Sudahkah Anda mencuci tangan hari ini? Jika sudah, apakah Anda yakin jika sudah mencuci kedua tangan dengan benar dan menyeluruh? Untuk memastikan Anda mencuci tangan dengan baik guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19, Maria Gonzalez Londoño dan Farshad Saffari Ghandehari berkolaborasi merancang sebuah alat kecil dan lucu sebagai pengingat cara cuci tangan optimal.


Washi, Alat Bantu Cuci Tangan Yang Lucu Dan Playful




Alat yang diberi nama Washi ini dirancang oleh kedua desainer tersebut tidak hanya diharapkan untuk membantu orang mencuci tangan lebih baik namun juga mampu mengurangi penggunaan air secara berlebihan.


Baca juga: Tidak Perlu Repot, ini Skuter yang bisa Dilipat!


Washi, Alat Bantu Cuci Tangan Yang Lucu Dan Playful


Memiliki sensor proximity yang terintegrasi dengan fitur hitung mundur, alat ini memastikan agar Anda dapat mencuci tangan secara menyeluruh mengikuti anjuran selama 20 detik. Waktu hitung mundur akan otomatis dimulai saat Anda menyalakan air. Selain itu, alat ini juga memiliki layar yang menampilkan animasi dengan ekspresi yang beragam. 




Washi, Alat Bantu Cuci Tangan Yang Lucu Dan Playful


Misal, jika Anda berhenti mencuci tangan selama 20 detik atau melebihi waktu tersebut, pada layar akan muncul karakter animasi dengan ekspresi sedih. Karakter tersebut muncul sebagai indikasi kalau Anda tidak mengikuti anjuran yang berlaku atau menggunakan air secara berlebih.


Baca juga: Intip Desain Rumah Minimalis Warna Biru Super Nyaman


Washi, Alat Bantu Cuci Tangan Yang Lucu Dan Playful


Selain animasi tersebut, alat ini juga hadir dengan beragam varian warna yang playful, sehingga dapat menjadi alat bantu dalam mengajarkan cuci tangan yang baik kepada anak-anak. Pada bagian belakang, Washi juga dilengkapi dengan suction cup sehingga dapat menempel di berbagai permukaan agar lebih mudah membantu dalam memberikan arahan pada saat membersihkan tangan.


Sumber foto: dok. Maria Gonzalez Londoño dan Farshad Saffari Ghandehari / Design Boom