Bagi para pecinta sepatu, tentunya menyimpan sepatu merupakan hal yang wajib dilakukan agar sepatu awet dan tertata rapi. Penataan dengan cara mengorganisirnya juga membantu memaksimalkan sudut ruangan di rumah Anda. Selain itu, dapat membantu Anda saat mencari sepatu sewaktu membutuhkannya.


Berikut adalah tata cara agar penyimpanan sepatu terlihat rapi di rumah:





Baca juga, 17 Inspirasi Rak Dinding Minimalis di 2019


1. Pilih tempat penyimpanan yang sesuai


Para pecinta sepatu atau sneakerhead tentunya harus memiliki rak sepatu di rumah, untuk tetap menjaga sepatu yang dimiliki. Selain itu, dengan adanya rak sepatu itu dapat mempermudah Anda saat mengambil sepatu dan memilihnya.


Tore Bleuzé / archiproducts


2. Sesuaikan ukuran rak penyimpanan


Dalam memiliki rak sepatu, hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan ukuran rak. Pertimbangan tersebut memudahkan Anda dalam menata sepatu yang dimilik agari cukup disimpan dalam satu tempat, sehingga terlihat rapi.


conmoto / archiproducts


3. Kotak sepatu, bisa jadi alternatifnya


Menyimpan sepatu didalam kotak bisa menjadi alternatif dalam merapikan penyimpanan sepatu, tetapi jika Anda memilih metode ini, Anda harus rutin untuk memeriksanya agar kelembapannya tetap terjaga, jangan sampai berjamur. Kotak transparan atau kotak kayu bisa jadi pilihan penyimpanan itu mempermudah Anda dalam memeriksa keadaan sepatu kesayangan.


containerstore


Baca juga, Cerdas! 9 Desain Lemari Bawah Tangga Ini Sangat Efisien


4. Buat rak di bawah tangga


Memaksimalkan ruang di bawah tangga dengan cara memfungsikannya sebagai rak bisa menjadi alternatif penyimpanan sepatu. Lokasi penyimpanan ini memang harus dibuat secara DIY, tetapi cara ini mampu memberikan banyak manfaat. Selain sepatu, banyak barang, seperti pernak-pernik rumah bisa diletakkan di sini. 


clever closet


5. Tata di lemari baju


Walk in Closet adalah salah satu alternatif ruang penyimpanan agar sepatu tertata rapi seperti di butik. Jika tidak memiliki banyak ruang di rumah, mini walk in closet bisa jadi solusinya, Anda bisa mendesain lemari dengan rak besar yang menampung sepatu dan baju serta aksesoris yang lain. Apalagi, jika Anda memiliki sepatu-sepatu karya desainer ternama, ruangan ini bisa Anda miliki di rumah. 




Skubb / IKEA


6. Mengubah lemari baju menjadi lemari sepatu


Jika ingin menghemat ruang dan memiliki walk in closet namun tidak ada area yang tersedia, jangan khawatir. Anda bisa mengganti fungsi lemari baju jadi lemari sepatu sebagai alternatifnya. Cukup dengan memberi sekat di antara rak yang di dalam lemari baju, Anda sudah dapat mengubahnya menjadi lemari sepatu.


Linear / archiproducts


Baca juga, Trik Jitu Membuat Rumah Tetap Rapi


7. Rak sepatu diletakkan di pintu masuk


Area pertama setelah pintu masuk bisa menjadi tempat favorit untuk menyimpan sepatu, karena area itu bisa memudahkan kalian dalam mengambil atau mencari-cari sepatu yang digunakan sehari-hari. Ditambah lagi, cara sepert itu akan menghemat waktu pengambilan sepatu.


Bissa / IKEA


8. Kelompokkan sesuai jenisnya


Selain tempat penyimpanannya, mengelompokan sepatu sesuai jenisnya juga bisa membantu merapikan sepatu yang Anda miliki, Seperti heels di rak bagian atas, flat shoes di tengah, dan seterusnya. Tentunya pengelompokan ini juga akan terasa mudah jika di letakkan di area yang mudah untuk dijangkau, seperti di pintu masuk. Pisahkan juga sepatu yang jarang dipakai, agar tidak membuang waktu saat mencari-cari.


Andrea Gati / archiproducts


9. Tumpuk sepatu dengan cerdik


Penempatan sepatu juga musti dilakukan dengan cerdik. Seperti menempatkannya secara berhadapan itu akan lebih menghemat ruang dibandingkan dengan menyimpannya secara berdampingan.


Stackable shoe rack / urban outfitters


10. Pisahkan sepatu heels 


Letakan heels di bagian atas lemari. Sepatu jenis ini biasanya tidak digunakan untuk sehari-hari, tetapi merupakan salah satu sepatu yang membutuhkan perawatan ekstra. Oleh karena itu, Anda bisa menyimpan heels dengan cara menggantungnya ke pengait agar mudah untuk di rawat.


shoe rack / buzzfeed



Foto teaser: archiproducts