Semakin terbatasnya lahan untuk tinggal yang disebabkan perkembangan industri di kota-kota besar, mengurangi pilihan tipe hunian khususnya untuk generasi millennials dan selanjutnya. Jika diprediksi, di tahun-tahun mendatang ketersediaan jenis hunian hanya ada dalam bentuk cluster atau apartemen kecil yang terkadang mengurangi sisi kenyamanan. 


IKEA Segera Luncurkan Robotic Furniture di Tahun 2020




Meskipun begitu, arsitek, desainer, serta developer hunian pun terus berusaha dalam mengembangkan jenis tempat tinggal dengan lahan terbatas namun tidak mengurangi kenyamanan yang dibutuhkan oleh penghuninya. Bahkan, baru-baru ini IKEA menginformasikan bahwa mereka sedang merancang robotic furniture khusus hunian di lahan terbatas. Bersama perusahaan start up bernama Ori, brand asal Swedia tersebut memperkenalkan Rognon. 


Baca juga: Bersama Tom Dixon, Ikea Luncurkan Ranjang Modular




Rognon merupakan sebuah modul mekanik dari Ori yang disematkan dalam wardrobe modular IKEA bernama Platsa. Storage multifungsi dari brand tersebut berbentuk seperti huruf L hadir dengan banyak kompartemen serta fitur pullout di bagian bawah dan dapat digunakan sebagai ranjang. 




IKEA Segera Luncurkan Robotic Furniture di Tahun 2020


Baca juga: Kenneth Cobonpue Rancang Star Wars Furniture


Dilansir Design Boom, Robotic furniture ini merupakan sebuah inovasi yang dikembangkan oleh IKEA untuk prinsip democratic design-nya yang meliputi fungsi, bentuk, kualitas, harga terjangkau, serta keberlanjutannya. Rencananya furnitur ini akan diluncurkan di Hong Kong dan Jepang di tahun 2020. Mari tunggu saja kedatangannya di Tanah Air.


IKEA Segera Luncurkan Robotic Furniture di Tahun 2020


Sumber foto: dok. IKEA