Berada di tengah hutan pinus yang subur, The Lakehouse sudah berdiri sejak tahun 2019 kemarin. Merupakan restoran utama di kawasan Pesona Alam Resort, Bogor ini menerapkan gaya arsitektur modern-kontemporer yang menyatu secara harmonis dengan alam sekitarnya.







Baca juga, Aktor Holywood Robert De Niro ini Buat Hotel Mewah


Dirancang oleh Lukie Widya dengan firma desainnya, LUWIST, bangunan ini terdiri dari tiga lantai yang diselimuti dengan bata terakota yang menjadi media hangat untuk melindungi dari dinginnya iklim Bogor sendiri. 




Baca juga, Kangen Travelling? Ini Tempat Liburan Wajib Dikunjungi


The Lakehouse sendiri menggunakan konsep yang berbeda untuk setiap lantainya. Lantai 1, ditujukan untuk area berkumpul yang dilengkapi dengan areaa tempat duduk. Lantai 2 adalah area bar, sedangkan lantai 3 dikelilingi oleh atap kaca yang ditujukan untuk private session yang memiliki pemandangan langsung ke hutan pinus yang lapang.




Baca juga, Booking Sekarang! Pengalaman Mewah di Ritz-Carlton Bali






Kawasan hutan pinus ini merupakan area recharged zone, sehingga memiliki Basic Building Coefficient yaitu sebuah peraturan Pemerintah untuk area zona hijau sebesar 5%. Jarak antar pohon pinus satu dan pohon pinus yang lain pun relatif ketat, sehingga solusi yang diberikan LUWIST adalah merancang danau buatan yang awalnya hanya merupakan cekungan yang selalu banjir ketika hujan. 



Baca juga, Restoran Kembar Ini Hadir Di Puncak Gunung Salju




Saat memasuki restoran, danau ini pun menjadi pemandangan utama setelah pengunjung menulusuri hutan. Suasana danau pun makin terasa dan dapat dinikmati dari area tempat duduk yang berada ditengahnya. Sebagai elemen hardscape, keberadaan danau ini juga membuat bangunan menjadi ramah dengan hutan.


Sumber foto + teaser: Archdaily