Berbicara mengenai arsitektur Jepang, desain yang compact merupakan salah satu aspek yang mungkin untuk hadir di dalam benak. Desain compact yang cukup terkenal di Jepang ini sebenarnya merupakan sebuah solusi di tengah sangat terbatasnya lahan untuk mendirikan bangunan, terutama di kota-kota besar.


Apartemen Ini Berkembang Mengikuti Pertumbuhan Anak




Meskipun kata compact ini dapat menimbulkan bayangan ruangan yang sesak. Namun dengan sedikit kreativitas dan imajinasi, tempat tinggal yang mengadaptasi konsep ini dapat ditempati secara nyaman dan juga memenuhi kebutuhan yang tersedia. Kreativitas dan imajinasi tersebut pun akhirnya dapat disalurkan ke dalam sebuah desain renovasi apartemen di Nagoya, Jepang.


Baca juga: Tips Mudah Menata Bunga Mempercantik Dekor Rumah Modern


Apartemen Ini Berkembang Mengikuti Pertumbuhan Anak


Renovasi apartemen ini merupakan karya milik Taka Shinomoto dari Rhymedesign. Proyek yang diberi nama The Room for Small Gulliver ini merupakan hasil gubahan yang menggabungkan kepraktisan serta imajinasi dalam perspektif dan penggunaan ruang. Ide tersebut hadir untuk membuat sebuah hunian yang dapat berkembang dengan sendirinya mengikuti tumbuh kembang anak tanpa harus mengurangi praktikalitas yang dibutuhkan orang tua.




Apartemen Ini Berkembang Mengikuti Pertumbuhan Anak


Hal tersebut bisa dilihat dari ruang keluarga pada apartemen ini. Di saat orang tua duduk atas kursi, sang anak melalui tempat bermainnya akan melihat orang tuanya duduk di atas sebuah counter atau meja panjang. Melalui tempat bermainnya, perspektif ruang yang lebih tinggi membuat kursi dan furnitur lainnya memiliki bentuk dan ukuran yang sama.


Baca juga: Gantungan Unik yang Jadi Dekorasi Dinding Minimalis


Apartemen Ini Berkembang Mengikuti Pertumbuhan Anak


Diharapkan dengan semakin besar anak berkembang, tentu sudut pandangnya terhadap rumahnya pun akan berubah mengikuti kebutuhannya kelak.


Sumber foto: Shinya Watanabe / Design Milk