"America's Hoppiest City", Sebutan yang tepat untuk San Diego.

Kota San Diego memang memiliki sejarah panjang di industri minuman beralkohol, khususnya bir. Sebagai penghormatan, kota ini akan membangun Museum of Beer (MoB) yang akan dibuka pada musim semi/musim panas di tahun 2020.




Baru! Museum of Beer San Diego Dibuka Tahun Depan

Tampak luar rencana bangunan luar museum


Di sini para pengunjung bisa menemukan ragam koleksi bir, sejarah, dan pameran proses pembuatan bir menggunakan virtual reality (VR). Para tamu akan dimanjakan tentang aktivitas rumah produksi bagaimana proses minuman tersebut dibuat.


Baru! Museum of Beer San Diego Dibuka Tahun Depan

Instalasi galeri museum


Interior dan bangunan museum ini memiliki desain yang industrial dengan furnitur dan material ekspos agar menonjolkan atmosfer berada di dalam pabrik bir.


Baca juga: Gehry's Guggenheim Akan Mulai Dibangun Tahun Ini




Baru! Museum of Beer San Diego Dibuka Tahun Depan

Suasana interior


Tak ketinggalan, beberapa instalasi menarik berupa gambar dan mural menghiasi interior pada area dinding, serta beberapa bagian digunakan untuk memajang informasi sarana edukasi. Tempat ini juga mempunyai food court bernama Fire Cracker yang menjajakan aneka pizza dan bir andalan.

Menurut kevin Faulconer selaku Walikota, San Diego adalah rumah bagi pabrik pengerajin bir terbaik di dunia dan museum ini cocok sebagai ajang promosi wisata bir di mata dunia.


Baru! Museum of Beer San Diego Dibuka Tahun Depan

Suasana interior


Baca juga: Lihat Instalasi Google di Milan Design Week Lebih Dekat


Untuk membantu pendanaan museum, Pihak Museum of Beer melakukan penggalangan dana di indiegogo. Tak lupa forum terbuka tentang museum juga telah dilaksanakan pada 15 April di Amplified Aleworks, East Village. Para tamu bertemu dan melakukan tanya jawab dengan tokoh-tokoh dibalik layar pembangunan museum ini.


Teks oleh: Aditya Krisna Widiyanto
Foto oleh: Museum of Beer San Diego