Warna biru dinilai mampu menggugah rasa nyaman dan hangat bagi manusia. Saat diterapkan pada interior rumah, penghuni seketika merasakan kehangatan dan ketenangan yang menjadi hal esensial bagi sebuah sanctuary seperti rumah.

Rumah berkonsep minimalis dapat disulap seperti demikian melalui warna biru dengan tone cenderung dingin seperti biru muda. Namun, tak hanya sekadar menciptakan rasa nyaman, corak warna ini mampu menghadirkan kesan luas jika diterapkan dengan tips desain yang jitu.







Apa sajakah tips desain tersebut? Yuk mari intip inspirasi desain rumah minimalis warna biru yang nyaman dan lapang.

1. Batasi penggunaan warna biru pada bidang vertikal tertentu

Agar memaksimalkan kesan terang dan ringan pada ruang, warna biru tak harus dibalurkan ke seluruh permukaan dinding. Cukup pilih bagian tertentu yang dianggap sebagai elemen unik pada interior rumah. Contohnya seperti partisi antara dapur dan ruang tamu maupun lemari di salah satu sudut rumah yang lalu dapat dipadukan dengan dinding putih.




Baca juga, Hanya dengan 1 Warna! Dapur Gaya Modern Terlihat Indah


2. Diterapkan menjadi rentetan garis vertikal

Garis vertikal memberikan ilusi ruangan yang lebih tinggi. Begitu pula saat menerapkannya pada pintu lemari. Lapisi pintu tersebut susunan kayu panjang secara vertikal sehingga ruang tidak terasa membosankan berkat tekstur yang tercipta. Dengan demikian, warna biru ini tak harus hanya dihadirkan dengan menggunakan cat pada rumah modern.




3. Kombinasi dengan elemen kayu

Finishing bermotif kayu terutama pada lantai merupakan kombinasi yang tepat untuk membangun suasana rumah yang lembut sekaligus hangat.




Baca juga, 12 Ide Interior Minimalis yang Bikin Betah di Rumah




4. Warna lebih gelap pada beberapa elemen garis di interior rumah

Dengan kombinasi warna biru, putih, serta coklat yang telah diterapkan, desain rumah bisa saja terkesan pucat serta kurang homey. Untuk menghindari hal itu, pada beberapa pinggiran seperti di partisi maupun jendela, Anda bisa menggunakan warna hijau torquise ataupun warna yang lebih gelap untuk disandingkan dengan warna biru ini.




Baca juga, Trik Khusus! 30 Partisi Rumah Minimalis Kecil Jadi Luas


5. Aksen motif lantai dengan teraso

Jika ingin memberikan zoning pada salah satu area seperti pantry namun tetap ingin elemen desain yang selaras dengan keseluruhan rumah, gunakan material teraso pada lantai dengan corak dasar berwarna putih.




Baca juga, 10 Tips Dekorasi Rumah Minimalis yang Praktis dan Mudah


6. Sentuhan akhir dengan warna cerah dan tanaman

Beri finishing touch yang manis pada rumah minimalis dengan lampu maupun hiasan dinding berwarna cerah. Begitu pula dengan tanaman hijau berdaun lebar di beberapa sudut rumah seperti philadendron (contohnya di samping sofa di ruang tamu) guna memberikan visual segar di dalam rumah.




Sumber Foto: Karya Galla House ciptaan CAVAA Arquitectes / Filippo Poli / Archdaily