Dengan kebutuhan ruang publik yang terus berkembang, bertambah pula keberadaan proyek konstruksi yang dapat ditemukan di berbagai sudut kota. Namun bertambahnya ruang publik ini juga membawa dampak terhadap semakin terbatasnya lahan yang tersedia untuk kebutuhan bangunan lainnya.


Biara Di Prancis Ini Disulap Jadi Sebuah Bioskop




Oleh karena itu, guna meminimalisasi pengurangan lahan terbuka yang tersedia, studio arsitektur asal Prancis ini merenovasi bekas bangunan biara katolik menjadi sebuah bioskop. Proyek milik Tracks Architectes ini berlokasi di kota Riom yang berada di bagian tengah Prancis. 


Baca juga: Nonton Jadi Seru! Seperti Berada Dalam Film Hollywood


Biara Di Prancis Ini Disulap Jadi Sebuah Bioskop


Proyek renovasi bernama Arcadia Cinema di kota Riom ini merupakan bagian dari penggubahan fungsi biara menjadi pusat kebudayaan di kota tersebut yang bernama Jardin de la Culture. Pemilihan lokasi ini juga berkenaan dengan keberadaan pusat sejarah kota yang letaknya tidak jauh dari kompleks biara ini. 


Biara Di Prancis Ini Disulap Jadi Sebuah Bioskop




Bioskop ini merupakan program konversi tahap pertama yang dilakukan sebagai tanda mulai pengoperasian pusat kebudayaan di Riom. Selanjutnya, bekas kompleks biara ini nantinya akan dilengkapi dengan keberadaan sekolah musik dan perpustakaan multimedia, serta alih fungsi kapel menjadi ruang pertunjukkan seni.


Baca juga: Bukan Rumah Sakit! Intip Lokasi Drama Hospital Playlist


Biara Di Prancis Ini Disulap Jadi Sebuah Bioskop


Fasad dari bangunan Arcadia Cinema ini cukup mudah menarik perhatian banyak orang. Penggabungan elemen minimalis, seperti dinding beton ekspos dan struktur entrance dengan lengkungan yang merupakan bagian existing, saling berpadu manis menjadi satu kesatuan indah berlanggam klasik.


Sumber foto: dok. Guillaume Amat / Dezeen