Seiring dengan instruksi Presiden Jokowi soal pernyataan berdamai dengan penyakit COVID-19, beberapa orang mulai bersiap menata hidup kembali dalam keadaan new normal.


New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap hidup seperti biasa di tengah pandemi COVID-19. Masyarakat diharapkan hidup seperti biasa, namun tetap dengan mengindahkan protokol kesehatan.







Salah satu protokol kesehatan yang sering digaungkan adalah menjaga jarak antar masyarakat. Lalu bagaimana para arsitek beradaptasi dan menyiasati perubahan kehidupan ini, khususnya dalam sektor residensial?


Baca juga: CASA Academy: Apa Opini Desainer ini Soal New Normal?


Di Prancis, biro arsitek asal Paris Studio Belem menawarkan konsep Aula Modula, konsep apartemen urban yang menekankan fleksibilitas, komunitas, dan keberlanjutan.




Aula Modula mengombinasikan elemen residensial padat penduduk dengan akses terbuka ke ruang hijau. Konsep tersebut merupakan evolusi dari arsitektur tradisional Barat dan model perencanaan kota yang belum diperbaharui beberapa tahun belakangan.






Di dalam Aula Modula, penghuni mendapatkan ruang kerja individual yang mendukung kegiatan work from home. Tidak hanya itu, apartemen new normal ini juga menyediakan area terbuka hijau sebagai cara untuk membawa alam kembali ke kota.


Baca juga: New Normal, Terbang di Tengah Pandemi Corona?


Sang arsitek menawarkan timber sebagai material bangunan untuk mengurangi jejak karbon proyek. Aula Modula juga dilengkapi dengan atap hijau yang dialirkan oleh limbah air yang telah didaur ulang.




Apartemen new normal ini akan dilengkap oleh beragam layanan rekreasi dan ritel, seperti toko kelontong, tempat pembuatan bir, dan studio yoga.


Sumber: Inhabitat
Foto & Teaser: Studio Belem