Great Barrier Reef salah satu keajaiban dunia yang terdapat di Queensland, Australia baru saja memiliki tambahan situs yang menarik yang dapat dilihat di atas permukaan laut. Bertajuk Ocean Siren, patung ini hanya satu bagian dari apa yang terdapat tepat di bawahnya yaitu sebuah museum yang terendam di bawah permukaan laut. 






Museum of Underwater Art memamerkan karya seni pahatan karya seniman Inggris Jason deCaires Taylor. Bukan sekedar museum bawah laut, Museum of Underwater Art menyoroti tantangan yang dihadapi oleh batu karang Australia ini karena peningkatan suhu air laut dan polusi. 



Ocean Siren, satu-satunya karya yang dapat terlihat dari atas permukaan laut, memiliki pelajaran tersendiri untuk para pengunjung situs karena eksteriornya yang dapat berubah warna mengikuti pergantian suhu air laut batu karang. 





Museum sebenarnya berdiri di bawahnya, 60 kaki di bawah permukaan laut, yang merupakan sebuah taman batu karang yang dinamakan ‘coral greenhouse’. The coral greenhouse memuat 20 patung ‘reef garden’ yang akan bertumbuh kembang menjadi sebuah karang agar dapat menarik kehidupan laut baru kepada the great barrier reef. 



Struktur bangunan museum turut dibangun agar dapat menahan kuatnya arus bawah laut sehingga aman untuk dikunjungi publik. Perenang snorkel dan penyelam akan dipandu oleh operator tur selama mengunjungi museum. Meskipun begitu, patung the ocean siren menjadi situs yang menarik untuk dikunjungi dan mempelajari lebih dalam tentang the great barrier reef dari atas permukaan laut. 


Sumber teaser + foto: Jason deCaires Taylor / Museum of Underwater Arts
Teks oleh: Annika Fathma