Apakah Anda sudah rindu berkelana di luar rumah dengan bebas? Mungkin momen hal tersebut dapat terjadi masih terasa jauh dari pandangan mata, tetapi tidak sulit untuk sedikit lebih dekat dengan dunia luar hanya dengan memanfaatkan balkon Anda. 





Dom Architect Studio


Berapa pun ukuran balkon yang Anda miliki jangan diabaikan, manfaatkan balkon Anda dan area outdoor di rumah. Beberapa lebih simpel dari yang lain, 10 ide berikut ini cocok untuk Anda yang ingin bercengkrama dengan alam diatas balkon yang keren dan estetik!


DigsDigs


1. Berjemur menyerap Vitamin D


CASA Indonesia


Area balkon bagus untuk dimanfaatkan sebagai tempat bersantai di bawah sinar matahari yang baik untuk daya tahan tubuh. Gunakan lounge chair atau kursi yang sedikit bersandar kebelakang pada area balkon Anda. Tambahkan tanaman hias yang tahan cuaca panas bila perlu untuk menyegarkan balkon Anda dan menyiasati sinar matahari yang berlebih. 


Arent & Pyke

2. Kerai untuk berteduh

 

Luxaflex

Sangat memungkinkan bahwa akan terdapat beberapa hari dimana matahari akan terasa terlalu terik. Kerai berbahan kayu sangat populer untuk digunakan pada area balkon. Dengan sebuah kerai Anda masih dapat bersantai di atas balkon walaupun cuaca terlalu panas. Kerai berbahan kayu juga membuat area balkon terasa lebih hidup dan menarik.


@menarajayainterior

3. Berbaur dengan alam


Pinterest


Balkon Anda juga dapat Anda ubah menjadi sebuah taman. Jika Anda tidak memiliki lahan untuk sebuah taman atau hanya ingin sekedar mendekatkan diri dengan alam, menanam tanaman pada balkon menambahkan sentuhan asri pada hunian Anda. Balkon juga merupakan tempat yang cocok untuk menanam tanaman herbal.


One Kindesign

4. Beranda tropis


Pinterest

Merancang balkon yang estetik memerlukan sentuhan tanaman, furnitur, dan dekorasi yang seimbang. Pilih furnitur rotan, tanaman hias tropis seperti tanaman palem dan sanseviera, dan dekor rumah yang terbuat dari bahan organik. Merancang elemen-elemen ruang yang berkomplemen baik dengan satu sama lain dapat mengaktualkan suatu tema pada ruang dan dalam hal ini suasana tropis pada area rumah.


Selasar Sesatu


5. Menjaga privasi


Clever / Architectural Digest

Balkon sebagai area outdoor menjadi ruangan yang terbuka dan tentu dapat terlihat dari luar rumah. Jika ini mengkhawatirkan Anda, balkon yang privat masih dapat tercapaikan dengan menggunakan custom shutters. Dengan sebuah jendela yang dapat terbuka sedikit untuk mengundang matahari dan tertutup jika cuaca tidak mendukung dapat menjaga privasi para penghuni.








































Velux

Konsep ini juga dapat diwujudkan dengan menggunakan teralis. Memiliki area balkon yang privat memberi suasana mewah bersantai di luar tanpa terasa terlalu terekspos.


Laryoo


6. Spot sarapan 


REVENY

Cara seru yang dapat Anda lakukan pada balkon Anda adalah dengan menjadikannya spot untuk sarapan. Baik dengan sebuah kursi dan meja bar atau meja makan kecil, sarapan di atas balkon merupakan cara baik memanfaatkan balkon dan menyantap sarapan di udara sejuk. 


House Beautiful


7. Buat simpel





Jika Anda ingin sesuatu yang simpel atau memiliki balkon yang kecil, balkon Anda tidak selalu harus di dekor sepenuhnya. Cukup hadirkan sepasang kursi untuk duduk santai dan biarkan pemandangan dan langit bercerita. Balkon yang estetik dapat terwujudkan cukup dengan sepasang furnitur yang digunakan dan area outdoor itu sendiri. 


Arent & Pyke


8. Bersantai di atas hammock


homedit


Cara lain yang bisa Anda lakukan jika memiliki area balkon yang terbatas adalah dengan menggunakan hammock. Memanfaatkan area kecil yang Anda miliki, sebuah hammock dapat dengan mudah mengubah area yang ditempatkan menjadi area bersantai. Berayun di atas hammock Anda dan balkon Anda akan terasa seperti pengalaman bersantai yang mewah. 


Pinterest

9. Ruang keluarga outdoor


Alexander White


Ruang keluarga tidak semestinya hanya terdapat di dalam rumah, balkon Anda juga dapat dijadikan living area sendiri. Seperti ruang keluarga pada umumnya, tempatkan sofa, sepasang kursi berlengan, meja kopi, dan karpet bila perlu. Buat balkon Anda senyaman mungkin layaknya ruang keluarga untuk bersantai sehari-hari.


Diplomat Makleri


10. Pencahayaan romantis


Ayla Dimitri

Dengan menggunakan string lights yang dapat Anda kaitkan pada pagar balkon, dapat mewujudkan suasana yang romantis dan cozy di saat matahari terbenam dan malam hari. Hadirkan sepasang kursi dan bantal untuk bersinggah di antara cahaya yang berkelap kelip di spot hangat buatan Anda sendiri. 


Doris Leslie Blau
Sumber teaser: Arent & Pyke
Teks oleh: Annika Fathma