Membersihkan dan merapikan rumah adalah hal esensial yang wajib dilakukan agar nyaman untuk ditempati. Baru-baru ini ada metode yang sedang digemari oleh orang banyak dalam penataan rumah, yaitu metode KonMari. Metode tersebut bisa membantu Anda untuk memaksimalkan ruang pada setiap sudut di rumah Anda.


Untuk memulai, Anda dapat memilah barang-barang personal yang berada di drawer untuk menentukan apakah masih dapat digunakan atau tidak. Casa Indonesia telah mempersiapkan ini cara merapikan drawer yang ada di rumah Anda secara efisien:




1. Mengorganisir barang-barang


Tentunya sebelum merapikan drawer di rumah, Anda harus mengetahui barang apa yang harus disingkirkan. Mulai dari mengeluarkan semua isi di dalam cabinet, sampai memisahkan mana yang masih bisa dipakai atau tidak. Setelah itu letakkan aksesoris dan barang-barang yang masih sering digunakan ketempat yang mudah untuk diraih.


Cantik & Rapi! 6 Cara Mudah Menata Laci Lemari di Rumah

urbanoutfitters


Baca juga, Tips Merapikan Pakaian di Dalam Lemari


2. Setelah dipakai, kembalikan pada tempatnya


Hal mendasar yang harus dilakukan untuk tetap menjaga kerapian rumah adalah mengembalikan barang setelah dipakai. Anda harus melawan rasa malas serta kebiasaan menunda-nunda, hal itu juga bisa dipakai untuk merapihkan drawer yang ada di rumah.


Cantik & Rapi! 6 Cara Mudah Menata Laci Lemari di Rumah

Ikea 


3. Memaksimalkan penggunaan drawer di rumah


Setelah mengelompokkan barang-barang, penataan barang juga sangat penting untuk memaksimalkan ruang di dalam drawer. Anda bisa mulai dengan melipat baju dan menyimpannya sesuai dengan modelnya, hingga meletakan benda dengan cara mengkategorikan sesuai dengan jenisnya. 




Cantik & Rapi! 6 Cara Mudah Menata Laci Lemari di Rumah

Ibon Arizabalaga / archiproduts


4. Memakai wadah easy-to-go


Agar drawer dapat terlihat rapi, Ada baiknya Anda menyiapkan tempat untuk menyimpan aksesoris pribadi, seperti menggunakan wadah easy-to-go. Banyak jenis wadah easy-to-go yang bisa Anda pilihmulai dari wadah kotak plastik, terbuat dari kain, kayu, atau bahkan dalam bentuk lainnya. Wadah tersebut bisa diletakkan di bagian atas drawer. 


Cantik & Rapi! 6 Cara Mudah Menata Laci Lemari di Rumah

Ikea

Baca juga, Simak 12 Cara Merapikan Rumah Berdasarkan Zodiak Anda


5. Simpan dalam bentuk gulungan


Penyimpanan pakaian secara di gulung bisa menjadi salah satu pilihan dalam menghemat ruang. Hal itu dilakukan setelah mengelompokan berdasarkan jenis yang dilakukan sebelum memasukan ke dalam laci, itu mempermudah Anda dalam pencarian barang-barang yang dibutuhkan nantinya. 


Cantik & Rapi! 6 Cara Mudah Menata Laci Lemari di Rumah

home oh my


6. Label untuk pengingat

Penggunaan label untuk ditempel di depan laci bisa sangat membantu Anda untuk mengetahui isi tanpa membukanya satu persatu. Hal tersebut dapat membantu Anda dalam menghemat waktu pencarian barang-barang atau pernak-pernik yang dibutuhkan.


Cantik & Rapi! 6 Cara Mudah Menata Laci Lemari di Rumah

driven by decor

Foto teaser: le_retrocanteur