Apakah Anda memiliki area hunian yang terbatas? Jika iya, hal ini tentu saja dapat menjadi hambatan dalam mewujudkan hunian impian Anda. Namun ternyata, Anda dapat menggabungkan beberapa fungsi menjadi satu ruangan sekaligus. Dengan begitu, Anda dapat memaksimalkan ukuran area rumah yang terbatas. Silahkan disimak inspirasi desain ruang keluarga multifungsi berikut ini!


Ruang Keluarga dan Ruang Makan 


(Ruang keluarga multifungsi. Foto & Desain Interior: Kim & Christian / Instagram)





Menggabungkan antara ruang keluarga dan ruang makan dapat Anda terapkan pada rumah atau apartemen kecil Anda. Penataan lokasi dan penggabungan fungsi antara ruang keluarga dan ruang makan sangat mudah dilakukan. Jika Anda memiliki ruang terbatas, untuk ruang keluarga Anda dapat mengatur sofa dalam posisi lurus atau miring. Lalu, untuk ruang makan Anda bisa mengatur meja makan berbentuk bundar yang diletakkan pada sisi tertentu ruangan, seperti di belakang sofa. 


Ruang Keluarga dan Ruang Kerja


(Ruang keluarga multifungsi. Foto: Dok. The Kazana Home Furniture / Pinterest)


Bagi Anda yang bekerja dari rumah atau remote working, Anda pasti ingin memiliki ruang kerja khusus untuk mendukung produktivitas Anda saat bekerja. Jika area rumah Anda terbatas, Anda bisa menggabungkan fungsi ruang keluarga dengan ruang kerja Anda. Anda hanya perlu menambahkan furniture meja dan kursi kerja yang dapat ditempatkan di sudut ruang keluarga Anda. Jika ingin tambahan untuk menyimpan perlengkapan kerja, Anda dapat menambahkan rak gantung yang diletakkan di meja kerja Anda.


Ruang Keluarga dan Perpustakaan Mini


(Ruang keluarga multifungsi. Foto & Desain Interior: Hannah / Instagram)




Apakah Anda suka membaca dan menyimpan banyak buku? Jika iya, Anda dapat memaksimalkan ukuran area rumah yang terbatas dengan menggabungkan antara fungsi ruang keluarga dan perpustakan mini. Anda dapat menggunakan rak khusus buku agar ruangan multifungsi tersebut tetap terlihat rapi. Anda juga bisa menggunakan furnitur multifungsi, seperti pemilihan meja tv yang memiliki kompartemen (ruang penyimpanan) untuk menyimpan koleksi buku yang Anda miliki. Tambahkan sofa yang nyaman untuk berkumpul bersama keluarga sekaligus untuk membaca buku. 


Ruang Keluarga dan Dapur


(Ruang keluarga multifungsi. Foto & Desain Interior: Crumbs Home / Instagram)


Siapa bilang fungsi ruang keluarga tidak bisa dikombinasikan dengan dapur? Untuk menggabungkan ruang keluarga dengan dapur, Anda dapat menggunakan kitchen set, sehingga ruangan terlihat lebih luas karena tidak menggunakan batas atau partisi ruangan. Penggabungan dua fungsi ruangan ini dapat memudahkan Anda untuk menyiapkan hidangan saat berkumpul bersama keluarga. 


Ruang Keluarga dan Area Bermain


(Ruang keluarga multifungsi. Foto & Desain Interior: Architectural Digest México / Pinterest)


Jika Anda memiliki anak, Anda membutuhkan area bermain khusus anak di rumah. Alih-alih menciptakan ruang khusus bermain, Anda dapat menghemat ruang di rumah dengan menggabungkan ruang keluarga dan area bermain anak. Tidak hanya dapat menghemat ruang, tetapi Anda juga bisa memperhatikan dan mengawasi Si Kecil saat bermain sekaligus berkumpul bersama keluarga. Untuk ruang bermain anak, Anda dapat menambahkan karpet berwarna-warni atau karpet karakter favorit anak Anda. 


Teaser: Dok. Escalier Interior (@escalierinterior) on Instagram