Anda tahu samurai? di Indonesia, samurai merupakan istilah populer yang digunakan untuk menyebut pedang tradisional khas Jepang. Padahal samurai merupakan istilah yang ditujukan untuk sang pendekar tersebut, bukan pedang yang dibawanya.







Jika Anda tertarik untuk mendalami samurai dan pedang yang dibawanya, Anda bisa mulai dari hal yang paling sederhana, membeli gunting mini berbentuk pedang-pedang bersejarah.




Gunting mini ini diproduksi oleh Nikken Cutlery, perusahaan perkakas rumah tangga yang berbasis di Seki, prefektur Gifu yang pernah terkenal sebagai produsen pedang di masa lampau.


Baca juga: Alat Makan Mungil Ini Dapat Menyelamatkan Hidup Anda


Nikken menawarkan tiga model gunting. Gunting pertama diinspirasi dari Heshikiri Hasebe, pedang yang dimiliki oleh penguasa perang pada abad ke-16, Oda Nobunaga.




Jika dilihat secara awam, Anda mungkin menyadari adanya corak pada sisi tajam dari gunting. Corak tersebut memang disengaja untuk mengikuti corak dari hamon, teknik penempaan unik yang khas dari pandai besi di Jepang.






Model gunting kedua diinspirasi dari Izumi no Kami Kanesada, pedang yang digunakan Hijikata Toshizo, wakil komandan dari Shinsengumi, korps kepolisian Jepang dari abad ke-19.


Baca juga: Lagi Diskon! 10 Produk Ikea Patut Dibeli untuk Rumah


Model terakhir adalah Yamato no Kamiyasusada, pedang yang digunakan oleh Okita Soji, salah satu anggota dari Shinsengumi.




Gunting mini berbentuk pedang samurai ini hadir dengan sarung katanabukuro mini yang menampilkan motif segitiga biru dan putih khas Shinsengumi untuk pedang Hijikata dan Okita, dan gradasi ungu untuk pedang samurai Nobunaga.




Gunting dari Nikken Cutlery ini dibanderol dengan harga 2,310 yen atau setara 310,000 rupiah dan bisa di dapatkan di situs crowdfunding Makuake.


Sumber, foto & teaser: Soranews24