Apakah ia seorang dokter atau perupa?


Sekilas saat mengingat sanggar seni maya bernama Klinik Rupa dr. Rudolfo, Anda mungkin mengira ini adalah sejenis praktisi kesehatan atau sesuatu yang berkaitan dengan profesi tersebut. Namun, sanggar ini sebenarnya adalah milik perupa R.E Hartanto yang telah ia kelola sejak tahun 2014.




Pameran Museum Potret Dokter Rudolfo / Selasar Sunaryo Art Space

Pameran Museum Potret Dokter Rudolfo / Selasar Sunaryo Art Space


Identik dengan gaya realisme dan seni potret, perupa asal Bandung ini menampilkan sederetan karya lukisan potret miliknya dalam pameran tunggal bertajuk Museum Potret Dokter Rudolfo. Berlangsung di Selasar Sunaryo, Bandung dari 15 Mei hingga 30 Juni 2019, serangkaian lukisan yang menggambarkan figur manusia dengan realis tampak hadir di area Bale Tonggoh. 


Guratan warna cerah terlihat menegaskan ekspresi pada seri lukisan dalam pameran yang dikurasi oleh Agung Hujatnikajennong. Selain pameran seni, sederetan talkshow dan workshop untuk anak-anak serta orang dewasa semakin menyemarakkan perhelatan seni ini.




Masih di lokasi yang sama, tampak hadir pameran kolektif dari delapan seniman muda bertajuk Lukisan Gapilan di Ruang B dan Sayap.




Kata gapilan yang memiliki arti intervensi dan campur tangan menjadi fokus utama saat menggagaskan pameran ini. Dikurasi oleh Danuh Tyas Pradipta dan Axel Ridzky, delapan karya seni menyuguhkan kecenderungan akan praktik seni melukis di kalangan seniman muda Bandung beberapa waktu belakangan ini.


Pink Fluorescent vs The World (2019) oleh Condro Priyoaji / Selasar Sunaryo Art Space

Pink Fluorescent vs The World (2019) oleh Condro Priyoaji / Selasar Sunaryo Art Space


Kini lukisan tak berarti hanya diciptakan di atas kanvas. Seniman semakin banyak yang mengeksplorasi permukaan dan material yang mereka gunakan dalam menyampaikan intensi dalam karya seninya. 


Tak hanya itu saja, lingkungan atau ruang pamer dari karya tersebut kian proaktif dalam mempengaruhi pengalaman yang ingin disampaikan terhadap pengunjung pameran.


Lokasi: Selasar Sunaryo Art Space, Jl. Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198

Waktu Operasional: Selasa – Minggu, Pukul 10.00 – 17.00 WIB

Tiket Masuk: Rp 25.000 (All Access Pass untuk seluruh pameran ), Rp 15.000 (Reguler Pass untuk satu pameran), dan Rp 15.000 (Group Pass minimal 15 pax)


Foto teaser: Untitled 7 oleh RE Hartanto / Selasar Sunaryo Art Space