan pembilasan dan pengeringan. Jangan lupa dengan seprai anda, cuci seprai pada suhu 55-70 derajat celcius untuk memastikan seluruh kuman yang menempel musnah dan lanjutkan dengan pengeringan dalam suhu yang hangat.