Memiliki anak kembar dan ingin menyediakan kamar tidur untuk mereka berdua? Membuat kamar tidur satu per satu untuk anak kembar tentu akan memakan banyak biaya dan ruang. Alih-alih membuat kamar tidur untuk satu per satu anak kembar, Anda dapat menyatukan kamar tidur mereka berdua, lho. Berikut ini inspirasi kamar tidur untuk anak kembar. 


Desain Kamar Tidur Anak Kembar Dengan Tempat Tidur Bertingkat (Bunk Bed)


(Kamar tidur anak kembar dengan bunk bed. Foto & Desain Interior: Dok. Design Post Interiors / Pinterest) 





Jika memiliki ruangan kamar yang terbatas, Anda dapat memilih menggunakan tempat tidur bertingkat. Model tempat tidur seperti ini tidak membutuhkan banyak ruang, namun tetap bisa menampung dan membuat si kembar merasa nyaman. Pilihlah tempat tidur bertingkat berwarna putih agar ruangan terbatas bisa terlihat luas! Selain itu, pilih juga tempat tidur bertingkat yang tidak terlalu tinggi sehingga aman untuk anak-anak. 


Desain Kamar Tidur Anak Kembar Dengan Menempatkan Tempat Tidur Sejajar


(Kamar tidur anak kembar dengan menempatkan tempat tidur sejajar. Foto: Dok. Pottery Barn / Pinterest)


Tak hanya menggunakan tempat tidur bertingkat untuk ruangan sempit, Anda juga dapat menempatkan dua tempat tidur secara sejajar, di sisi kanan dan kiri ruangan. Di tengah-tengah antara dua tempat tidur, Anda bisa menempatkan lemari atau meja kecil yang memiliki laci untuk menyimpan buku atau barang-barang si kembar. Pada bagian atas meja atau lemari kecil, Anda dapat meletakkan lampu tidur, foto, atau humidifier


Desain Kamar Tidur Anak Kembar Dengan Meja Belajar


(Kamar tidur anak kembar dengan meja belajar. Foto: Dok. Crab Apple Design Co / Instagram)  


Anak-anak yang berbagi kamar tidur juga membutuhkan ruang untuk belajar, terlebih ketika mereka sudah menduduki bangku sekolah. Alih-alih menempatkan dua meja belajar di satu ruangan, Anda dapat menempatkan meja belajar panjang dengan dua kursi pada kedua sisinya. Tambahkan juga rak buku yang terpasang di dinding untuk menyimpan buku-buku, perlengkapan sekolah, dan piala-piala berharga. 


Desain Kamar Tidur Anak Kembar Dengan Lofted Bed


(Kamar tidur anak kembar dengan lofted bed. Foto: Dok. Overstock / Pinterest) 


Memilih lofted bed adalah solusi untuk mendapatkan lebih banyak ruang. Pasalnya, lofted bed merupakan tempat tidur yang ditinggikan, sehingga pada bagian bawah tempat tidur bisa dipergunakan untuk area bermain atau belajar si kembar. Namun, pastikan masing-masing anak mendapatkan selimut dan bantal mereka sendiri. 


Desain Kamar Tidur Anak Kembar Dengan Warna-Warna Netral


(Kamar tidur anak kembar dengan warna netral. Foto & Desain Interior: Dok. Chris & Julia / Pinterest) 


Untuk desain kamar tidur anak sebaiknya tidak perlu terlalu spesifik dengan tema atau warna tertentu, karena biasanya selera mereka akan berubah-ubah seiring dengan bertambahnya usia. Berikan warna-warna netral pada dinding kamar tidur dan perabot seperti kerangka tempat tidur, bedside table, karpet hingga sprei. Desain kamar seperti ini dijamin bisa dipakai sampai anak beranjak remaja nanti!




Desain Kamar Tidur Anak Kembar Dengan Area Bermain 


(Kamar tidur anak kembar dengan area bermain. Foto & Desain Interior: Dok. Viva Decora / Pinterest) 


Anak-anak biasanya menyukai dan menikmati kegiatan bermain. Jika Anda memiliki ruangan yang cukup luas, Anda dapat mendesain kamar tidur si kembar dengan area bermain di dalamnya. Dengan desain kamar tidur seperti ini si kembar bisa belajar, bermain, berkreasi, dan bereksplorasi dengan aman serta nyaman. 


Desain Kamar Tidur Anak Kembar Dengan Rak Buku 


(Kamar tidur anak kembar dengan lofted bed. Foto & Desain Interior: Dok. Sarah Vandy / Instagram) 


Anak-anak Anda suka membaca buku? Atau Anda ingin membiasakan si kembar untuk rajin membaca buku? Jika iya, Anda dapat mendesain kamar tidur anak yang dilengkapi dengan rak buku. Meletakkan rak buku di dalam kamar secara tidak langsung dapat merangsang anak untuk rajin membaca buku. Namun, perhatikan peletakan furnitur rak buku agar tidak terlalu tinggi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada anak. Pilihlah juga furnitur kamar yang pada bagian sudutnya tidak tajam atau Anda dapat menggunakan corner protection pada sudut furnitur. 


Desain Kamar Tidur Anak Kembar Dengan Dinding Tulis


(Kamar tidur anak kembar dengan papan tulis. Foto & Desain Interior: Dok. Project Nursery / Pinterest)


Usahakan desain kamar tidur anak tidak hanya dapat digunakan untuk beristirahat saja, tetapi juga dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitasnya. Oleh karena itu, sediakan satu dinding khusus tempat mereka untuk mengeksplorasi kreativitas dengan menyediakan dinding tulis, dimana anak-anak Anda dapat belajar menulis dan menggambar, atau hanya sekadar mencorat-coret. Apalagi, dalam masa pertumbuhan biasanya anak-anak senang untuk mencorat-coret tembok, hal ini dapat menjadi solusi untuk membuat dinding ruangan tetap bersih. 


Dua Desain Kamar Tidur Dalam Satu Ruangan


(Kamar tidur anak kembar dengan dua desain berbeda. Foto: Dok. Pottery Barn Kids / Pinterest)


Jika Anda memiliki anak kembar berbeda gender, Anda dapat membuat dua desain berbeda dalam satu ruangan kamar. Gunakan desain maskulin pada bagian tempat tidur anak laki-laki, dan gunakan desain feminin pada bagian tempat tidur anak perempuan. Gunakan warna cat dinding sesuai gender, kesukaan Si Kecil atau dapat disesuaikan dengan kartun favoritnya masing-masing. 


Desain Kamar Tidur Anak Kembar Dengan Dinding Pembatas


(Kamar tidur anak kembar dengan dinding pembatas. Foto & Desain Interior: Dok. Shannon Berrey Design / Pinterest)


Seiring bertambahnya usia, anak-anak membutuhkan ruang untuk privasinya. Desain kamar tidur anak kembar dengan dinding pembatas, memungkinkan anak kembar untuk mempunyai space pribadi. Tambahkan dinding pembatas atau gorden pada tengah-tengah antara dua kasur. Dengan begini, anak memiliki ruang untuk privasinya!


Teaser: Sarah Vandy (@sarahjoyblog) on Instagram